Salah satu mesin atau motor pembakaran dalam (internal combustion engine) yaitu mesin diesel. Mesin diesel merupakan motor pembakaran dalam yang memakai materi bakar solar.
Pada mesin diesel, materi bakar solar ini akan diinjeksikan ke dalam ruang bakar sehingga terjadi ledakan pembakaran yang akan dipakai sebagai tenaga putar mesin.
Ruang bakar mesin diesel merupakan bab pada motor diesel yang mempunyai tugas sebagai daerah proses pembakaran materi bakar dan udara di mesin. Ruang bakar ini juga akan memilih kemampuan atau kinerja dari mesin.
Pada umumnya motor diesel mempunyai 2 model ruang bakar yaitu ruang bakar model eksklusif (direct injection combustion chamber) dan ruang bakar tidak eksklusif (in-direct injection combustion chamber) atau juga disebut dengan rung bakar komplemen (auxiliary combustion chamber).
Pada ruang bakar model langsung, injector atau nozzle eksklusif menginjeksikan materi bakar ke ruang bakar utama. Sedangkan pada ruang bakar model tidak langsung, nozzle menginjeksikan materi bakar tidak secara eksklusif ke ruang bakar utama, melainkan materi bakar diinjeksikan ke ruang bakar tambahan.
Pemakaian materi bakar pada mesin diesel dengan model ruang bakar eksklusif ini akan lebih efisien dibandingkan dengan mesin injeksi model ruang bakar tidak langsung.
Model ruang bakar langsung
Pada model ruang bakar langsung, nozzle ditempatkan pada bab kepala silinder dan nozzle akan menginjeksikan materi bakar diantara kepala silinder dengan piston. Ruang diatas piston ini merupakan salah satu bentuk yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran bakan bakar dan udara. Model-model ruang bakar eksklusif sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Keuntungan :
- Penampang permukaan ruang bakar model eksklusif ini lebih kecil sehingga sanggup mengurangi terjadinya kerugian panas. Penampang permukaan yang lebih kecil ini juga sanggup menaikkan temperatur udara yang dikompresikan sehingga akan penyempurnaan pembakaran.
- Tipe injeksi eksklusif ini tidak perlu memakai pemanasan awal untuk melaksanakan start awal, sehingga tidak diharapkan busi pijar.
- Struktur dari kepala silinder lebih sederhana sehingga kemungkinan terjadinya deformasi alasannya yaitu panas akan lebih kecil.
- Karena kerugian panas yang kecil maka perbandingan kompresi mesin diesel tersebut sanggup diturunkan.
Kerugian :
- Pompa injeksi (injection pump) harus bisa menghasilkan tekanan tinggi pada sistem materi bakarnya untuk sanggup mengatominasi materi bakar dan menekan materi bakar untuk keluar melalui nozzle yang mempunyai lubang yang kecil serta banyak.
- Tekanan pembakaran yang dihasilkan tinggi sehingga sanggup menimbulkan bunyi yang dihasilkan lebih keras dan kemungkinan terjadinya knocking lebih besar.
- Mesin diesel ini sangat peka terhadap kualitas pemakaian materi bakar. Bahan bakr yang dipakai harus mempunyai kualitas yang baik.
Model ruang bakar tidak langsung
Ruang bakar model kamar depan dapar dilihat pada gambar di atas. Bahan bakar solar akan disemprotkan oleh nozzle ke bab ruang bakar kamar depan ini. Sebagian materi bakar solar ini akan terbakar di dalam ruang bakar kamar depan ini dan sebagian materi bakar akan ditekan melalui akses kecil antara ruang bakar utama dengan ruang bakar kamar depan. Selanjutnya materi bakar yang tertekan ini akan menjadi partikel-partikel kecil dan akan terbakar habis pada ruang bakar utama.
Keuntungan :
- Pemakaian materi bakarnya lebih luas sehingga sanggup memakai materi bakar yang mempunyai kualitas yang relatif kurang baik.
- Mudah dalam perawatan alasannya yaitu tekanan injeksi materi bakar relatif lebih rendah dan mesin diesel model ini tidak peka terhadap perubahan timing injeksi.
- Pada mesin diesel model ini memakai nozzle tipe throttle sehingga knocking pada mesin diesel sanggup dikurangi.
Kerugian :
- Biaya pembuatan mesin diesel model ini relatif lebih mahal alasannya yaitu mempunyai bentuk silinder yang lebih rumit.
- Memerlukan motor starter yang besar.
- Saat menghidupkan mesin ketika kondisi mesin masih hirau taacuh akan sulit sehingga membutuhkan busi pijar (glow plug).
- Pemakaian materi bakar relatif lebih boros.
Tipe ruang bakar kamar pusar sanggup dilihat pada gambar di atas. Ruang bakar tipe kamar pusar ini mempunyai bentuk spherical, sehingga udara yang dikompresikan dan masuk ke dalam ruang bakar tipe kamar pusar akan membentuk pedoman turbulensi. Bahan bakar akan diinjeksikan ke dalam ruang bakar kamar pusar ini, kemudian sebagian materi bakar akan terbakar. Sebagian materi bakar yang tidak terbakar akan di tekan ke dalam ruang bakar utama melalui akses transfer untuk menuntaskan proses pembakaran secara keseluruhan.
Keuntungan :
- Kecepatan mesin maksimal atau tinggi sanggup dicapai alasannya yaitu mesin diesel model ini mempunyai turbulensi kompresi yang tinggi.
- Gangguan yang terjadi pada nozzlenya lebih kecil alasannya yaitu mesin diesel model ini memakai nozzle tipe pin.
- Mesin diesel model ini suaranya halus.
Kerugian :
- Konstruksi dari kepala silinder dan blok silindernya relatif lebih rumit.
- Efisiensi panas dan konsumsi materi bakarnya kurang baik dibandingkan dengan model ruang bakar langsung.
- Memerlukan busi pijar. Namun untuk mesin diesel model kamar pusar yang lebih besar, pemakaian busi pijar tetap tidak akan eketif sehingga mesin akan susah dihidupkan ketika kondisi mesin dingin.
- Knocking yang timbul akan terasa besar ketika kendaraan berjalan pada kecepatan rendah.
Tipe ruang bakar sel udara ini sanggup dilihat pada gambar di atas. Bahan bakar akan diinjeksikan ke dalam ruang bakar sel udara ini dan selanjutnya sebagian materi bakar akan terbakar dan sebagian materi bakar lainnya akan ditekan ke dalam ruang bakar utama melalui akses transfer untuk menuntaskan keseluruhan proses pembakaran.
Keuntungan :
- Bekerjanya mesin diesel model ini akan lebih halus dikarenakan pembakaran yang terjadi dilakukan secara berangsur-angsur.
- Pembakaran mulai terjadi diruang bakar utama sehingga gampang untuk menghidupkan mesin.
- Pada umumnya tidak perlu memakai pemanas komplemen yaitu busi pijar.
- Gangguan atau persoalan pada nosel berkurang dikarenakan nosel memakai tipe pin.
Kerugian :
- Saat penginjeksian materi bakar sangat menghipnotis kinerja dari mesin
- Temperatur pada gas buang sangat tinggi dikarenakan proses pembakaran lanjut sangat panjang.
- Pemakaian materi bakar yang relatif lebih boros.
Advertisement