-->

Cara Menyetel Rem Parkir

Cara Menyetel Rem Parkir
Cara Menyetel Rem Parkir
Rem parkir (parking brake) atau rem tangan (hand brake) berfungsi untuk memungkinkan kendaraan sanggup parkir pada kawasan yang tidak rata yakni pada kawasan yang menanjak atau kawasan turunan.

Rem parkir pada kendaraan kendaraan beroda empat penumpang atau mobil-mobil kecil pada umumnya memakai rem parkir tipe roda belakang sedangkan para mobil-mobil niaga yang besar pada umumnya rem parkir dipasang diantara transmisi dan poros propeller.

Apabila rem parkir tidak ada atau tidak berfungsi dengan baik maka saat kendaraan diparkirkan pada kawasan yang tidak rata sanggup menimbulkan kendaraan akan berjalan dengan sendirinya.

Tentu saja insiden tersebut akan menjadikan resiko tidak baik contohnya saja sanggup menimbulkan kecelakaan dan membahayakan orang lain yang ada disekitar.

Oleh lantaran itu, rem parkir harus diperiksa kerjanya dan kalau perlu rem parkir harus disetel biar sanggup bekerja dengan optimal.

Sebelum melaksanakan penyetelan rem parkir, peralatan yang diharapkan untuk melaksanakan penyetelan yakni :
  1. Dongkrak
  2. Jack stand (alat penyangga)
  3. Tool box 1 set
  4. Kunci roda
  5. Palu baja
  6. Kunci momen
  7. Vet (paslin)
  8. Kain lap

Pemeriksaan awal sebelum melaksanakan penyetelan rem parkir yakni :
  1. Periksa kanvas rem, kanvas rem harus belum melebihi batas limit penggantian.
  2. Periksa celah sepatu rem apakah telah sesuai atau tidak, dan apabila belum sempurna maka lakukan langkah penyetelan celah sepatu rem dengan tromol.

Lakukan investigasi fungsi rem parkir, yakni dengan cara :
  1. Kendorkan mur roda belakang (untuk rem parkir pada roda belakang).
  2. Dongkrak mobil, kemudian tumpu kendaraan beroda empat dengan memakai jack stand.
  3. Lepaskan mur roda belakang, dan lepaskan roda belakang.
  4. Lepas tromol rem.
  5. Dengan sumbangan orang lain, minta tolonglah untuk menarik rem parkir. Ketika tuas rem parkir ditarik, periksalah kerja sepatu rem.
  6. Periksa sepatu rem, apakah sanggup ditekan dan kembali lagi ke kawasan semula saat tuas rem parkir dilepas.
  7. Jika sepatu rem tidak sanggup kembali lagi ke posisi awal saat tuas rem parkir dilepas maka ada kemungkinan pada sambungan kabel rem parkir macet lantaran karat atau poros lengan rem tangan (pada sepatu rem) yang macet.
  8. Lakukan langkah perbaikan apabila rem parkir macet dengan menghilangkan karat yang merupakan penyebab macetnya rem parkir kemudian berikan pelumasan.
  9. Apabila rem parkir tidak macet, atau sehabis rem parkir sudah tidak macet maka pasang kembali tromol dan roda-roda dengan momen yang tepat.

Perhatian :
Pada rem tromol dengan penyetelan celah sepatu rem secara otomatis saat rem parkir digerakkan maka saat tuas rem parkir digerakkan akan menimbulkan sepatu rem sanggup mengembang besar sehingga menimbulkan tromol tidak sanggup dimasukkan maka untuk mengatasinya dengan cara mengendorkan setelan celah sepatu rem tersebut kemudian setel kembali saat tromol telah dipasang dengan menarik tuas rem berulang-ulang hingga celah sepatu rem tepat.

Apabila rem parkir tidak berfungsi dengan baik maka rem parkir sanggup disetel pada bagian-bagian penyetel rem parkir. Macam-macam penyetel pada rem parkir antara lain :
Mur penyetel rem parkir yang terdapat pada tuas rem parkir
Batang penyetel pada potongan penyeimbang
Mur penyetel pada setiap kabel

Lakukan penyetelan rem parkir hingga di dapatkan keadaan rem parkir sebagai berikut :
Pada penarik rem parkir pada tipe batang
  1. Tarik penuh rem parkir hingga didapatkan jumlah klik 10 hingga 20 klik.
  2. Lakukan pengontrolan juga dengan menarik rem parkir 3 klik dan pastikan bahwa roda masih sanggup bergerak bebas.

Pada penarik rem parkir pada tipe tuas
  1. Tarik penuh rem parkir hingga didapatkan jumlah klik 3 hingga 7 klik
  2. Lakukan pengontrolan juga dengan menarik rem parkir 1 klik dan pastikan bahwa roda masih sanggup bergerak bebas.

Pengontrolan kerja rem parkir pada kedua roda
Tarik rem parkir satu demi satu klik hingga roda tidak sanggup berputar, dan pastikan saat melaksanakan penarikan tuas rem parkir satu demi satu klik selalu periksa kendala gesek pada kedua roda belakang kiri dan kanan. Hambatan gesek antar roda harus sama.

Apabila kendala gesek pada kedua roda tidak sama maka faktor yang sanggup menyebabkannya yakni :
  1. Celah sepatu rem antara roda kanan dan kiri tidak sama atau nilai tabrakan (tromol dan sepatu rem) antara roda kanan dan kiri tidak sama.
  2. Kelancaran kabel penggagas rem parkir antara kedua roda tidak sama.
Advertisement