-->

Pernah Zina Dan Ingin Taubat? Ini Tata Cara Melaksanakan Sholat Taubat Nasuha

Pernah Zina Dan Ingin Taubat? Ini Tata Cara Melaksanakan Sholat Taubat Nasuha
Pernah Zina Dan Ingin Taubat? Ini Tata Cara Melaksanakan Sholat Taubat Nasuha
sempat zina dan juga mau taubat? ini tata trik melaksanakan sholat taubat nasuha
tiap insan tentu memiliki kesalahan dan juga tentu tidak luput dari dosa.
hingga dari itu ayo kita bertaubat mulai detik ini pula.. . !
dosa – dosa yang telah dicoba baik itu dosa kecil ataupun besar, baik itu terjadwal ataupun tidak terencana, seluruhnya telah tercatat dan juga nanti hendak dimintai pertanggung jawaban.
kemudian apa yang wajib dicoba semoga dosa – dosa menurun terlebih lagi lenyap. salah satunya jalur merupakan taubat. allah yang maha pengampun hendak mengampuni seluruh dosa – dosa seseorang hamba yang bertaubat. berikut ini kami kemukakan sebagian perkara berkenaan dengan taubat nasuha.
hadist hadist ihwal zina
hebatnya taubat dalam menghapus maksiat dan juga dosa zina manusia
telah di informasikan sebagian firman allah swt dan juga hadits yang shahih ihwal larangan berbuat zina, gampang – mudahan dengan uraian ini kita sanggup mengamalkannya dan juga kita terhindari dari perbuatan zina.
hadits 1
لا يحل دم امرئ مسلم ، يشهد أن لا إله إلا الله وأني رسول الله ، إلا بإحدى ثلاث : النفس بالنفس ، والثيب الزاني ، والمفارق لدينه التارك للجماعة
“seorang muslim yang bersyahadat tidak halal dibunuh, kecuali 3 tipe orang: ‘pembunuh, orang yang sudah menikah kemudian berzina, dan juga orang yang keluar dari islam‘” (hr. bukhari nomor. 6378, muslim nomor. 1676)
catatan: para ulama menarangkan kalau hak menewaskan 3 tipe orang di mari tidak ada pada seluruh orang.
hadits 2
إن من أشراط الساعة : أن يرفع العلم ويثبت الجهل ، ويشرب الخمر ، ويظهر الزنا
“tanda – tanda datangnya simpulan zaman antara lain: ilmu agama mulai lenyap, dan juga kebodohan terhadap agama menggila, banyak orang minum khamr, dan juga banyak orang yang berzina terperinci – terangan” (hr. bukhari nomor. 80)
hadits 3
ان رجلا من أسلم ، جاء النبي صلى الله عليه وسلم فاعترف بالزنا ، فأعرض عنه النبي صلى الله عليه وسلم حتى شهد على نفسه أربع مرات ، قال له النبي صلى الله عليه وسلم : ( أبك جنون) . قال : لا ، قال : ( آحصنت ) . قال : نعم ، فأمر به فرجم بالمصلى ، فلما أذلقته الحجارة فر ، فأدرك فرجم حتى مات. فقال له النبي صلى الله عليه وسلم خيرا ، وصلى عليه
“ada seseorang lelaki, yang sudah masuk islam, tiba kepada nabi shallallahu’alaihi wasallam mengakui pribadinya berbuat zina. nabi berpaling darinya hingga lelaki tersebut mengaku hingga 4 kali. sehabis itu beliau bertanya: ‘apakah engkau edan? ’. beliau menanggapi: ‘tidak’. sehabis itu beliau bertanya lagi: ‘apakah engkau sempat menikah? ’. beliau menanggapi: ‘ya’. sehabis itu beliau memerintah semoga lelaki tersebut dirajam di lapangan. kala watu dilemparkan kepadanya, beliau juga lari. beliau dikejar dan juga terus dirajam hingga mati. sehabis itu nabi shallallahu’alaihi wasallam berkata perihal yang baik tentangnya. sehabis itu menshalatinya” (hr. bukhari nomor. 6820)
hadits 4
لا يزني الزاني حين يزني وهو مؤمن
“pezina tidak dikatakan mu’min kala beliau berzina” (hr. bukhari nomor. 2475, muslim nomor. 57)
hadits 5
تغريب الزاني سنة
“mengasingkan pezina itu sunnah” (hr. ibnu hazm dalam angkatan maritim (AL) muhalla, 8/349)
hadits 6
قال أبو هريرة : الإيمان نزه فمن زنا فارقه الإيمان ، فمن لام نفسه وراجع راجعه الإيمان
bubuk hurairah mengatakan: “‘iman itu suci. orang yang berzina, dogma meninggalkannya. bila beliau menyesal dan juga bertaubat, imannya kembali‘” (hr. ibnu abi syaibah dalam syu’abul iman, di – shahihkan angkatan maritim (AL) albani dalam takhrij angkatan maritim (AL) iman, 16)
hadits 7
إن اللهَ كتب على ابنِ آدمَ حظَّه من الزنا ، أدرك ذلك لا محالةَ ، فزنا العينِ النظرُ ، وزنا اللسانِ المنطقُ ، والنفسُ تتمنى وتشتهي ، والفرجُ يصدقُ ذلك كلَّه أو يكذبُه
“sesungguhnya allah telah menakdirkan kalau pada tiap anak adam memiliki penggalan dari perbuatan zina yang tentu terjalin dan juga tidak bisa jadi dihindari. zinanya mata merupakan penglihatan, zinanya verbal merupakan perkataan, sebaliknya nafsu (zina hati) merupakan berkeinginan dan juga berangan – angan, dan juga kemaluanlah yang membetulkan ataupun mengingkarinya” (hr. angkatan maritim (AL) bukhari 6243).
