-->

Kenapa Islam Mengharamkan Pacaran ? Ternyata Ini 8 Imbas Buruknya

Kenapa Islam Mengharamkan Pacaran ? Ternyata Ini 8 Imbas Buruknya
Kenapa Islam Mengharamkan Pacaran ? Ternyata Ini 8 Imbas Buruknya
Sahabat dakwah, Islam melarang umatnya untuk berpacaran, lantaran hal itu hanya akan mendekatkan dirinya pada perbuatan keji ibarat zina. Selain itu, banyak efek buruk lain yang akan didapat jikalau pacaran tetap dilakukan.



Allah Subhanallahu wa Ta’ala berfirman,

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

(Dan janganlah kalian mendekati zina) larangan untuk melakukannya terperinci lebih keras lagi (sesungguhnya zina itu yaitu suatu perbuatan yang keji) perbuatan yang buruk (dan seburuk-buruknya) sejelek-jelek (jalan) yaitu perbuatan zina itu, (Al-Isra’ ayat ke-32).

Artinya, Islam tidak hanya melarang perbuatan zinanya saja, tetapi segala bentuk insiden yang mengantarkannya.

Pergaulan bebas yang diawali oleh pacaran sering menciptakan anak muda salah arah. Pacaran banyak menghasilkan wanita yang hamil di luar nikah, obat-obatan, dan paling ngeri yaitu pengguguran (pembu*nuhan).

Agar kita semakin waspada, berikut beberapa efek negatif pacaran yang harus kita ketahui.

1. Produktivitas Berkurang

Melakukan aktiviti pacaran seringkali menciptakan produktivitas kita menurun. Iyalah. Pacar akan menempati prioritas paling tinggi daripada mengerjakan tugas, daripada berguru membuka usaha, bahkan yang paling parah mengalahkan prioritas perilaku kita pada orang tua.

Sudah banyak misalnya dengan adanya pacar kemampuan kita akan berkurang lantaran fokus kita untuk berguru akan terbagi. Kalau kita seorang pemain bola, bila kita berpacaran yang negatif akan menciptakan kita lemah dan skill kita niscaya turun. dan banyak lagi referensi yang lain.

2. Tidak Setia
Bila dalam berpacaran tidak sesuai dengan yang kita inginkan dan ada orang lain yang memperlihatkan apa yang tidak di berikan oleh pacar kita, menduakan akan menjadi alternatifnya. Sehingga itu akan menyakiti orang lain.

3. Melemahkan Iman

Ini sangat jelas. Karena dengan berpacaran berarti kita melanggar firman Allah tadi (QS. Al-Isra’: 32). Dalam asas keumuman, biasanya orang yang pacaran akan lebih mementingkan titah pacar daripada usulan lembut dari Tuhan.

Misalnya, “Marilah menggapai kemenangan.” Seruan Allah untuk pria minimal 5 kali sehari, akan bisa kalah ketika pacarnya minta, “Yang, anterin saya ke mall dong mau beli baju.”

Itu hanya referensi yang banyak ditemui di lapangan. Bohong kalau ada pacaran yang menambah keimanan, alasannya kepercayaan itu urusan kita sama Allah, kalau ngajak pacar shalat supaya apa? Ya … supaya disebut shaleh sama pacar. Bener apa bener?

4. Melatih Kemunafikan

Biasanya untuk mendapat perhatian pacar, kita akan melaksanakan apa saja meskipun itu berbohong, menggunakan topeng, bermuka dua. Ngaku aja.

Kita ibarat mengiklankan apa yang tidak ada dalam diri kita, sehingga bila lalu hubungan pacaran ini berlanjut ke ijab kabul … pasangan kita akan kaget dengan diri kita yang sebenarnya.



Iya pas pacaran sering bangunin tahajjud, eh tapi pas udah jadi pasangan suami istri tertangkap berair belangnya. Munafik.

5. Suka Berangan-angan

Berandai-andai yaitu hal yang ternyata dihentikan lantaran sanggup menciptakan kita tidak bersyukur dan menyalahi takdir. Sehingga apa-apa kita akan iri dengan orang lain, iri bila tidak punya anu, atau anu.

Apa yang dilakukan dikala pacaran bisa memicu kita untuk berandai andai. Dan kadang di situ pikiran negatif akan muncul, lantaran setan itu canggih; bisa menarik hati bahkan pada dikala di pikiran.

6. Hidup Menjadi Boros

Ini so niscaya insiden sekali. Uang masih minta dari orang bau tanah aja udah sok belagu nraktir pacar. Yang sudah kerja pun akan mengalami pemborosan ini. Uang yang seyogyanya bisa ditabung buat sesuatu produktif lain atau investasi modal akan terpakai hanya lantaran pacar minta sesuatu.

7. Terjerumus Dalam Perzinaan

Zina itu banyak jenisnya, ada zina mata, zina tangan, zina kaki, zina telinga, dan zina hati. Haditsnya kurang lebih ibarat ini maknanya,

“Setiap anak ‘Adam akan ditakdirkan hidupnya bertemu dengan zina, tidak bisa tidak. Zinanya mata yaitu melihat, pendengaran yaitu mendengar, tangan yaitu berbuat, kaki yaitu melangkah, dan hati yaitu ingin dan angan-angan. Semua itu dibenarkan dan didustakan oleh kema*luan.”

Silakan dicari sendiri haditsnya supaya lebih terperinci dengan klarifikasi dari para ulama.

8. Pembu*nuhan

Dampak paling ngeri dari pacaran yaitu pembu*nuhan. Bahkan bisa double pembu*nuhan. Pertama ketika kita berzina, kita menumpahkan cairan asal kehidupan (air ma’ni) bukan pada tempatnya, yang kedua ketika tidak ada jalan lain untuk menahan malu, kesudahannya si pacar dihabisi. Semoga goresan pena ini menjadi pengingat


Sumber: islampos.com
Advertisement