-->

Cara Menciptakan Wajik Kletik Kacang Hijau Kering

Cara Menciptakan Wajik Kletik Kacang Hijau Kering
Cara Menciptakan Wajik Kletik Kacang Hijau Kering
media-enam - Resep Wajik Kletik Kacang Ijo Khas Sunda, Bandung, Jawa Barat Sederhana Spesial Legit Asli Enak Warna Warni Pelangi (Rainbow). Kue wajik kacang hijau khas Sunda memang yang paling yummy dan legit sekali rasanya. Wajik kering ini dapat terbuat dari beras ketan putih, ketan hitam, kacang merah, dan kacang ijo/hijau sebagai materi utamanya dan boleh juga dicampur kedua materi utama atau materi dasar gabungan atau kombinasi ketan putih dengan kacang hijau. Rasanya anggun legit dan paling yummy dijadikan cemilan. Wajik kletik bungkus kertas minyak atau bungkus kulit jagung dapat Anda kembangkan dengan aneka rasa buah, contohnya wajik kletik sirsak, nanas, mangga, durian/duren, wajik kletik kelapa, dan rasa buah lainnya.

 Resep Wajik Kletik Kacang Ijo Khas Sunda CARA MEMBUAT WAJIK KLETIK KACANG HIJAU KERING
Gambar Wajik Kletik Kacang Ijo Khas Bandung

Menurut situs Wikipedia. Wajik kletik ialah masakan ringan anggun yang diakui khas dari Blitar tapi ada juga versi khas Bandung atau Sunda, Jawa Barat. Wajik kletik atau klethik dalam bahasa Jawa Timur, Jawa Tengah, Klaten, dan Jogja yang juga mempunyai materi utama yang sama dengan wajik ketan yaitu beras ketan atau tepung ketan untuk pembuatan wajik kletik tepung ketan. Bedanya wajik kletik dengan wajik ketan adalah, wajik kletik dibungkus kecil-kecil memakai kulit jagung atau klobot seakan-akan dengan wajit Cililin. Kulit jagung akan disetrika supaya terbebas dari kuman sehingga wajik menjadi lebih tahan usang untuk disimpan tidak cepat wangi tengik atau untuk dijadikan buah tangan khas tempat yang unik dan menarik. Namun ada juga wajik kletik yang dibungkus kertas minyak tapi rasanya hampir sama. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi wajik kletik ketan hijau kering/basah menu sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis jajan pasar tradisional atau aneka masakan ringan anggun berair khas Indonesia.

RESEP WAJIK KLETIK KACANG HIJAU


BAHAN :
  • 1 1/2 gelas blimbing beras ketan/kacang hijau
  • 2 kg gula pasir untuk wajik kletik gula pasir atau gula putih, dapat diganti dengan gula merah untuk wajik kletik gula merah
  • 2 butir kelapa sedang besarnya, jangan terlalu tua
  • Gara sejumput
BAHAN PELENGKAP :
  • Kertas minyak, yang dipotong kecil-kecil sekitar 7 cm x 7 cm atau sesuai selera
CARA MEMBUAT WAJIK KLETIK KACANG HIJAU :
  1. Cuci dan kukus beras ketan hingga tanak, tetapi jangan kelembekan. Kalau pakai kacang hijau, kacang hijau dicuci dan direndam semalam, paginya dicuci lagi dan direbus hingga masak, kemudian dihancurkan.
  2. Kelapa diparut dan buang kulit arinya.
  3. Gula, garam dan kelapa dicampur di wajan dan kasih air 1/4 gelas, masak hingga mendidih
  4. Masukkan ketan/kacang hijau yang sudah dimasak tadi, sambil diaduk-aduk.
  5. Masak terus hingga air kering. Angkat.
  6. Selagi panas bungkuslah dengan kertas minyak semoga supaya gampang untuk membentuknya , lakukan hingga selesai.
  7. Bila belum final gabungan sudah masbodoh dapat dipanaskan lagi dan dilanjutkan membungkusnya.
  8. Sajikan atau siap dijual.
Advertisement