dengan menghapuskan dosa dosa yang sempat dicoba sebagian orang melaksanakan sholat taubat. shalat taubat merupakan shalat sunnah yang dicoba seseorang muslim dikala mau bertobat terhadap kesalahan yang sempat beliau jalani.
shalat taubat dilaksanakan 2 rakaat dengan waktu yang leluasa kecuali pada waktu yang diharamkan buat melaksanakan shalat (amati pada shalat sunnat).
sehabis itu buat waktu mengerjakan shalat taubat nasuha terdapat baiknya dikerjakaan dikala malam tiba sehabis shalat isya hingga – hingga kau sanggup mengerjakan shalat sunnah ini dengan khusyu dan juga tenang.
tetapi waktu shalat taubat pula sanggup dicoba dikala siang dan juga malam hari cuma aja kau wajib mencermati waktu – waktu yang dihentikan buat melaksanakan shalat sunnah.
trik shalat taubat yang betul – betul nasuha seorang diri sama persis dengan trik shalat taubat pada lazimnya yang dilengkapi dengan teks hasrat shalat, suratan angkatan maritim (AL) fatihah, surat2 dan juga salam.
serupa teks tahlil sehabis itu perbanyaklah membaca teks istighfar yang dibaca minimun 100 kali karna khasiat dari teks istighfar itu seorang diri merupakan buat meminta ampunan kepada allah swt.
sholat taubat nasuha
secara bahasa taubat maksudnya berulang, sedangkan secara sebutan taubat berarti berulang kepada allah, berulang pada syariat – nya, mengakui seluruh wujud kesalahannya dan juga menyesalinya, dan berjanji tidak hendak mengulanginya berulang.
allah berfirman,
يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ تُوبُوٓاْ إِلَى ٱللَّهِ تَوۡبَةً۬ نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمۡ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمۡ سَيِّـَٔاتِكُمۡ وَيُدۡخِلَڪُمۡ جَنَّـٰتٍ۬ تَجۡرِى مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَـٰرُ يَوۡمَ لَا يُخۡزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مَعَهُ ۥ‌ۖ نُورُهُمۡ يَسۡعَىٰ بَيۡنَ أَيۡدِيہِمۡ وَبِأَيۡمَـٰنِہِمۡ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتۡمِمۡ لَنَا نُورَنَا وَٱغۡفِرۡ لَنَآ‌ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ ڪُلِّ شَىۡءٍ۬ قَدِيرٌ۬
” hai orang – orang yang beriman, bertaubatlah kepada allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni – murninya). gampang – mudahan rabbmu hendak menutupi kesalahan – kesalahanmu dan juga memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai – sungai, pada hari kala allah tidak menghinakan nabi dan juga orang – orang mukmin yang berbarengan ia; lagi sinar mereka memancar di hadapan dan juga di sebelah kanan mereka, sembari mereka berkata: “ya rabb kami, sempurnakanlah untuk kami sinar kami dan juga ampunilah kami; bahwasanya engkau maha kuasa atas seluruh sesuatu”. (qs. at tahrim : 8)
perhatikan pada ayat diatas, dimana tidak hanya allah menyarankan buat melaksanakan taubat nasuha pula menjanjikan untuk siapa juga yang bertaubat dengan syurga – nya. karna itu kita sanggup mengerti bila tidak hanya dari kebutuhan kita, bertaubat juga mesti jadi kemauan kita hendak pahala yang telah allah janjikan melaluinya.
berikut tata trik dalam melangsungkan sholat taubat nasuha
tata trik sholat taubat sama dengan sholat sunnah yang lain cuma yang membedakan merupakan hasrat dari sholat tersebut.
