-->

Manfaat Basuh Tangan Bagi Kesehatan

Manfaat Basuh Tangan Bagi Kesehatan
Manfaat Basuh Tangan Bagi Kesehatan

MANFAAT CUCI TANGAN BAGI KESEHATAN

Informasi Kesehatan | Cuci tangan mungkin suatu pekerjaan yang mungkin bagi sebagian banyak orang ialah suatu pekerjaan yang sepele, sehingga terkadang dan bahkan kita sering mengabaikannya. Sering kita mengingatkan anggota keluarga untuk membiasakan mencuci tangan terutama kepada “si kecil”.
“Nak… sudahkan basuh tangan sebelum makan?!”, pertanyaan itu sering kita lontarkan kepada buah hati kita, lantaran mereka biasanya lupa apabila tidak kita ingatkan.
Mungkin aktivitas basuh tangan ialah suatu pekerjaan yang ringan tapi ketahuilah bahwa memiliki efek manfaat yang sangat besar lantaran penyakit yang berbahaya sanggup dicegah melalui aktivitas mencuci tangan.


SUMBER PENYAKIT

Mengapa tangan perlu dicuci?? Kenapa bukan anggota badan yang lain?? Pertanyaan itu kadang kala muncul dalam benak kita. Tangan merupakan kepingan anggota badan kita yang memiliki “mobilitas” tinggi. Tapi yang lebih menciptakan tangan begitu istimewa ialah lantaran memiliki frekuensi tinggi dalam bersentuhan dengan benda-benda atau barang disekitar tubuh.
Tangan merupakan salah satu penghantar utama masuknya kuman/mikroba penyebab penyakit sedangkan ekspresi dan hidung merupakan jembatan masuknya benda-benda, basil & virus ke dalam tubuh, bakteri/mikroba tersebut masuknya sanggup melalui kuliner dan minuman yang melekat ditangan kita, atau bahkan secara sengaja atau tidak sengaja tangan bersentuhan dengan ekspresi dan hidung kita sendiri.
Tentu keadaan tangan tidak selalu dalam kondisi bersih/steril lantaran seringnya menyentuh atau memegang benda/barang, misalnya; memegang telepon, bersalaman, memegang binatang peliharaan, habis berkebun, main diluar rumah, membersihkan selokan, menutup bersin/flu dengan tangan dan masih banyak pekerjaan yang dilakukan oleh sepasang tangan kita. Celakanya, anak kecil amat suka memegang banyak sekali benda bahkan memasukkan tangan atau benda apa saja ke dalam ekspresi mungilnya lantaran pengetahuan dan kesadarannya masih kurang.
Setelah melaksanakan banyak sekali macam “aktifitasnya” tangan merupakan daerah berkumpulnya banyak sekali macam baktei, kuman/mikroba penyebab penyakit. Berbagai macam penyakit yang sanggup ditimbulkan oleh kuman/mikroba yang melekat ditangan antara lain; virus influenza yang mengakibatkan influenza/flu, virus H5N1 yang mengakibatkan flu burung, virus H1N1 penyebab flu babi, flu burung dan flu babi adlah jenis flu yang sangat berbahaya dan mematikan!, selain itu meningitis, virus hepatitis penyebab penyakit hepatitis A, C (gangguan hati), penyakit kulit, gangguan usus dan diare. Diare merupakan penyakit yang sering muncul lantaran kebiasaan basuh tangan yang jelek, terutama pada belum dewasa yang menderita diare akut sering berujung pada kematian.
Perlu Anda ketahui bahwa jikalau tangan insan menyentuh tinja, maka akan tercemar dengan lebih dari 10 juta virus dan satu juta basil yang sanggup menjadikan banyak sekali macam penyakit.
Jadi, jangan ada kompromi!!!, basuh tangan secara benar dengan memakai sabun, sangat besar keuntungannya demi menjaga kesehatan diri, keluarga dan bahkan nyawa si kecil.

FREKUENSI CUCI TANGAN

Sebaiknya kita melaksanakan basuh tangan sesering mungkin!! Terutama pada ketika Anda sedang terkena flu sehingga penularan virus influenza sanggup dicegah dan mempercepat penyembuhan.
Setiap sebelum dan setelah melaksanakan suatu pekerjaan, terutama yang kira-kira menjadi daerah hidup/habitat kuman/mikroba, dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.
Sekali lagi, jangan anggap remeh manfaat dahsyat mencuci tangan. Jangan pernah bosan pula mengingatkan anak untuk melakukannya, termasuk memberi teladan pada si kecil. Hanya dengan sekian detik mengorbankan waktu untuk basuh tangan, kita tak perlu buang-buang waktu (dan uang) lantaran harus terbaring di rumah sakit.

KEGIATAN YANG HARUS CUCI TANGAN PAKAI SABUN
  1. Sebelum dan setelah menyiapkan makanan/masakan. Ini sanggup mengurangi risiko terkena atau berbagi basil yang mengakibatkan kuliner beracun. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah mengolah masakan dari jenis unggas, telur mentah, daging, atau seafood
  2. Sebelum dan setelah makan
  3. Sesudah buang air kecil/besar
  4. Sesudah mengganti popok/menceboki si kecil
  5. Sebelum memegang si kecil
  6. Setelah melaksanakan aktifitas; memegang binatang peliharaan, mencari rumput, membersihkan selokan, memegang barang/benda-benda yang kotor, dll

CARA TEPAT & CEPAT CUCI TANGAN
  1. Letakkan tangan dibawah air higienis yang mengalir (disarankan)
  2. Bilas tangan dengan air yang mengalir tersebut
  3. Gosok tangan dengan sabun hingga berbusa, bersihkan kepingan pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku
  4. Bilas dengan air hingga bersih
  5. Keringkan dengan kain/lap yang bersih
 Terimkasih telah berkunjung, biar sanggup bermanfaat


Advertisement