-->

Beberapa Alasan Berpengaruh Kenapa Nabi Muhammad Diturunkan Di Tanah Arab

Beberapa Alasan Berpengaruh Kenapa Nabi Muhammad Diturunkan Di Tanah Arab
Beberapa Alasan Berpengaruh Kenapa Nabi Muhammad Diturunkan Di Tanah Arab
kesatu, di jazirah arab trdapat rumah ibadah kesatu.. tanah syam (palestina) menggambarkan negri para nabi dan juga rasul.
kira – kira smua nabi yg prnah diutus terdapat di tanah itu. hingga – hingga kira – kira smua agama dilahirkan di tanah ini.
yahudi dan juga nasrani merupakan 2 agama besar dalam sejarah insan yg dilahirkan di negara syam (palestine)
tetapi ssungguhnya rumah ibadah prtama di wajah bumi malah tidak di syam, melainkan di jazirah arab. rumah allah (baitullah) dibuat kesatu kali di tngah gurun pasir jazirah arab.
rumah ibadah kesatu itu mnurut riwayat dibuat jauh ketika sebelum terdapatnya peradaban manusia.
merupakan para malaikat yg turun ke wajah bumi atas izin allah utk mmbangunnya meletakan watu nirwana di bakkah/mekah menyatukan titik sentra bumi segaris lurus dgn arsyi allah.
kemudian mereka bertawaf di sekitar ka’bah itu bagaikan upaya kesatu mnjadikan rumah itu bagaikan sentra peribadatan umat insan hngga hari selesai zaman menjelang.
kala adam as diturunkan ke wajah bumi di waktu shubuh, begitu kaget dan juga takutnya nabi adam memandang kondisi dunia hitam gulita.
buat mnghilangkan ketakutannya shingga nabi adam as memohon perlindungan allah dgn melakukan ritual sholat dgn 2 sujud.
hadist nabi yg diriwayatkan oleh ali ibn abi thalib, beliau brcerita: sesuatu hari kala rasul saw berbarengan ali, datanglah sekumpulan orang yahudi dan juga menanyakan ihwal ssuatu yg diperintahkan oleh allah kepada umat islam. rasulullah saw:
“shubuh, insan kesatu yang melakukan shalat merupakan nabi adam as, yaitu dikala adam diturunkan ke bumi utk mnjadi khalifah di wajah bumi mngerjakan shalat 2 rakaat, mnjelang terbit fajar.
– rakaat kesatu bagaikan ciri syukur karna trlepas dari kegelapan malam.
– rakaat ke 2, brsyukur atas hilangnya kegelapan dgn terbitnya fajar.
(dari jalan ali ibn abi thalib, diceritakan berulang ke fatimah az zahra kemudian ke sayyidah aisyah binti debu bakar as – shidiq, diriwayatkan kmbali oleh al – baihqi)
nabi adam as diturunkan di negri yg ketika ini diketahui sbagai india. sebaliknya istrinya diturunkan di erat ka’bah.
kemudian atas izin allah keduanya diprtemukan di jabal rahmah,. . sebagian km dari tempat dibangunnya ka’bah.
hingga jadilah kawasan erat ka’bah itu bagaikan tempat tinggal dini mereka dan juga ka’bah bagaikan tempat sentra peribadahan umat manusia.
dan juga di situlah peradaban segala umat insan berasal dan juga di tempat itu pula insan sejak dini sudah mngenal sbuah rumah ibadah. perihal ini ssuai dgn firman allah swt:
“sesungguhnya rumah yg kesatu dibuat utk insan beribadah merupakan rumah yg di bakkah (makkah) , yg diberkahi dan juga mnjadi petunjuk untuk manusia. (qs ali imran: 96). •
posisi strategis
jazirah arab merupakan kawasan yg mmiliki posisi strategis. apabila kita cermati peta dunia, kita hendak mndapati terdapatnya bnyak daratan yg mnjadi titik sentra peradaban manusia.
