-->

Jangan Anggap Remeh Fungsi Lemak

Jangan Anggap Remeh Fungsi Lemak
Jangan Anggap Remeh Fungsi Lemak

Lemak di dalam tubuh tidak jarang dianggap mengganggu penampilan alias kesehatan. Padahal manfaat lemak bagi tubuh sangat banyak. Keberadaan lemak di dalam tubuh hanya akan mengganggu penampilan dan membahayakan kesehatan apabila jumlahnya berlebihan.

Lemak adalah salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, sebagaimana  protein dan karbohidrat. Tubuh memperlukan lemak yang tidak mampu dihasilkan sendiri, umpama asam lemak omega-3. Keberadaan lemak dalam porsi makanan Kalian penting untuk menjaga pola makan sebanding dan sehat.

Berbagai Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Seperti yg sudah disebutkan di atas, tubuh memperlukan lemak dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ada beberapa manfaat lemak yang baik untuk tubuh manusia, antara lain:

Membantu tubuh menyerap vitamin A, D, dan E

Beberapa tipe vitamin tersebut adalah tipe vitamin yang larut dalam lemak. Sehingga, untuk mampu diserap oleh tubuh, vitamin ini memerlukan bantuan lemak.

Sumber energi bagi tubuh

Lemak juga mampu bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Namun, bukan berarti Kalian mampu mengonsumsi lemak dengan cara berlebihan demi menambah energi.

Membantu menyehatkan kulit dan rambut

Selain bertujuan menolong proses penyerapan sejumlah vitamin dan sumber energi bagi tubuh, lemak juga menolong menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Membuat tubuh masih hangat

Lemak mempunyai manfaat sebagai isolator bagi tubuh. Keberadaan lemak mampu membikin tubuh menjadi hangat, semacam halnya saat Kalian mengenakan pakaian yang tebal.

Melindungi organ tubuh

Lemak juga bertujuan melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu, lemak menolong membangun sel dan memproduksi hormon, jadi tubuh mampu bertujuan dengan baik.

Ragam Jenis dan Sumber Lemak

Untuk memperoleh manfaat lemak dengan cara maksimal, ada baiknya Kalian memahami beberapa tipe lemak yang terkandung di dalam makanan, antara lain:

Lemak tidak jenuh tunggal

Lemak tidak jenuh ini mampu menolong menjaga kesehatan jantung, dengan menurunkan tingkat LDL alias kolesterol jahat dan menjaga tingkat HDL alias kolesterol baik dalam tubuh. Lemak ini mampu ditemukan pada buah alpukat, minyak zaitun, hazelnut, almond, dan kacang-kacangan.

Lemak tidak jenuh ganda

Lemak tidak jenuh ganda mampu menolong menurunkan kadar LDL di dalam tubuh. Omega-6 dan omega-3 tergolong ke dalam tipe lemak tidak jenuh ganda. Lemak ini tidak sedikit tersedia pada ikan salmon, tuna, buah kenari, dan biji lenan.

Lemak trans

Lemak trans tergolong ke dalam tipe lemak yg tidak sehat sebab mampu menambah kadar LDL di dalam tubuh, jadi mampu menyebabkan penyakit stroke, diabetes tipe 2, dan gangguan jantung apabila dikonsumsi dengan cara berlebihan. Lemak tipe ini tidak sedikit ditemukan di produk olahan semacam kentang goreng, biskuit, donat, pizza, alias popcorn.

Lemak jenuh

Lemak jenuh sebetulnya lebih baik dihindari sebab mampu menambah kolesterol jahat di dalam tubuh. Lemak jenuh akan tampak tidak sama bentuknya dengan lemak tidak jenuh sebab biasanya bermetamorfosis bentuk padat alias membeku di suhu ruangan biasa. Lemak ini mampu didapatkan pada mentega, telur, daging merah, susu, keju, alias kulit ayam.

Meski tidak jarang menjadi musuh bagi mereka yg ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh, bukan berarti tubuh tidak memperlukan lemak sama sekali. Fungsi lemak tertentu justru sangat penting dalam menjaga keseimbangan nutrisi dan kesehatan tubuh. Yang terpenting, lemak tersebut wajib dikonsumsi dengan cara proporsional dan tidak berlebihan
Advertisement