Pada motor 4 tak terdapat prosedur katup (valve mechanisme) sebagai daerah masuknya adonan materi bakar dan udara ke dalam silinder dan sebagai daerah keluarnya gas buang hasil pembakaran. Katup yang berfungsi untuk membuka jalan masuk hisap atau masuk disebut katup hisap atau katup in sedangkan katup yang berfungsi untuk membuka jalan masuk buang disebut dengan katup buang atau katup ex.
Waktu pembukaan katup-katup ini diatur sesuai dengan timing dan langkah kerja motornya. Pada ketika langkah hisap maka katup hisap akan membuka dan katup buang akan menutup. Pada ketika langkah kompresi maka katup hisap akan menutup dan katup buang juga menutup. Pada langkah perjuangan maka kedua katup masih dalam keadaan menutup. Pada ketika langkah buang maka katup hisap masih dalam keadaan menutup dan katup buang membuka.
Terdapat beberapa prosedur katup yang ada pada kendaraan, yaitu prosedur katup tipe OHV (Over Head Valve), SOHC (Single Over Head Camshaft) dan DOHC (Double Over Head Camshaft).
OHV (Over Head Valve)
Mekanisme katup tipe OHV ini penempatan katup-katupnya berada di kepala silinder dan posisi cam shaft (poros nok) nya berada di bawah yaitu di blok silinder. Untuk menggerakkan katup-katup ini yang berada di atas maka cam shaft dibantu oleh pengangkat katup (valve lifter) dan batang penekan (push rod) yang letaknya diantara cam shaft dengan rocker arm (pelatuk).
Pada tipe OHV ini terdapat banyak komponen penghubung yang dipakai sehingga pada putaran tinggi, pembukaan katup akan kurang maksimal.
SOHC (Single Over Head Camshaft)
Mekanisme katup tipe SOHC ini penempatan katup-katupnya berada di kepala silinder dan posisi cam shaftnya juga berada di kepala silinder sehingga tidak memerlukan komponen pelengkap ibarat valve lifter dan push rod alasannya cam shaft akan eksklusif menggerakkan rocker arm.
Untuk prosedur katup tipe ini mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan prosedur katup tipe OHV alasannya tidak memakai komponen penghubung pelengkap maka tipe ini pada ketika putaran tinggi pembukaan katup-katupnya akan lebih baik.
Pada sipe SOHC ini hanya terdapat satu buah cam shaft. Satu buah cam shaft ini dipakai untuk membuka kedua macam katup yang ada pada masing-masing silinder yaitu untuk membuka katup hisap dan katup buang sesuai dengan timing bukaan katupnya.
DOHC (Double Over Head Camshaft)
Mekanisme katup tipe DOHC ini penempatan katup-katupnya dan cam shaftnya sama dengan tipe SOHC yaitu berada di kepala silinder. Namun perbedaan antara tipe DOHC dengan SOHC yaitu jumlah dari cam shaftnya, pada DOHC mempunyai dua buah cam shaft. Satu cam shaft dipakai untuk menggerakkan katup hisap dan satu cam shaft lainnya dipakai untuk menggerakkan katup buang.
Advertisement