dan juga jazirah arab trletak di antara 3 daratan besar yg sejauh sejarah mnjadi sentra peradaban manusia.
sejak masa rasulullah saw, posisi jazirah arab merupakan posisi yg strategis dan juga pas berposisi di tengah – tengah brbagai sentra peradaban dunia.
terlebih lagi di masa itu, bngsa arab mngenal 2 tipe mata duit sekalian, yaitu dinar dan juga dirham. dinar merupakan tipe mata duit emas yg berlaku di barat, yaitu romawi dan juga yunani.
lagi dirham merupakan mata duit perak yg diketahui di negara timur, serupa persia. dalam literatur fiqih islam, baik dinar ataupun dirham bersama diakui dan juga digunakan bagaikan mata duit yang brlaku.
ini mnunjukkan, jazirah arab pnya susukan yg gampang, baik ke barat ataupun ke timur. terlebih lagi pula ke utara ataupun ke selatan, yaitu syam di utara dan juga yaman di selatan.
dengan demikian, kala muhammad saw dinaikan mnjadi nabi dan juga diperintahkan mnyampaikannya kepada segala umat manusia, beliau sngat trbantu dgn posisi jazirah arab, yg benar sngat strategis dan juga pas berposisi pada pertemuan smua peradaban.
coba bayangkan apabila islam diturunkan di wilayah – wilayah yg sngat jauh dari brbagai belahan dunia yg lain daratan yg terpisah dengan samudera serupa daratan australia, daratan amerika ataupun kutub utara, yg sngat hambar itu.
tentu hendak sngat lelet sekali diketahui di brbagai peradaban dunia ekspedisi bahari yg bermil – mil jauhnya.
pula tidak sanggup kita bayangkan apabila islam diturunkan di kawasan – kawasan trpencil di afrika, semisal, ataupun di daratan daratan lain yg jauh dari peradaban romawi, persia dan juga yunani. tentu islam hingga hari ini masih mngalami kendala dalam pnyebaran.
jazirah arab mmiliki susukan jalur darat dan juga bahari yg bersama brmanfaat yg mmbuat para dai islam sanggup mnelusuri kedua jalan itu dgn gampang.
hingga – hingga di era kesatu hijriyah sekalipun, islam sudah masuk ke brbagai sentra peradaban dunia.
terlebih lagi mnurut hamka, brdasarkan sumber – sumber sejarah non – barat, di era itu islam sudah smpal ke negara nusantara ini yaitu kota barus (sumatera utara) yg sebelumnya sudah diketahui oleh raja firaun mesir (gunung barus yg sediakan materi – materi kapur utk proses kimia pengawetan mumi)
akhlaq mulia
kesucian bngsa arab. stigma yg sepanjang ini trbentuk di benak masing – masing orang merupakan jikalau orang arab di masa rasulullah saw itu jahiliyyah.
keterbelakangan teknologi dan juga ilmu pngetahuan dikira bagaikan pola utuk mnjelaskan arti jahiliyyah.
sementara itu yg diartikan dgn jahiliyyah ssungguhnya bukan ketertinggalan teknologi, pula bukan kesederhanaan kehidupan sesuatu bangsa.
jahiliyyah dalam pemikiran al – qur’an merupakan lawan dari islam. hingga aturan jahiliyyah merupakan lawan dari aturan islam. antusias jahiliyyah merupakan lawan dari antusias islam.
bangsa arab dikala itu benar sedikit trbelakang scara teknologi dibanding peradaban yang lain termsuk primitif.
mereka hidup di gurun pasir yg masih murni dan juga masih banyak terrdapat lahan padang rumput utk mngembalakan ternak – ternak (padang rumput di tengah gurun diucap oase/oasis) serupa pada gambar.
dan juga hawa yg fresh jauh dari polusi peradaban kedua kawasan romawi dan juga persia. hingga brbeda dgn moralitas bangsa lain yg sudah smakin terkontaminasi oleh budaya kota, bangsa arab hidup dgn kemurnian nilai kemanusiaan yg masih asli.
