-->

Fungsi Telescoping Gauge Dan Cara Penggunaannya

Fungsi Telescoping Gauge Dan Cara Penggunaannya
Fungsi Telescoping Gauge Dan Cara Penggunaannya
Telescoping Gauge merupakan salah satu dari macam-macam alat ukur yang ada. Telescoping gauge berfungsi untuk mengukur diameter dalam suatu benda yang mempunyai diameter yang kecil atau yang tidak sanggup diukur dengan alat ukur micrometer dalam.

Alat ukur telescoping gauge mempunyai handle atau grip (pemegang) yang dihubungkan pada bab cross piece.

Selain itu pada telescoping gauge juga terdapat plunger yang dipakai untuk mengukur diameter dalam suatu benda. Bagian dalam plunger terdapat pegas, sehingga plunger sanggup ditekan.

Telescopic plunger sanggup dikunci dengan memakai sekrup pengunci (locking screw atau juga sanggup disebut lock nut) dengan cara memutarnya sehingga posisi telescopic plunger tidak akan bergeser atau berubah-ubah.

Alat ukur telescoping gauge ini terdapat banyak sekali macam ukuran sehingga jikalau akan memakai telescoping gauge sesuaikan ukuran lubang yang akan diukur dengan ukuran alat.
Pengukuran memakai alat ukur telescoping gauge membutuhkan perasaan atau feel biar hasil pengukurannya sanggup tepat. Feel ini sanggup diperoleh jikalau operator atau pengukur sering melaksanakan pengukuran memakai alat telescoping gauge ini.

Cara memakai telescoping gauge :
  1. Kendorkan locking screw biar telescopic plunger bebas
  2. Tekan telescopic plunger dan kemudian kencangkan locking screw.
  3. Masukkan telescoping gauge ke lubang yang akan diukur.
  4. Lepaskan telescopic plunger dengan cara kendorkan locking screw biar telescopic plunger sanggup mengembang sesuai dengan ukuran lubang yang akan diukur.
  5. Goyang-goyangkan telescoping gauge biar sempurna pada bab tengah lubang untuk mendapat ukuran diameter lubang yang tepat.
  6. Kencangkan locking screw biar posisi telescopic plunger tidak berubah-ubah.
  7. Keluarkan telescoping gauge dari lubang dengan hati-hati.
  8. Ukur panjang telescopic plunger dengan contact memakai jangka sorong atau micrometer luar (untuk mendapat tingkat ketelitian yang lebih baik dari jangka sorong).
  9. Baca hasil pengukuran pada jangka sorong atau micrometer luar.
  10. Setelah simpulan melaksanakan pengukuran, kembalikan peralatan-peralatan yang digunakan.

Perawatan yang perlu dilakukan biar alat telescoping gauge ini sanggup abadi adalah dengan cara selalu simpan alat ukur ini pada kawasan yang benar dan jangan lupa dikala simpulan mengukur dengan alat ini, selalu lepaskan atau bebaskan plunger dengan memutar locking srew biar pegas di dalam plunger tidak cepat rusak.
Advertisement