-->

Semangat Donor Darah, Satu Selamatkan Jiwa Bersama Pmi

Semangat Donor Darah, Satu Selamatkan Jiwa Bersama Pmi
Semangat Donor Darah, Satu Selamatkan Jiwa Bersama Pmi
Satu tetes darah, satu kantong darah sanggup menyelamatkan satu kehidupan, satu nyawa insan dengan donor darah. Satu Selamatkan Jiwa menjadi hestek program Sosialisasi  Donor Darah kepada Mitra PMI (Palang Merah Indonesia) DKI Jakarta, yaitu dari KOPI (Koalisi Online Pesona Indonesia) dan TDB (Tau Dari Blogger) yang berlangsung pada 5 November kemudian di Resto Bumbu Desa, Cikini. Dalam program sosialisasi ini para blogger yang menjadi relawan diberikan pengetahuan ihwal darah, cara menjadi donor darah yang mempunyai kegunaan dan proses pengolahan donor darah yang disampaikan oleh dr. Pierly dari UDD (Unit Donor Darah) DKI Jakarta.
 
docpri
Menurut keterangan dr.Pierly golongan darah yang kita kenal ABO (A,B,O dan AB) ditemukan tahun 1900 dan sebenarnya ada 40 golongan darah di dunia ini dan beberapa golongan darah dinamakan menurut nama penemunya, ibarat Rhesus, Lutheran, Lewis atau Duffy. Di Indonesia sendiri presentase golongan darah ABO tertinggi dipegang oleh goldar O sebanyak 40,77%, goldar B sebanyak 26,68%, goldar A sebanyak 25,48% dan goldar AB sebanyak 6,6%.

dr.Pierly - docpri
Syarat Donor Darah yang Baik
Darah yang mengalir dalam tubuh kita ini sanggup bermanfaat juga untuk orang lain yang membutuhkan, etetes darah maupun sekantong darah sanggup mempunyai kegunaan untuk orang lain dengan kita mendonorkannya melalui PMI. Recruiment donor, seleksi donor dan pengambilan termasuk salah satu kegiatan yang dilakukan oleh UDD PMI DKI Jakarta.  
 
form donor darah -docpri
Seleksi Donor adalah proses yang dilakukan oleh PMI terhadap calon donor darah melalui investigasi dan pengisian formulir. Ketika kita akan donor darah, biasanya kita akan diminta pihak PMI untuk mengisi formulir sembari ditanyai beberapa perihal terkait isi formulir. Disinilah kita diminta kejujuran yang amat sangat, alasannya acara terakhir yang kita lakukan sebelum donor darah itu kuat terhadap darah atau tepatnya pada plasma darahnya.

Syarat umumnya calon donor darah mempunyai berat tubuh minimal 45 kg, tekanan darah sistol 100-180mmHG, diastol 50-100mmHG, denyut 50-100/menit, dan berusia minimal 17 tahun hingga 60/65 tahun serta dilarang dalam keadaan menstruasi, hamil atau menyusui. Bahkan sehari sesudah selesai menstruasi disarankan untuk tidak melaksanakan donor darah, niscaya ditolak alasannya itu yang saya alami. Entah kenapa beberapa kali niatku donor darah selalu ditolak dan biasanya alasannya tensi rendah. Dijelaskan oleh dr.Pierly kadar HB yang baik pada darah donor minimal 12.2 jikalau sanggup lebih tinggi semoga bermanfaat untuk pasien atau akseptor donor. “Sebelum memberanikan diri untuk tiba melaksanakan donor darah penting untuk cukup makan dan tidur serta perbanyak minum air putih,” ujar dr.Pierly. Makan hiperbola sebelum melaksanakan donor darah juga sanggup menjadikan plasma darahnya buruk dan itu kurang manis untuk didonorkan.
 
Syarat lain Donor - docpri
Donor juga dilarang mempunyai penyakit ibarat tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, kurang darah (anemia), penyakit kulit kronis, gangguan pendarahan, kencing manis, ayan, gangguan hati, ginjal, jantung, paru dan kanker. Hal yang masuk akal dilakukan investigasi fisik pada donor darah sebelum terlambat melaksanakan donor darah yang nantinya akan berdampak pada akseptor donor darah (resipien). Kasihan kan akseptor donor yang umumnya pasien artinya sudah mempunyai penyakit dan menerima darah yang tidak sehat dari donor bukannya membantu malah memperburuk kondisi akseptor donor darah.