hingga watak jujur, amanah, silih mnghormati, dan juga adil merupakan karakteristik mndasar sifat bangsa yg hidup erat dgn alam ini. suatu yg telah susah didapat dari bangsa lain yg hidup di tengah hiruk pikuk kota.
bagaikan pola gampang, bangsa arab mempunyai akhlaq mulia bagaikan peserta tamu. pelayanan kepada seseorang tamu, yg walaupun belum diketahui, menggambarkan penggalan dari harga diri seseorang arab sejati.
pantang untuk mereka mnyia – nyiakan tamu yg tiba. bahwa butuh smua prsediaan makan yg mereka miliki juga dikasih kepada tamu.
pantang pula untuk bangsa arab mnolak seruan orang yg kesulitan.. tetapi budaya ini smpai ke pula loh ke indonesia serupa yang saya temui bila brkunjung ke rumah sobat yg tinggal di sebagian desa dan juga kampung pnyambutan utk melayani tamu amat istimewa.
hingga santapan dalam lemari ataupun buah dari kebun – kebun mereka di hidangkan.. (dalam hati kenyang deh yg sering – sering saja bertamu ke desa sembari sanggup mnikmati keelokan alamnya dan santapan tradisioanalnya mantap)
kala bangsa lain mngalami degradasi moral serupa minum khamar dan juga mnyembah berhala, bangsa arab hnyalah mnjadi korban imbasnya dari interaksi dgn mereka.
yupz, 360 berhala yg terdapat di sekeiiling ka’bah tidak lain karna pngaruh interaksi pergaulan mereka sehabis sehabis berdagang ke negri romawi dan juga persia dgn peradaban mereka yg sangat mnggemari arca serupa tuhan – tuhan pada romawi dan juga yunani yg ketentuan budaya paganiesme.
terlebih lagi suatu berhala yg amat besar, yaitu hubal, tidak lain menggambarkan sbuah arca yg dihadiahkan kaisr nero.
hingga budaya paganisme yg terdapat di arab tidak lain hnyalah interaksi pngaruh kurang baik yg diterima bagaikan dampak dari pergaulan mereka dgn budaya romawi dan juga yunani.
watak jujur, amanah, terbuka, dan juga mnghormati sesama menggambarkan akhlaq dan juga sifat dasar yg tidak sanggup lenyap begitu saja. dan juga sifat dasar serupa ini diharapkan utk seseorang dai, terlebih generasi dai kesatu.
mereka tidak prnah terasa butuh utk mmutar balik ayat allah, sebagaimana yahudi dgn kitab tauratnya di rubah mnjadi kitab talmud dgn goresan pena tangan rabi – rabi yahudi dan juga pula nasrani melakukan perbaikan besar – besaran dgn alkitabnya.
arab yg masih lugu dan juga polos walaupun berwtak keras tetapi mereka pnya nurani yg sngat higienis dari bercak kotor.
yang mereka jalani merupakan taat, tunduk, dan juga patuh kepada apa yg allah perintahkan tidak berani bermacam-macam utk merubah ayat – ayat al – qur’an
begitu sinar dogma masuk ke dalam dada yg masih higienis dan juga suci, cahaya itu mmbentuk proyeksi dogma dan juga amal yg luar biasa.
berubah dgn watak bani israil, yg dadanya penih dgn pembangkangan dan juga gemar menewaskan para utusan allah, hingga – hingga bani israil ayat – ayat yg turun senantiasa mereka tolak dan juga para nabi yg diutus senantiasa mereka dustai.
bangsa arab meski awal mulanya menolak kenabian muhammad tetapi pada kesimpulannya segala suku quraisy di dikala dogma sudah masuk ke dalam dada seluruh kabilah – kabilah mengakui kerasulan muhammad.
dan juga cuma bangsa yg hatinya masih higienis yg sanggup mnjadi tiang pancang peradaban insan dan juga titik tolak penyebar agama terakhir ke segala penjuru dunia.
