-->

Cara Menciptakan Minuman Tamarind Asam Jawa Khas Timur Tengah

Cara Menciptakan Minuman Tamarind Asam Jawa Khas Timur Tengah
Cara Menciptakan Minuman Tamarind Asam Jawa Khas Timur Tengah
Resep Minuman Tamarind/Tamarin Asam Jawa Khas Timur Tengah Segar Sederhana Spesial Asli Enak. Timur Tengah memang populer dengan kelezatan makanan yang terdiri dari masakan, makanan ringan bagus dan roti. Ternyata minumannya juga tak kalah enak, menyerupai minuman segar tamarin dari asam Jawa ini. Minuman ini cocok untuk dihidangkan sebagai sajian berbuka puasa di bulan ramadhan nanti. Ternyata minuman ini banyak mengandung khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan insan selain menyegarkan tenggorokan dan melepas dahaga atau haus.

Tamarin Asam Jawa Khas Timur Tengah Segar Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT MINUMAN TAMARIND ASAM JAWA KHAS TIMUR TENGAH
Gambar Minuman Tamarind Asam Jawa

Asam jawa atau disebut tamarind/tamarin yaitu buah yang mempunyai rasa sesuai dengan namanya. Dengan rasa asam/asem/masam, kebanyakan asam jawa dipakai sebagai bumbu dapur atau bumbu masak bahkan saus tamarin dan cara mambuat air tamarind. Namun kini penyajian asam jawa sudah bukan untuk bumbu dapur atau bumbu masak saja tetapi biasa disajikan dalam bentuk minuman segar sari asem, es, jus asem dan permen asem (tamarind candy).

10 Manfaat Asam Jawa (tamarind) Untuk Kesehatan, diantaranya :
  1. Membantu Sistem Saraf Bekerja Lebih Baik. Jika Anda sering merasa mati rasa dan otot-otot yang lemah, itu alasannya yaitu kekurangan thiamin. Kandungan Vitamin B dalam asam jawa, memainkan tugas utama dalam fungsi badan termasuk saraf dan acara otot.
  2. Menjaga Kesehatan Tulang. Dengan mengkonsumsi asam jawa, secara alami Anda meningkatkan asupan magnesium. Beberapa penelitian telah menawarkan bahwa orang yang mengkonsumsi potasium tinggi dan magnesium mempunyai kepadatan tulang yang lebih baik daripada yang tidak.
  3. Membantu Mencegah Sembelit. Tamarind atau asam jawa juga merupakan sumber serat yang tinggi, serat membantu mengatasi sembelit dan menjaga kelancaran pencernaan.
  4. Mengontrol Tekanan Darah. Setiap 100 gram asam mengandung 2 kali lebih banyak kalium dibandingkan pisang. Kalium membantu mengontrol tekanan darah dengan mengontrol dampak natrium pada tubuh.
  5. Mencegah Anemia. Dengan kandungan zat besi yang tinggi, mengkonsumsi asam sanggup membantu Anda melawan anemia.
  6. Mengontrol Kadar Kolesterol. Selain thiamin, asam yaitu sumber yang baik dari niacin. Niasin sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.
  7. Membantu Untuk Menghasilkan Energy. Riboflavin dalam asam jawa akan membantu melepaskan energi dari karbohidrat.
  8. Membantu Proses Pembekuan Darah Tamarind yaitu buah yang kaya akan kalsium. Kalsium ( dengan pemberian vitamin K ) mempunyai tugas besar dalam proses pembekuan darah pada luka.
  9. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi. Gigi rusak atau perdarahan gusi sanggup menjadi tanda kekurangan vitamin C dalam badan kita. Tamarind berisi beberapa vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut sebanyak 6 %.
  10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh. Di antara semua buah-buahan dan sayuran, asam jawa yaitu sumber tertinggi dari protein. Protein sanggup menghasilkan antibodi yang membantu membasmi virus dan bakteri.

Berikut kumpulan belakang layar aneka kreasi dan variasi olahan resepi minuman tamarin khas timur tengah yang segar sehat dan bergizi sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, gampang dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis minuman segar dari asem Jawa.

RESEP MINUMAN TAMARIND ASAM JAWA


BAHAN :
  • 1 cangkir buah asam Jawa
  • 8 gelas air
  • 2 sdt air mawar
  • Gula, sesuai selera)
CARA MEMBUAT MINUMAN TAMARIND ASAM JAWA :
  1. Cuci buah asam Jawa dengan air mengalir, kupas kulitnya kemudian ambil daging buahnya.
  2. Tempatkan buah asam Jawa dalam panci bersama 2 gelas air, masak sampai mendidih.
  3. Diamkan sampai masbodoh dan kemudian tambahkan sisa air. Saring memakai kain kasa. Peras buah asam sampai semua jusnya keluar.
  4. Simpan dalam lemari es. Setelah dingin, tuang dalam gelas saji dengan embel-embel gula dan beberapa tetes air mawar.
  5. Sajikan masbodoh atau pakai es batu.
Advertisement