Alur Donor Darah di PMI
Donor darah diambil pada setiap orang sekitar 250ml, maksimal 450 ml. Darah yang sudah terkumpul di Reagen (kantong darah) biasa didapatkan kendaraan beroda empat unit PMI per harinya 600-800 kantung darah yang beredar, belum lagi yang donor darah eksklusif di PMI. Cukup banyak jikalau dilihat dari jumlahnya, namun semua darah itu harus melalui proses skrining IMLTD/Infeksi Menular Lewat Transfusi (pemeriksaan sekorologi darah). Ada dua metode dalam penyaringan darah yaitu NAT dan CLIA, NAT untuk mengusut virus dalam darah dan metode CLIA untuk mendeteksi anti bodi dalam darah. Proses IMLTD berlangsung kurang lebih 8-10 jam dan akan menghasilkan komponen darah PRC (darah merah pekat), WB (darah lengkap), TC (trombosit pekat), FFP(fresh frozen plasma) biasanya untuk pasien kanker atau luka bakar, AHF, WE, PRC rendah, Leukosit, Cairan Plasma, Buffy coat.

Darah kemudian disimpan dengan suhu penyimpanan dan masa simpannya masing-masing, setiap komponen darah mempunyai perlakuan yang berbeda. Masa simpan yakni lamanya masa penyimpanan maksimum yang diperbolehkan untuk suatu komponen darah. Untuk menyimpan trombosit pekat harus di Agitator dengan suhu 22º ± 2º C. Agitator menyimpan TC dalam kondisi terus bergerak semoga TC dalam kantung tidak praktis mengumpal. Untuk WB, PRC dan Plasma Cair akam disimpan didalam blood refrigerator dengan suhu 4º ± 2º C.
 
Daftar Bank Darah RS - docpri
Darah yang sudah siap akan didistribusikan oleh PMI ke 205 RS di Jakarta dan 244 RS diluar Jakarta. Terdapat 41 Bank Darah di RS yang sudah diresmikan dan 3 Bank Darah yang belum diresmikan, yaitu BDRS Thamrin, BDRS Siloam TB Simatupang, dan BDRS Puri Indah. Bank Darah RS mempunyai kiprah menyimpan stok darah pada suhu optimal komponen, melaksanakan tes golongan darah pasien, uji silang keserasian darah antara darah pasien dan donor, serta memberikan darah pada pasien melalui petugas RS.
  
Terdapat loket pelayanan di UDD DKI bagi seruan darah RS yang tidak ada Bank Darah dan membutuhkan waktu 2-3jam untuk mendapatkannya. Persyaratan yang penting untuk diingat yakni membawa formulir seruan darah dari RS yang sudah DICAP atau di STEMPEL dan membawa tumpuan darah yang dimasukkan kedalam tabung EDTA. Tanpa CAP atau STEMPEL maka seruan darah akan ditolak.
Syarat Permintaan Darah - docpri

Darah Mahal, Tetap Semangat Donor Darah
Harga darah masih tergolong mahal sekitar 510 ribu (360ribu dengan prasyarat) dan diakui dr.Pierly hal ini dikarenakan perlengkapan layanan donor darah masih banyak yang import. Reagen atau kantong darah yang ternyata berpori pun masih harus beli dari luar negeri. Penyaluran darah dari sentra ke tempat juga mengalami hambatan alasannya hambatan birokrasi.

docpri
Meski darah mahal, masih banyak orang yang memerlukan darah sehat dari kita. Tetap semangat untuk donor darah, ajak keluarga dan teman anda untuk donor darah ke PMI terdekat. Hanya mitos bahwa dengan donor darah sanggup menciptakan tubuh gemuk. Donor darah mempunyai banyak manfaat untuk diri yaitukadar Hb sanggup terpantau 3 bulan sekali, menurunkan kadar zat besi teroksidasi, menurunkan resiko serangan jantung, dan sanggup mengkremasi kalori hingga 650 kalori.

Kita juga sanggup menciptakan program donor darah di lingkungan rumah, kantor ataupun komunitas kita, dengan tata cara dari PMI sebagai berikut:
Calon Donor minimal 75 orang
Harus di dalam ruangan (usahakan berAC)
Ada meja dan kursi untuk pendaftaran, pemeriksaan, administrasi, snack
Mengajukan tawaran program ke UDD minimal 1 bulan sebelum ke lantai 3 bab pengadaan darah dengan ibu Lina atau Cici
021-3906666 kontak PMI DKI Jakarta (ext.306)

docpri
Untuk memotivasi para pendonor darah, maka sesuai dengan SK.012/KEP/PP-PMI/V/2000, pendonor darah sukarela yang telah menyumbangkan darahnya sebanyak 10, 25, 50, 75 kali akan diberikan Piagam Penghargaan dan yang sebanyak 100 kali akan diberikan Piagam eksklusif dari pemerintah sentra berupa Piagam Satyalancana Kebaktian Sosial. -RGP-
Advertisement