-->

Cara Mendongkrak Kendaraan Beroda Empat Yang Kondusif Dan Benar

Cara Mendongkrak Kendaraan Beroda Empat Yang Kondusif Dan Benar
Cara Mendongkrak Kendaraan Beroda Empat Yang Kondusif Dan Benar
Setiap aktivitas servis di bawah kendaraan serta ketika pengerjaan yang mengharuskan melepas roda-roda, maka untuk membantu memudahkan mekanik untuk bekerja kendaraan harus diangkat.

Salah satu cara untuk mengangkat kendaraan yaitu dengan cara mendongkrak. Mendongkrak merupakan aktivitas mengangkat kendaraan. Dongkrak yang digunakan digunakan untuk mengangkat ini terdapat majemuk jenis, macam-macam dongkrak antara lain dongkrak gunting, dongkrak botol, dongkrak buaya dan lain sebagainya.

Walaupun jenis-jenis dongkrak yang digunakan berbeda-beda, tapi intinya mekanisme untuk melaksanakan aktivitas mendongkrak sama.

Mendongkrak kendaraan harus memperhatikan faktor keamanan, baik keamanan pada mekanik, keamanan kendaraan maupun keamanan lingkungan. Oleh lantaran itu aktivitas mendongkrak harus dilakukan dengan mekanisme yang benar.

Bagaimana memakai dongkrak dengan kondusif ?
Ketika mendongkrak kendaraan, jangan asal mendongkrak. Carilah bab titik tumpu yang berpengaruh dari kendaraan yang disarankan sebagai daerah untuk mendongkrak. Hal ini dilakukan semoga kendaraan tidak mengalami kerusakan ketika proses mendongkrak. Untuk lebih jelasnya, wacana titik tumpu kendaraan untuk mendongkrak, perhatikan gambar di bawah ini :

Saat mendongkrak juga harus diperhatikan ketepatan posisi bab angkat dongkrak dengan bab yang didongkrak. Karena dengan kesalahan sedikit saja ketika mendongkrak sanggup menjadikan kecelakan yang besar.


Untuk keamanan ketika mendongkrak juga harus diperhatikan tempatnya, daerah yang digunakan ketika mendongkrak harus pada posisi rata dan mempunyai permukaan lantai atau tanah yang keras. Selain itu untuk mengamankan kendaraan ketika sudat terangkat, gunakan jack stand.

Selain tempat, kondisi dongkrak juga harus diperhatikan. Dongkrak yang digunakan harus dalam posisi baik, jangan dongkrak yang sudah rusak. Pada dongkrak hidrolik hal yang sering terjadi yaitu terjadinya kebocoran pada sistem hidrolik dan viskositas minyak hidrolik sudah jelek.

Untuk menjaga kondisi dongkrak semoga tetap baik maka dongkrak perlu dirawat, cara untuk merawat dongkrak antara lain selalu periksa apakah terjadi kebocoran pada sistem hidrolik, jangan gunakan dongkrak untuk mengangkat dalam waktu yang lama, simpanlah dongkrak pada daerah yang kondusif dan pelajari buku manual sebelum melaksanakan pendongkrakan.

Prosedur memakai dongkrak yang benar
  1. Letakkan kendaraan beroda empat pada daerah yang rata dan mempunyai permukaan lantai yang keras.
  2. Letakkan alas pada bab roda-roda belakang bila bab depan akan didongkrak, atau sebaliknya bila akan mendongkrak bab belakang kendaraan maka alas roda-roda bab depan kendaraan.
  3. Pilihlah dongkrak sesuai dengan kapasitas beban yang akan diangkat. Selain itu periksa kondisi dongkrak, bila dongkrak hidrolik periksa apakah ada kebocoran sistem hidrolik pada dongkrak atau tidak. Bila ada kebocoran sistem hidrolik, dongkrak sanggup turun sendiri sehingga akan membahayakan.
  4. Letakkan dongkrak pada daerah yang sudah ditentukan dititik tumpu kendaraan.
  5. Sebelum memulai mendongkrak kendaraan, periksa posisi pengangkat dongkrak apakah sudah sempurna ditengah bab yang akan didongkrak atau belum. Jika belum, tepatkan pada bab tengah-tengah untuk menghindari terjadinya slip ketika kendaraan diangkat.
  6. Sebelum mengangkat kendaraan periksa juga apakah ada sesuatu di bawah dongkrak yang mungkin sanggup membahayakan ketika dongkrak diangkat.
  7. Ketika kendaraan sudah terangkat, pasang pengaman jack stand untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika bekerja di bawah kendaraan.
  8. Ketika telah tamat melaksanakan pekerjaan di bawah kendaraan dan kendaraan akan diturunkan maka sebelum menurunkan kendaraan, periksalah apakah ada orang dibawah kendaraan atau ada benda-benda di bawah kendaraan yang mungkin sanggup membahayakan.
  9. Naikkan dongkrak sedikit untuk melepas jack stand, sehabis itu turunkan kendaraan perlahan-lahan.
Advertisement