Servis kendaraan selalu diperlukan, setiap pembelian kendaraan selalu dilengkapi dengan buku panduan servis. Servis merupakan aktivitas mengecek, mengganti, menyetel, memperbaiki komponen-komponen yang ada pada kendaraan biar komponen-komponen tersebut sanggup kembali ke spesifikasi pabrik.
Komponen pada kendaraan yang harus rutin diganti secara teratur yaitu pelumas atau oli. Pertanyaan yang sering muncul ihwal oli kendaraan yaitu “Kapan oli harus diganti ?” atau “Setiap berapa kilometer atau berapa bulan sekali oli harus diganti?”.
Oli merupakan komponen yang berfungsi untuk melumasi komponen-komponen yang bersinggungan biar tidak cepat mengalami keausan. Pada sepeda motor matic, digunakan dua tipe oli yaitu oli mesin dan oli gardan.
Oli mesin digunakan untuk melumasi komponen-komponen di dalam mesin yang saling besinggungan, sedangkan oli gardan digunakan untuk melumasi komponen-komponen di dalam gardan yang saling bersinggungan.
Untuk waktu penggantian antara oli mesin dan oli gardan, waktunya tidak sama. Penggantian oli mesin lebih sering dilakukan atau lebih cepat dibandingkan dengan penggantian oli gardan.
Waktu penggantian oli mesin
Oli mesin yang tidak pernah diganti maka lama-kelamaan kualitas dan kuantitas dari oli akan berkurang sehingga akan mengurangi kinerja dari sistem pelumasan. Jika kinerja pelumas oli mesin berkurang maka bagian-bagian mesin yang bersinggungan akan cepat aus.
Oli mesin yang tidak diganti, usang kelamaan juga akan berkurang kuantitasnya, maka jikalau kuantitas atau jumlah oli berkurang dan berada dibawah standar, ini juga sanggup menimbulkan daya pelumasan menjadi berkurang.
Untuk tetap menjaga biar kinerja pelumasan mesin tetap optimal maka penggantian oli mesin harus rutin dilakukan secara berkala. Penggantian oli mesin dilakukan kurang lebih setiap kilometer 2000 hingga 3000 km atau setiap 2 hingga 3 bulan sekali tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu. Misalnya, bila kendaraan sering digunakan untuk menempuh jarak yang jauh setiap hari maka jarak tempuh atau kilometer tempuh akan lebih cepat tercapai, sehingga bila sudah mencapai jarak tempuh 2000 hingga 3000 km walaupun belum mencapai 2 bulan, oli mesin harus diganti. Sama halnya bila kendaraan tidak pernah dipakai, maka kilometer tempuh juga akan rendah, walaupun kilometer tempuh masih rendah dan umur pemakaian oli sudah mencapai 2 bulan hingga 3 bulan maka oli mesin juga harus diganti.
Waktu penggantian oli gardan
Oli gardan diganti pada jarak tempuh atau waktu yang lebih usang dibandingkan dengan oli mesin. Untuk penggantian oli gardan dilakukan ketika kendaraan telah mencapai jarak tempuh 8000 km atau dikala umur pemakaian oli gardan telah mencapai 8 bulan tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu. Misalnya, bila kendaraan sering digunakan pada jarak jauh maka jarak tempuh kendaraan akan lebih cepat tercapai dibandingkan dengan umur pemakaian oli gardan sehingga oli gardan harus diganti bila terlah mencapai jarak tempuh 8000 km, namun bila kendaraan tidak sering digunakan maka bila telah mencapai umur pemakaian oli yaitu sudah mencapai 8 bulan maka oli gardan harus diganti.
Bila oli gardan tidak pernah diganti, maka kualitas pelumasan oli gardan akan berkurang sehingga pelumasan pada bagian-bagian gardan akan berkurang. Jika pelumasan oli gardan tidak optimal maka sanggup menimbulkan keausan pada komponen-komponen gardan yang nantinya akan sanggup menimbulkan suara pada pecahan gardan.
Advertisement