-->

Hijrah Itu Berproses Dan Berprogres, Maka Ajaklah Mereka Dengan Kesan Tidak Memaksa Tapi Menempel Di Hati

Hijrah Itu Berproses Dan Berprogres, Maka Ajaklah Mereka Dengan Kesan Tidak Memaksa Tapi Menempel Di Hati
Hijrah Itu Berproses Dan Berprogres, Maka Ajaklah Mereka Dengan Kesan Tidak Memaksa Tapi Menempel Di Hati




Hijrah itu berproses dann berprogres, maka ajaklah mereka dengan kesan tidak memaksa tapi menempel dihati. Bagaimana caranya? Yaitu mengajaknya jangan dengan bahasa yang nyiyir, teapi ajaklah dengan penuh kerendahan hati, biar ia tak hanya mendengarkan bila diajak menjadi lebih baik, tetapi tersentuh hatinya.

Jangan Sampai Ketika Mereka Menginjak Titik Awal Hijrah, Kita Serta Merta Men-Judge Hijrah Mereka Seakan-Akan Belum Sempurna Dan Harus Sempurna Saat Itu Juga

Jangan hingga ketika mereka menginjak titik awal hijrah, kita serta merta men-judge hijrah mereka seperti belum tepat dan harus tepat ketika itu juga. Karena, menuju keadaan yang lebih baik itu memang butuh yang namanya proses dan progres, maka jadilah kau diantara yang memberi progres baik padanya, biar hijrahnya benar-benar terarah dengan baik.

Berilah Mereka Pemahaman Lewat Hati Bukan Dari Keegoisan Diri, Agar Mereka Tidak Merasa Terbebani Dengan Syarat Dan Ketentuan Islam

Berilah mereka pemahamn lewat hati bukan dari keegoisan diri, biar mereka tidak merasa terbebani dengan syarat dan ketentuan islam. Sebab, bila kau lunakkan dulu hatinya secara perlahan dengan sebuah pemahaman, maka mereka akan mengerti tujuan dari hijrah itu ibarat apa dan bagaimana.

Buktikanlah Bahwa Kau Mampu Mengajaknya Menjadi Lebih Baik Tanpa Harus Melukai Hati Dan Perasaannya

Buktikanlah bahwa kau bisa mengajaknya menjadi lebih baik tanpa harus melukai hati dan perasaannya. Karena tak jarang kita temui diantara kita yang mengajak menjadi lebih baik kepada orang lain dengan bahasa yang bergairah dan bahkan beliau hanya menyuruh, tetapi tidak dengannya sendiri.

Karena Jika Kita Men-Judge, Maka Bisa Makara Mereka Baper Dan Nyerah Untuk Meneruskan Hijrahnya

Karena jikalau kita men-judge, maka bisa jadi mereka baper dan nyerah untuk meneruskan hijrahnya, alasannya ialah apa? Sebab mereka merasa bahwa perubahan menjadi lebih baik yang kau tawarkan ialah beban. Padahal, bila kau sampaikan dengan baik dan bijak, tentu hati merekapun akan mendengarkan secara bijaksana pula. Insyaallah…

Karena Mereka Tidak Butuh Sindiran Tapi Tarbiyah, Yaitu Tuntunan Untuk Menjadi Lebih Baik

Karena mereka tidak butuh sindiran dalam menjadi lebih baiknya, tetapi tarbiyah, yaitu tuntunan untuk menjadi lebih baik. Maka, usahakanlah ketika mengajak orang lain hijrah pada kebaikan, tuntunlah ia dengan memberinya pola yang baik dan dengan pemahaman yang baik pula terlebih dahulu, serta jangan men-judge proses hijrahnya bila menurutmu ia belum spenuhnya baik, alasannya ialah benar-benar menjadi baik itu memang butuh yang namanya perjuangan.



 

Advertisement