bahasa terkaya
aspek bahasa sudah mnjadi ketetapan allah swt utk mngirim nabi dgn bahasa umatnya, biar tidak trjadi kesalahan dalam komunikasi antara nabi dan juga umatnya.
tetapi di alek bahasa kesatu yg digunakan nabi adam as merupakan bahasa arab. firman allah swt dalam surah ar – rahman ayat 1 – 4:
“yang maha pemurah. mengarahkan al – qur’an. menghasilkan manusia. mengarahkan kepadanya al – bayan” (qs. ar – rahman 55: 1 – 4).
al – bayan yg dibangun oleh pangkal kata yg trdiri dari 3 huruf:. . ba, ya dan juga nun,. brmakna trik utk ekspresi yg trkandung dalam qalb, bahasa yg jelas…ke 3 abjad trsebut mnurunkan kata mubiyn dalam ayat yg berikut:
“ (al – qur’an) ini bahasa arab yang jelas” (qs. an – nahl, 16: 104).
(dari alif, ba, nun, ya, ‘ain, qaf, lam,. . ’aqala maksudnya mnganalisis dan juga mnsintesis) dapatlah disimpulkan:
allah yg maha pemurah mnciptakan manusia…khusus kepada adam, allah mngajarkan kepadanya al – bayan, yaitu bahasa yg jelas, yaitu bahasa arab. jadi nabi adam as mengenakan bahasa arab.
tetapi kala smua nabi telah terutus utk tiap – tiap umat manusia, allah mnetapkan terdapatnya nabi terakhir yg diutus utk segala umat insan dgn berulang kepada bahsa al – bayan (bahasa yg terang di pakai nabi adam as).
dan juga kelebihannya merupakan jikalau risalah yg dibawa nabi trsebut hendak senantiasa abadi hingga selesainya kehidupan di wajah bumi ini.
buat itu dibutuhkan sbuah bahasa Istimewa yg sanggup menampung data risalah scara abadi. alasannya para pengamat sejarah bahasa oke jikalau masing – masing bahasa itu mempunyai masa keberadaan yg trbatas.
melalui dari masanya, bahasa itu hendak tidak lagi diketahui orang ataupun terlebih lagi lenyap dari sejarah sama sekali.
tidak harus jauh – jauh utk mmahami perihal ini. perhatikan saja bahasa kita, bahasa indonesia.
coba kau bandingkan bahasa indonesia yg ketika ini kita pakai dan juga yg kita baca dalam brbagai goresan pena di buku – buku ataupun media yg lain dikala ini dgn bahasa indonesia ataupun bahasa melayu 50 thn yg kemudian, terlebih 100 thn yg kemudian. brbeda sekali.
yang dulu bahasa goresan pena kita tempo doeloe” perdjoangan dan juga persatoean.. kesimpulannya berbeda mnjadi bahasa nasional mnjadi “perjuangan dan juga persatuan” di masa orde gres ketika ini ini
sanggup dibayangkan gimana bahasa indonesia sebagian ratus thn yg lalu…pasti sngat susah kita pahami walaupun tentu masih terdapat bab – bab yang sanggup kita mngerti.
ataupun bahasa inggris terdapat 2 kepribadian bahasa yaitu inggris dulu sekali dan juga inggris british tiap negeri yg mnggunakan bahasa inggris dulu sekali dan juga british hendak berubah arti terjemahan maksudnya.
hingga wajib terdapat sbuah bahasa yg brsifat abadi dan juga senantiasa digunakan oleh beberapa besar umat insan sejauh masa.
bahasa itu trnyata mnurut jago bahasa merupakan bahasa arab, sbagai salah satunya bahasa yg sempat terdapat di wajah bumi yg sudah brusia ribuan thn dan juga hingga hari ini masih digunakan oleh sjumlah besar umat manusia.
bukan hnya dipakai, namun maknanya pula senantiasa sama. coba kau perhatikan, ai – qur’an yg diturunkan lebih dari 14 era yg kemudian.
