-->

Pengertian Administrasi Berdasarkan Beberapa Ahli

Pengertian Administrasi Berdasarkan Beberapa Ahli
Pengertian Administrasi Berdasarkan Beberapa Ahli

Manajemen berasal dari kata “manus” yang berarti “tangan”, berarti menangani sesuatu, mengatur, menciptakan sesuatu menjadi menyerupai yang diinginkan dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang ada.

Secara teoritis, setiap hebat menawarkan pandangan yang berbeda perihal batasan manajemen, sebab itu tidak gampang memberi arti universal yang sanggup diterima semua orang. Namun demikian dari pemikiran-pemikiran hebat perihal defenisi administrasi kebanyakan menyatakan bahwa administrasi merupakan suatu proses mendayagunakan orang dan sumber lainnya untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
Berikut ini merupakan defenisi administrasi dari beberapa ahli:
1.     Menurut Syamsi (1985:10) “Manajemen yaitu seluruh kegiatan dalam setiap perjuangan kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok atau lebih orang-orang secara bahu-membahu dan simultan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
2.     Menurut Soepardi (1988:7) “ Manajemen yaitu keseluruhan proses kegiatan-kegiatan kolaborasi yang dilakukan oleh sekelompok atau lebih oarang-orang secara bahu-membahu dan simultan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3.     Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa manajemen yaitu suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
4.     Hilman mengatakan bahwa manajemen yaitu fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.
5.     Menurut Georgy R. Terry (1986:4), administrasi yaitu suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
6.     Mary Parker Follet manajemen yaitu suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain dengan kata lain bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melaksanakan apa saja yang perlu dalam pekerjaan itu, bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.
7.     Menurut James A.F.Stoner, manajemen yaitu suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan memakai semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
8.     Dr. Sp. Siagian  dalam buku  Filsafat Manajemen Management, management sanggup didefinisikan sebagai “kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain”.

9.     Menurut Prof. Dr. H. Arifin Abdulrachman dalam buku Kerangka Pokok-Pokok Management, management sanggup diartikan :
a. kegiatan-kegiatan/aktivitas-aktivitas;
b. proses,  yakni kegiatan  dalam  rentetan  urutan- urutan;
c. insitut/ orang – orang yang melaksanakan kegiatan atau proses  kegiatan
10.   Kathryn . M. Bartol dan David C. Martin yang dikutip oleh A.M. Kadarman SJ dan Jusuf Udaya (1995) menawarkan rumusan bahwa :
“Manajemen yaitu proses untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi dengan melaksanakan kegiatan dari empat fungsi utama yaitu merencanakan (planning), mengorganisasi (organizing), memimpin (leading), dan mengendalikan (controlling). Dengan demikian, administrasi yaitu sebuah kegiatan yang berkesinambungan”.
11.   William H Newman (1951) mendefinikan administrasi yaitu sanggup dipahami sebagai pembimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok orang-orang ke arah pencapaian tujuan bersama.
12.   Sondang P. Siagian (1985;2) menyampaikan bahwa administrasi yaitu keseluruhan proses pelaksanaan daripada keputusan yang telah diambil dan pelaksanaan itu pada umumnya dilakukan oleh dua orang insan atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
13.   Menurut Prajudi Atmosudirdjo, (1982 : 124). Manajemen itu yaitu pengendalian dan pemanfaatan daripada semua faktor dan sumberdaya, yang berdasarkan suatu perencanaan (planning), diharapkan untuk mencapai atau menuntaskan suatu prapta atau tujuan kerja yang tertentu.
14.   Menurut Boone dan Kurtz (1984 : 4). Management is the use of people and other resources to accomplish objective.
15.   Menurut Sondang P. Siagian (1997 : 5). Manajemen sanggup didefinisikan sebagai ‘kemampuan atau ketrampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain’. Dengan demikian sanggup pula dikatakan bahwa administrasi merupakan alat pelaksana utama Manajemen.

Advertisement