-->

Komponen Commonrail Pada Mesin Diesel

Komponen  Commonrail Pada Mesin Diesel
Komponen  Commonrail Pada Mesin Diesel
Sistem commonrail merupakan pengembangan teknologi sistem materi bakar pada mesin diesel. Sistem commonrail merupakan sistem materi bakar yang dikontrol secara elektronik. 

Pada dikala mesin bekerja selalu tersedia tekanan bakan bakar yang cukup tinggi pada sistem commonrail. Kontrol tekanan dan waktu penginjeksian pada sistem commonrail dirancang untuk mesin high speed direct injection. Seluruh kinerja sistem commonrail diatur atau dikendalikan oleh ECU (Electronic Control Unit).

Terdapat beberapa komponen pada sistem commonrail ini, antara lain :

Fuel tank (tangki materi bakar)
Fuel tank atau tangki materi bakar pada sistem commonrail berfungsi untuk menampung materi bakar di dalam kendaraan.

Pre supply pump (pompa pengalir)
Komponen pre supply pump atau pompa pengalir pada sistem common rail berfungsi untuk menyalurkan materi bakar dari tangki materi bakar ke pompa materi bakar tekanan tinggi. Pre supply pump ini terletak di dalam tangki materi bakar.

Pre supply pump terdapat dua jenis pada umumnya, yaitu tipe mekanik dan tipe elektrik. Pada tipe pompa mekanik ini memanfaatkan putaran dari mesin untuk memutarkan pompanya sedangkan pada tipe elektrik memanfaatkan tenaga listrik untuk memutarkan pompanya.

Fuel filter (saringan materi bakar)
Fuel filter atau saringan materi bakar pada sistem commonrail berfungsi untuk menyaring kotoran pada materi bakar supaya tidak mengalir pada sistem commonrail alasannya kotoran ini sanggup merusak komponen-komponen pada sistem commonrail.

High pressure pump (pompa tekanan tinggi)
High pressure pump atau pompa tekanan tinggi pada sistem commonrail berfungsi untuk meningkatkan tekanan materi bakar di dalam sistem commonrail.

Cara kerjanya :

Ketika plunger bergerak ke bawah maka katup inlet akan terbuka sehingga materi bakar akan terhisap masuk kedalam ruangan pompa.

Pada posisi titik mati bawah (TMB) dan plunger mulai bergerak ke arah atas, maka katup akan tertutup alasannya katup jenis ini merupakan katup satu arah dan materi bakar di dalam ruangan pompa ini akan dikompresikan sehingga materi bakar akan terdorong keluar pada susukan outlet.

Pada pompa tekanan tinggi ini terdapat kompoen electromagnetic switch off yang berfungsi untuk mematikan atau menghentikan pedoman materi bakar dikala kunci kontak off.

High pressure accumulator (pipa rel)

High pressure accumulator atau pipa rel (rail) berfungsi untuk menyimpan materi bakar bertekanan sementara pada pipa dan untuk mencegah terjadinya fluktuasi tekanan materi bakar.

Pressure control valve

Pressure control valve pada sistem commonrail berfungsi untuk mengatur dan menjaga tekanan di dalam pipa rel supaya tekanannya tetap konstan dan tidak melebihi tekanan spesifikasinya.

Rail pressure sensor
Rail pressure sensor atau sensor tekanan pipa rel berfungsi untuk mendeteksi dan mengukur berapa besar tekanan di dalam pipa rel. Data ukuran yang didapat oleh sensor tekanan ini nantinya akan dikirimkan ke ECU (Electronic Control Unit) berupa data tegangan signal. Data ini dipakai oleh ECU sebagai dasar atau inputan untuk mengontrol dan mengatur kinerja dari pressure control valve untuk menjaga tekanan di dalam pipa rel supaya stabil sesuai dengan tekanan spesifikasinya.

Injector

Injektor pada sistem commonrail berfungsi untuk menginjeksikan materi bakar ke dalam ruang bakar dengan jumlah yang sempurna dan pada waktu yang sempurna pula.

Membuka dan menutupnya injektor ini diatur oleh ECU menurut dari data pada sensor-sensor yang ada pada mesin.

ECU (Electronic Control Unit) dan sensor-sensor

Sistem commonrail merupakan sistem injeksi yang dikontrol oleh EDC (Electronic Driver Control)

ECU pada sistem commonrail berfungsi untuk mengontrol dan memonitor sistem injeksi pada sistem secara menyeluruh.

Sensor-sensor pada sistem commonrail berfungsi untuk membaca dan mengukur data secara menyeluruh pada sistem yang nantinya data ini akan dikirim ke ECU sebagai data input untuk dasar ECU mengontrol dan mengatur sistem.

Pressure limitter valve
Pressure limitter valve merupakan sistem komponen komplemen pada sistem commonrail sehingga tidak setiap kendaraan commonrail dilengkapi dengan pressure limitter valve.

Fungsi dari pressure limitter valve yakni untuk membatasi tekanan yang ada pada pipa rel supaya tidak berlebihan.
Advertisement