maknanya scara universal dan juga segi bahasa senantiasa bisa dimengerti oleh orang yg mngerti bahasa arab di masa ketika ini sebagaimana beliau dimngerti oleh orang – orang di masa kemudian hingga orang – orang yg hidup di masa dini islam.
tentu saja utk mengerti arti yg bergotong-royong ayat – ayat al – qur’an tidak gampang, diharapkan brbagai ilmu utk itu…
tetapi ini tidak terpaut dengan masa. orang – orang ketika ini ataupun orang – orang di masa kemudian mmbutuhkan bnyak bekal ilmu utk sanggup mmahami arti ayat – ayat ai – qur’an dgn benar, tidak cukup hnya ilmu bahasa arab.
namun, sekali lagi, itu tidak terpaut dgn waktu. menyerupai itu diam-diam mngapa islam diturunkan di arab dgn seseorang nabi yg brbicara dalam bahasa arab.
sejak era nabi ibrahim as bahasa itu sudah dipakai. terlebih lagi sebagian ulama brpendapat jikalau bahasa arab merupakan bahasa umat nabi adama as insan yang kesatu.
bagaikan bahasa yg trtua di dunia, wajarlah apabila bahasa arab mmiliki jumlah kosakata yg amat besar.
para pakar bahasa sempat mngadakan riset yg mnyebutkan jikalau bahasa arab mempunyai persamaan kata (sinonim) yg amat bnyak dalam pnyebutan nama – nama barang.
semisal utk seekor unta, orang arab pnya erat 800 kata yg identik dengan unta. buat kata yg identik dgn anjing, terdapat erat 100 kata.
hingga tidak terdapat 1 juga bahasa di dunia ini yg sanggup mnyamai bahasa’arab dalam perihal kekayaan prbendaharaannya. dan juga dgn bahasa yg lengkap dan juga abadi itu pulalah agama islam di informasikan dan juga al – qur’an diturunkan.
tanpa kemajuan materiil
arab merupakan negara tnpa kemajuan materiil sebelumnya. seandainya ketika sebelum turunnya nabi muhammad saw bangsa arab sudah maju dari sisi peradaban modul, sanggup jadi orang hendak mnganggap jikalau islam hnyalah brfungsi pada sisi moral kematerrialistisme.
orang hendak berpikiran jikalau peradaban islam hnya peradaban spiritualis, yg hnya mngacu pada sisi ruhaniyah sepihak
islam diturunkan di jazirah arab, yg tidak pnya peradaban modul, kemudian seketika brhasil mmbangun peradaban modul di segala dunia, hingga tahulah orang – orang jikalau islam itu tidaklah pedoman yg bertabiat parsial, yg sepotong – sepotong belaka.
mereka percaya jikalau islam merupakan sbuah pedoman yg multidimensi…ajaran islam mngandung permasalahan modul dan juga ruhani.
kala sisi aqidah dan juga fikrah (pemikiran) bangsa arab sudah trtanam dgn islam, pedoman islam sehabis itu mngajak mereka mmbangun peradaban modul yg mnakjubkan dalam catatan sejarah manusia.
sentra – sentra peradaban dibuat bangsa – bangsa yg masuk islam dan juga mnjadikan peradaban mereka smakin maju dan juga kaya.
logikanya, apabila di tanah gersang padang pasir itu sanggup dibuat peradaban besar dgn brbekal pedoman ilmu islam, tentu mmbangun peradaban yg sudah terdapat bukan perihal susah.
karna menyerupai itu, di negeri – negeri islam yg peradaban sebelumnya sudah maju, serupa mesir, persia, dan juga india, kedatangan islam smakin memajukan peradaban mereka.
kenapa. ? karna, islam senantiasa mmpertahankan hak kepunyaan mereka yg baik dan juga hnya mnghapuskan yg bertabiat kolonialisme dan juga kapitalisme


( sumber: https: //www. facebook. com/photo. php? fbid=786977574770522 )

Advertisement