-->

Seo,Sem Dan Konten Untuk Website Yang Berkualitas

Seo,Sem Dan Konten Untuk Website Yang Berkualitas
Seo,Sem Dan Konten Untuk Website Yang Berkualitas

Sudah hampir dua tahun usia blogku kini. Berkat anjuran pasangan halalku kesannya blog kataresi ini tercipta. Awalnya menulis blog memang semata alasannya yakni hobi menulis artikel. Kalau boleh jujur untuk menulis seputar langsung diri belum berani. Sejauh ini hanya menulis artikel atau feature alasannya yakni backgroundku yang terbiasa freelance menulis untuk majalah atau konten permintaan. Jujur iri membaca goresan pena yang bisa terbuka dengan gayanya sendiri. Terlepas dari gaya penulisan dalam blog dibalik itu blog juga harus dikelola dengan baik supaya bisa membuat sebuah nilai jual dan sebagai wadah karya kita sendiri.

Pekan kemudian (10/12) bertempat di Plaza Festival Kuningan, CNI bersama komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) mengajak para blogger untuk menyerap ilmu wacana mengelola website/blog secara konten maupun sisi aktifitasnya sendiri. Ani Berta sebagai salah satu mengibaratkan menimba ilmu itu bagaikan gelas kosong yang akan terus terisi dengan ilmu gres kalau memang kita berniat untuk menjadi lebih baik.





Narasumber yang hadir pastinya akan memperlihatkan ilmu gres atau tepatnya ilmu pelengkap bagi blogger yang hadir. Sebut saja soal SEO (search engine optimization) yang mungkin sering kita dengar bagi kita yang berkecimpungan di dunia media atau jasa online dan sejenisnya. Niko Riansyah hadir membagikan pengetahuannya wacana SEO berdasarkan training yang dijalaninya bersama Google Indonesia.


SEO dan SEM untuk Website/Blog
Pasti pengen banget kan kalau karya atau goresan pena kita hadir di halaman pencarian Google. Itu ternyata ada jurusnya dan namanya jurus bakal lebih yahud kalau terus kita asah atau kelola. Untuk mengelola itu ada yang namanya SEO dan SEM (search engine marketing).  

Niko Riansyah - KataResi
Menurut Niko, SEO yakni perangkat penelusur warta dari dokumen-dokumen tersedia. Hasil pencarian ditampilkan dalam bentuk daftar yang diurutkan berdasarkan tingkat akurasi atau rasio pengunjung. SEM yakni bentuk pemasaran internet yang melibatkan promosi website. SEO yakni bab SEM dan SEM meliputi seni administrasi untuk SEO. Sebagai pola di halaman pencarian google kita bisa melihat adanya SEO dan SEM, SEM berada di 3 baris terdaftar pada halaman pencarian alasannya yakni SEM itu berbayar. SEM yang paling terkenal yakni Google Adwords. Semakin banyak jumlah pengunjung maka akan semakin besar kemungkinan website kita mucul pada halaman pertama pencarian Google.

Untuk memaksimalkan SEO bisa dilakukan secara on page (di website) atau off page (diluar website). Terdapat 5 langkah yang bisa dilakukan untuk on page aktifitas SEO:
1. Memperhatikan struktur website, pastikan memasukkan meta tag yang sesuai keyword, konten dan deskripsi.
2. Menyusun format URL halaman website
3. Mengoptimalkan kecepatan website, bisa dicek melalui google speed test. Usahakan supaya bounce rate website kita rendah. Pada halaman home website lakukan pengaturan ulang supaya pada tampilan tidak terlalu penuh list postingan, cukup 1 MB. Pilihlah yang benar-benar menjadi postingan favorit pembaca.
4. Update konten website. Usahakan mengupdate postingan minimal sehari sekali.
5. Isi dengan konten yang berkualitas. Buatlah isi konten yang informatif dan bersifat story telling (bercerita). Usahakan jangan membuat konten yang hard selling. Perbanyak wawasan dengan membaca untuk menambah kualitas konten.

Sedangkan untuk langkah off page salah satunya dengan memperbanyak menyebarkan url website kita dengan share ke media sosial, usahakan memakai link bit/ly yang ringkas dan gampang dihafal atau perbanyak backlink dan komen. Perpanjangan domain juga bisa memilih dapat dipercaya blog/website juga.

Untuk mengecek kualitas dan performa SEO website yang kita punya bisa dilihat melalui seoworkers.com atau seositecheckup.com. Dari situ kita bisa melihat poin-poin yang perlu kita perbaiki dari kekurangan website kita untuk meningkatkan SEO website kita. Untuk melihat tingkat kecepatan website kita bisa lihat di pagespeed ya.

Konten dan Content Writer
Konten yang berkualitas dan terus terupdate menjadi penentu daya tarik pembaca untuk mengunjungi website kita. Ani Berta memperlihatkan beberapa tips mengisi konten.
  1. Sesuaikan gaya menulis kita dengan website atau tentukan yang sesuai dengan gaya kita
  2. Tulislah konten minimal 500 kata dan maksimal 1000 kata
  3. Konten harus merujuk gaya penulisan reportase 5W+1H supaya lebih terpercaya
  4. Gunakan foto yang high resolution dan elok tentunya. Foto yang elok bisa menambah nilai jual
  5. Masukkan keyword yang tepat
Ani Berta - KataResi
Usahakan minimal sehari sekali update postingan konten kita. Yakin bisa? Aku sendiri belum pernah mencobanya. Menurut Ani Berta kita bisa menyimpan materi dari suatu workshop, talkshow dan program untuk dijadikan konten website kita, tentunya dengan angle penulisan yang berbeda kalau ingin dimasukkan ke beberapa website yang berbeda. Tips lainnya yakni mengambil foto subyek tanpa memakai background/logo tertentu dengan tujuan yang sama sebagai materi untuk goresan pena dengan banyak angle. Tidak lupa kita harus mempersiapkan peralatan wajib dalam berburu materi konten mirip kamera, powerbank, recorder, buku, handphone, pulpen.

Menjadi penulis konten banyak manfaatnya diakui Ani Berta yang sudah banyak pengalamannya ini. Keuntungannya antara lain branding, portfolio, social entrepreneur, menjadi sebuah hobi yang menghasilkan, goresan pena menjadi bermanfaat untuk banyak orang, menambah relasi, meningkatkan wawasan dan skill. Social Media Manager, Community Development yakni pola posisi peluang pekerjaan yang bisa kita ambil.

Perlu diingat, untuk menjadi penulis konten ada baiknya memiliki ciri atau gaya menulis tersendiri. Apabila tidak bisa, maka ada hal-hal yang dihentikan dilakukan oleh penulis konten.
1.       Plagiat atau meniru karya goresan pena milik orang lain 
2.       Menggunakan bahasa alay dan terlalu banyak singkatan
3.       Memasukkan opini terlalu personal 
4.       Memasukkan unsur kepentingan pribadi
5.       Mendiskreditkan orang lain
6.       Keluar dari idealisme 
7.       Menulis tidak sesuai fakta dan tidak terverifikasi

Yuk maksimalkan kemampuan menulis konten dan upgrade website/blog kita 2018. Semangat menulis, Semangat berkarya dan bermanfaat untuk kehidupan.Terima kasih Niko dan Ani untuk sharingnya. –RGP-






Advertisement