-->

Penyebab Setir Membanting Ke Arah Kanan Atau Kiri Dikala Di Rem

Penyebab Setir Membanting Ke Arah Kanan Atau Kiri Dikala Di Rem
Penyebab Setir Membanting Ke Arah Kanan Atau Kiri Dikala Di Rem
Gejala setir membanting ke salah satu arah, baik ke arah kiri maupun ke arah kanan dikala pedal rem diinjak mungkin pernah anda alami.

Dan bila persoalan ini terjadi, tentu akan menciptakan anda menjadi kurang nyaman dan kondusif dikala berkendara. Hal ini juga akan beresiko sanggup menjadikan terjadinya kecelakaan.

Masalah seting yang membanting ke salah satu arah ketika rem diinjak tentu saja disebabkan lantaran adanya persoalan pada sistem rem adalah antara roda kepingan kanan dan roda kepingan kiri gaya pengeremannya tidak sama sehingga roda yang mendapat gaya pengereman yang lebih besar akan cenderung mengunci dan menciptakan setir membanting ke arah roda yang mengunci.


Adapun hal-hal yang menjadikan gaya pengereman antara roda kepingan kanan dan kiri tidak sama adalah :

Adanya udara pada sistem rem
Pada umumnya, kendaraan beroda empat kini ini kebanyakan memakai sistem rem hidrolik yang memanfaatkan minyak rem sebagai penyalur tekanan hidrolis dari pedal rem ke master silinder kemudian menuju ke roda-roda.

Sebagai media untuk mengalirnya minyak rem pada sistem maka dipakai kanal pipa dan selang. Satu kanal menuju ke roda-roda kepingan kanan dan satu kanal lainnya menuju ke roda-roda kepingan kiri.

Apabila salah satu kanal terdapat udara di dalamnya maka akan menciptakan kepingan roda tersebut mengalami kegagalan pengereman (tekanan dipakai untuk menekan udara pada sistem) sehingga gaya pengereman akan menurun.

Oleh lantaran itu, antara kepingan roda kanan dan kiri gaya pengeremannya tidak sama dan akan menciptakan setir sanggup membanting ke arah roda yang mendapat gaya pengereman yang lebih besar.

Untuk mengatasinya maka lakukan langkah pembuangan udara atau bleeding pada sistem rem tersebut dengan catatan tidak ada kebocoran pada sistem rem.

Piston macet
Pada kepingan roda-roda terdapat komponen silinder roda (untuk rem tromol) dan atau kaliper (untuk rem cakram). Di dalam komponen silinder roda dan kaliper rem tersebut terdapat piston yang berfungsi untuk meneruskan tekanan hidrolis untuk menekan sepatu rem atau pad rem.

Apabila piston pada salah satu roda tersebut macet maka gaya pengereman pada kepingan roda tersebut akan lebih kecil atau tidak ada. Hal ini akan menciptakan setir membanting ke salah satu arah yang gaya pengeremannya lebih besar.

Untuk mengatasi hal tersebut maka lakukan pengecekkan pada kepingan piston di silinder roda dan atau kaliper. Apabila ditemui kerusakan pada kepingan tersebut dan tidak memungkinkan untuk diperbaiki maka gantilah piston atau mungkin silinder roda dan kalipernya.

Kanvas atau pad rem aus
Kanvas (pada rem tromol) atau pad rem (pada rem cakram) merupakan kepingan yang bergesekkan atau bersinggungan dikala pengereman berlangsung. Kanvas rem akan bergesekkan dengan tromol, sedangkan pad rem akan bergesekkan dengan cakram.

Apabila kanvas atau pad rem antara kepingan roda kanan dan kiri mengalami tingkat keausan yang berbeda, contohnya secara ekstrimnya kanvas atau pad rem salah satu roda sudah habis sedangkan pada roda lainnya masih maka pengereman pada kepingan roda yang kanvas atau pad remnya habis tidak akan optimal.

Hal tersebut sanggup menjadikan setir membanting ke salah satu sisi pada roda yang mempunyai pengereman yang lebih besar.

Oleh lantaran itu selalu lakukan pengecekan kanvas atau pad rem dan apabila kanvas atau pad rem habis maka gantilah dengan yang baru.

Penyetelan celah sepatu rem tidak sama
Pada rem tromol, celah sepatu rem harus disetel. Beberapa tipe penyetelan rem tromol dilakukan secara otomatis dan beberapa tipe lainnya harus dilakukan secara manual.

Apabila penyetelan celah sepatu rem antara kepingan roda kanan dan kiri tidak sama, contohnya celah sepatu rem roda kanan terlalu besar dibanding celah sepatu rem roda kiri maka dikala pedal rem diinjak, pengereman akan terjadi lebih dulu pada roda kiri lantaran celah  sepatu rem lebih kecil sehingga roda kiri akan mendapat gaya pengereman yang lebih besar dan sanggup menjadikan setir membantin ke arah kiri.

Untuk mengatasinya maka lakukan penyetelan celah sepatu rem dengan mekanisme yang benar dan pastikan celah sepatu rem kedua roda sama.
Advertisement