-->

[Inspirasi] Dongeng Inspirasi: Erikar - Food Combining Merubah Hidupku

[Inspirasi] Dongeng Inspirasi: Erikar - Food Combining Merubah Hidupku
[Inspirasi] Dongeng Inspirasi: Erikar - Food Combining Merubah Hidupku
Kesan pertama bertemu dengan Erikar yaitu "Pinky Man". Saat itu Erikar mengenakan kemeja pink dan bahkan jam berwarna pink. Di awal perbincangan sempat canggung meski tuntutan untuk menulis profilnya untuk sebuah media ketika itu. Lambat laun perbincangan semakin dekat dan jadi konsultasi eksklusif soal menurunkan kolesterol saya yang ketika itu tinggi 262. Berikut goresan pena saya mengenai Erikar dan Food Combining dalam hidupnya.





Beberapa tahun ini telah berkembang Food Combining Indonesia dengan mengadaptasi contoh makan sehat yang dikenalkan pertama kali oleh Dr. William Howard Hay pada awal tahun 1900 , spesialis bedah ternama di AS pada tahun 1920.

Dalam dunia food combining nama Erikar Lebang sudah tidak absurd lagi di pendengaran pengikut food combining. Erikar seorang praktisi food combining semenjak tahun 1999 dan sudah mencicipi manfaat besar penerapan contoh makan food combining dalam kehidupannya. “Berkat food combining saya mencicipi tubuh saya lebih fit, bugar dan lebih sehat,” ujar Erikar.

Erikar dan Food Combining
Erikar mengenal food combining berawal dari rasa lelahnya mengkonsumsi obat dari dokter dikarenakan penyakit lambung yang dimilikinya semenjak usia 10 tahun dan divonis oleh dokter tidak akan pernah sembuh. Erikar meyakini dengan banyaknya obat-obatan yang masuk selama ini dapat merusak kesehatan dan skeptis dengan pengobatan alternatif. Hal ini dikarenakan Erikar lahir dan tumbuh besar di keluarga dokter.

Saat itu seorang teman Erikar memperkenalkannya pada buku Fit for Life oleh Harvey Diamond dan dalam buku itu menciptakan Erikar menyadari adanya sisi-sisi yang tidak tersentuh oleh ilmu kedokteran, yaitu ilmu wacana kuliner sehat dan merubah cara makan semoga sehat.
“Dari buku itu saya mengetahui bahwa kesehatan insan itu basisnya dari makanan, apa yang kita makan dan apa yang kita minum,” ujar Erikar.

“Menjalankan food combining itu sangatlah gampang dan menyenangkan. Yang dilakukan yaitu mengubah cara makan, dapat makan hingga kenyang dan yang dimakan tidak khusus hanya sajian sehari-hari. Hanya mengeliminasi teh, kopi, soda dan susu,” ujar Erikar membuktikan arti food combining untuk dirinya.

Menurut Erikar, manfaat food combining dapat terasa sesudah dua (2) ahad menjalankan. “Seminggu pertama menjalani food combining belum berasa di badan. Dua ahad menjalankan mulai menyadari perubahan tubuh lebih fit dibanding yang biasanya gampang lemas, gampang mengantuk, dan gampang lelah. Menjalani food combining hingga sebulan/dua bulan pertama tidak pernah mengalami flu dan selama 3 bulan tidak mengalami sakit lambung,” ujar Erikar menceritakan pengalaman awal menjalani food combining.

Semenjak itu Erikar menjalani food combining dan terus menambah ilmu wacana food combining. Saat itu Erikar bertemu dengan Andang Gunawan, penggerak food combining pertama di Indonesia dan Wied Harry yang akibatnya semakin membuatnya bertambah ilmu wacana food combining dengan seringnya mereka berdiskusi dan bertukar pikiran. Ilmu yang Erikar punya wacana kuliner sehat dan food combining selalu disharenya ke akun twitternya.

 Erikar dan Buku
Erikar yang hobi membaca buku dan rajin menulis di akun twitternya ini mulai dilihat banyak orang. Pada akibatnya ada undangan dari pembaca semoga kultwitnya dibukukan. Buku wacana food combining diterbitkan tahun 2012 dengan judul “Food Combining Itu Gampang” dan hingga kini sudah hingga cetakan kelima.

“Passion saya bahwasanya menulis buku wacana Yoga, tetapi kedua hal ini memang benar saya jalani dan kebetulan ada undangan maka saya buatlah buku wacana panduan food combining  yang gampang dibaca dan dipahami oleh banyak orang,” ujar Erikar yang menjalani olahraga yoga dan bersepeda dalam kesehariannya ini. Erikar juga menciptakan buku wacana yoga sebelum menciptakan buku wacana food combining.

Komitmen dan Kemauan Sebagai Modal
Menurut Erikar, dasarnya food combining itu dua hal, yaitu sarapan makan buah di pagi hari ketika perut masih kosong dan tidak mengkombinasikan protein hewani dengan pati (karbohidrat). “Dua hal dasar dalam food combining dan itu sangatlah mudah. Utamakan dalam keseharian hanya meminum air putih,” tegas Erikar.

Kemauan dan janji menjadi modal utama dalam menjalani food combining. “Jika Anda ingin menjalani food combining, Anda harus memiliki kemauan dan janji penuh dalam menjalaninya alasannya yaitu tidak akan berhasil kalau Anda tidak memiliki kedua modal utama itu. Ini berkaitan dengan mengubah contoh hidup dan contoh makan kita,” ujar suami Nina Tamam ini.

Erikar tidak pernah woro-woro mengajak orang terdekatnya untuk menjalani food combining, cukup dirinya menjalani, mencicipi hasilnya tubuh sehat dan orang lain yang ingin mengetahui wacana food combining maka dengan bahagia hati Erikar membagi informasinya.
Sekarang istrinya juga sudah mulai menjalani food combining dengan sendirinya, begitupun ibu Erikar yang bertahan hidup 4 tahun dari diagnosa awal sakit kankernya berkat menjalani raw food - food combinining.

Untuk mempermudah dalam memilah kuliner ketika menjalani food combining, Erikar menciptakan aplikasi android berjulukan “Food Combining Itu Gampang” yang diluncurkan pada bulan November 2015. Aplikasi ini hadir dengan tampilan yang cukup user-friendly, dan berfungsi menyerupai food diary, yaitu untuk mencatat kuliner apa saja yang dikonsumsi dalam satu hari. Selain berfungsi sebagai food diary, pengguna aplikasi juga dapat mendapat isu dan saran seputar Food Combining itu sendiri.-RGP-

Advertisement