-->

Arti, Konsep, Fungsi, Definisi Akuntansi Manajemen

Arti, Konsep, Fungsi, Definisi Akuntansi Manajemen
Arti, Konsep, Fungsi, Definisi Akuntansi Manajemen
Akuntansi Manajemen atau Akuntansi Manajerial ialah sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan info akuntansi untuk manajer atau administrasi dalam suatu organisasi dan untuk memperlihatkan dasar kepada administrasi untuk menciptakan keputusan bisnis yang akan memungkinkan administrasi akan lebih siap dalam pengelolaan dan melaksanakan fungsi kontrol.
Berbeda dengan Informasi Akuntansi keuangan, Informasi Akuntansi administrasi adalah:
  • Dirancang dan dimaksukan untuk dipakai oleh pihak administrasi dalam organisasi sedangkan info Akuntansi keuangan dimaksudkan dan dirancang untuk pihak eksternal menyerupai kreditur dan para pemegang saham;
  • Biasanya diam-diam dan dipakai oleh pihak administrasi dan bukan untuk laporan publik;
  • memandang ke depan, bukan sejarah;
  • Dihitung dengan mengacu pada kebutuhan manajer, sering memakai sistem info manajemen, bukan mengacu pada standar akuntansi keuangan.
Hal ini disebabkan lantaran pengutamaan yang berbeda: info akuntansi administrasi dipakai dalam sebuah organisasi, biasanya untuk pengambilan keputusan.

Definisi

Menurut Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), akuntansi administrasi ialah "proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi info yang dipakai oleh administrasi untuk merencanakan, mengevaluasi dan pengendalian dalam suatu entitas dan untuk memastikan sesuai dan akuntabilitas penggunaan sumber daya tersebut. Akuntansi administrasi juga mencakup penyusunan laporan keuangan untuk kelompok non-manajemen menyerupai pemegang saham, kreditur, tubuh pengatur dan otoritas pajak "(Istilah resmi CIMA).
The American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) menyatakan bahwa akuntansi administrasi sebagai praktik meluas ke tiga bidang berikut:
  • Manajemen Strategi - Memajukan tugas akuntan administrasi sebagai kawan strategis dalam organisasi.
  • Manajemen Kinerja - Mengembangkan praktik pengambilan keputusan bisnis dan mengelola kinerja organisasi.
  • Manajemen Risiko - Berkontribusi untuk menciptakan kerangka kerja dan praktik untuk mengidentifikasi, mengukur, mengelola dan melaporkan risiko untuk mencapai tujuan organisasi.
Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) menyatakan bahwa "Seorang akuntan administrasi harus bisa menerapkan pengetahuan profesional dan keterampilannya dalam penyusunan dan penyajian info keputusan keuangan dan lainnya yang berorientasi sedemikian rupa untuk sanggup membantu administrasi dalam merumusakan kebijakan, perencanaan dan pengendalian pelaksanaan pengoperasian. "Akuntan administrasi oleh lantaran itu dilihat sebagai "pencipta nilai" antara akuntan. Mereka jauh lebih tertarik melihat ke depan dan mengambil keputusan yang akan memengaruhi masa depan organisasi, daripada rekaman sejarah dan kepatuhan (menjaga nilai) aspek profesi. Pengetahuan dan pengalaman akuntansi administrasi sanggup diperoleh dari aneka macam bidang dan fungsi dalam suatu organisasi menyerupai administrasi informasi, perbendaharaan, audit efisiensi, pemasaran, penilaian, penetapan harga, logistik, dan lainnya.

Tradisional vs praktik inovatif

Pada simpulan 1980-an, praktisi akuntansi dan para pendidik dikecam keras dengan alasan bahwa praktik akuntansi administrasi (dan, bahkan lebih dari itu, kurikulum yang diajarkan untuk mahasiswa akuntansi) hanya mengalami sedikit perubahan dibandingkan 60 tahun sebelumnya, meskipun telah terjadi perubahan radikal dalam lingkungan bisnis. Lembaga akuntansi profesional, mungkin takut bahwa akuntan administrasi akan semakin dilihat sebagai suatu yang tidak berkhasiat dalam organisasi bisnis, sehingga lalu sanggup mencurahkan sumber daya untuk pengembangan keterampilan yang lebih inovatif ditetapkan untuk akuntan manajemen.
Perbedaan antara dan praktik akuntansi 'tradisional' dan 'inovatif' sanggup diilustrasikan dengan mengacu pada teknik pengendalian biaya. Akuntansi biaya ialah metode sentral dalam akuntansi manajemen, dan secara tradisional, teknik utama akuntan administrasi ialah analisis varians, yang merupakan pendekatan sistematis untuk perbandingan biaya kasatmata dan dianggarkan dari materi baku dan tenaga kerja yang dipakai selama periode produksi.
Sementara beberapa bentuk analisis varians masih dipakai oleh paling banyak perusahaan manufaktur, maka ketika ini cenderung dipakai dalam hubungannya dengan teknik inovatif menyerupai analisis biaya siklus hidup dan kegiatan berbasis biaya, yang dirancang dengan aspek-aspek spesifik dari lingkungan bisnis modern yang perlu diketahui. Siklus hidup biaya mengakui bahwa kemampuan manajer untuk menghipnotis biaya manufaktur suatu produk paling besar ketika produk masih pada tahap desain produk siklus hidup (yaitu, sebelum desain tersebut telah rampung dan produksi dimulai), lantaran perubahan kecil dengan desain produk sanggup menjadikan penghematan yang signifikan dalam biaya manufaktur produk. Biaya menurut acara (ABC) mengakui bahwa, di pabrik-pabrik modern, biaya manufaktur ditentukan oleh jumlah 'kegiatan' (misalnya, jumlah produksi berjalan per bulan, dan jumlah peralatan produksi waktu idle) dan bahwa kunci untuk pengendalian biaya yang efektif lantaran itu mengoptimalkan efisiensi dari kegiatan ini. Kegiatan berbasis akuntansi juga dikenal sebagai Penyebab dan Efek akuntansi.

Peran dalam korporasi

Konsisten dengan tugas lain dalam korporasi ketika ini, akuntan administrasi mempunyai kekerabatan pelaporan ganda. Sebagai kawan strategis dan penyedia keputusan menurut info keuangan dan operasional, akuntan administrasi bertanggung jawab untuk mengelola tim bisnis dan pada ketika yang sama harus menyediakan semua kekerabatan antar laporan dan tanggung jawab untuk mengorganisasikan keuangan korporasi.
Kegiatan akuntan administrasi memperlihatkan info bisnis termasuk peramalan dan perencanaan, melaksanakan analisis varians, mengkaji dan memantau biaya yang menempel dalam bisnis ialah orang yang mempunyai akuntabilitas ganda untuk kedua tim keuangan dan bisnis.

Pandangan alternatif

Akuntansi biaya

Akuntansi biaya ialah elemen pusat dari akuntansi manajemen.

Sahabat Semangat Inspirasi, Itulah tadi ulasan Singkat terkait akuntansi manajemen. Semoga bermanfaat.

Advertisement