hasrat sholat taubat
hasrat sholat taubat merupakan :
أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي
“ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala. ”
maksudnya “saya hasrat shalat sunnah taubat 2 rokaat karna allah. ”
teks dalam sholat taubat
intinya tidak terdapat syarat yang mengharuskan kita membaca teks Istimewa sehabis membaca al – fatihah dalam sesuatu ibadah sholat, jadi kita sanggup membaca ayat – ayat al – qur’an manapun yang kita hafal. semisal aja pada rakaat kesatu kita membaca goresan pena al – kafirun dan juga pada rakaat yang kedua kita membaca goresan pena al – ikhlas.
teks dzikir dan juga do’a sehabis sholat taubat
sehabis sholat sunnah taubat, diajarkan untuk sang pelaksana buat perbanyak membaca istighfar yang diperuntukan buat meminta ampunan dari allah swt. dari bubuk bakar radiyallahu’anhu, bahwasannya rosulullah sholallahu alaihi wassalam bersabda :
عَلَيْكُمْبِلاَإِلَهَإِلاَّاللهُوَالاِسْتِغْفَارِفَاكْثِرُوْامِنْهُمَافَإِنَّإِبْلِيْسَقَالَ : أَهْلَكْتُالنَّاسَبِالذُّنُوْبِوَأَهْلَكُوْنِيبِلاَإِلَهَإِلاَّاللهُوَالْاِسْتِغْفَارِفَلَمَّارَأَيْتُذَلِكَأَهْلَكَأَهْلَكْتُهُمْبِالْأَهْوَاءِفَهُمْيِحْسَبُوْنَأَنَّهُمْمُهْتَدُوْنَ
artinya
“hendaklah kau membaca laailaaha illallah dan juga istigfar kemudian perbanyaklah membaca keduanya karna iblis menyampaikan : “aku telah membinasakan insan dengan dosa sebaliknya mereka membinasakanku dengan laailaaha illallah, istigfar, kemudian tatkala saya mengenali demikian hingga saya binasakan mereka dengan (menjajaki) hawa nafsu hingga kesimpulannya mereka menyangka dan juga terasa kalau bahwasanya mereka itu lagi memperoleh petunjuk (dan juga lagi berposisi diatas kebenaran). ” (hr. al – imam al – hafidz ibnu ya’la)
ada juga teks istighfar tersebut merupakan :
أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لا إلَهَ إلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأتُوبُ إلَيْه
“astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi. ”
maksudnya “aku memohon pengampunan kepada allah yang tidak terdapat yang kuasa tidak hanya ia yang maha hidup dan juga bangkit seorang diri dan juga saya bertaubat kepadanya. ”
sebaiknya teks istighfar tersebut diucapkan sebanyak 100 kali.
perbanyak membaca tasbih
سُبْحَانَ اللّهِ وَ بِحَمْدِهِ
“subhanallahi wa bihamdihi. ”
maksudnya “maha suci allah dan juga seluruh puji bagi – nya. ”
membaca do’a
اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ. اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ. سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ
artinya
“ya alloh bahwasanya hamba meminta kepada – mu taufiq (pertolongan) nya orang – orang yang memperoleh petunjuk (anugerah) , dan juga perbuatannya orang – orang yang bertaubat, dan juga cita – cita orang – orang yang tabah, dan juga intensitas orang – orang yang cemas, dan juga pencariannya orang – orang yang cinta, dan juga ibadahnya orang – orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’) , dan juga ma’rifatnya orang – orang berakal hingga – hingga hamba cemas kepada – mu. ya alloh bahwasanya hamba meminta kepada – mu kerasa cemas yang membentengi hamba dari durhaka kepada – mu, hingga – hingga hamba menunaikan keta’atan kepada – mu yang berhak memperoleh ridho – mu hingga – hingga hamba tulus kepada – mu dalam bertaubat karna cemas pada – mu, dan juga hingga – hingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk – mu karna cinta kepada – mu, dan juga  hingga – hingga hamba berserah diri kepada – mu dalam seluruh urusan, dan juga hamba meminta baik sangka kepada – mu. maha suci dzat yang menghasilkan sinar. ”
اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لّا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ،
وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتَ،
أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتَ،
أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ،
وَأَبُوءُ بِذَنْبِي فَاغْفِر لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ
“allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu – u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu – u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta. ”
artinya
“ya allah engkau merupakan tuhanku, tidak terdapat sesembahan yang haq kecuali engkau, engkau yang menciptakanku, lagi saya merupakan hamba – mu dan juga saya diatas jalinan akad – mu dan juga hendak melakukannya dengan semampuku, saya berlindung kepadamu dari seluruh kejahatan yang telah saya perbuat, saya mengakui – mu atas nikmat – mu terhadap diriku dan juga saya mengakui dosaku pada – mu, hingga ampunilah saya, bahwasanya tiada yang mengampuni seluruh dosa kecuali engkau. ”
terpaut dengan do’a yang kedua, rosulullah sholallahu alaihi wassalam sempat bersabda :
مَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوقِنًا بِهَا ، فَمَاتَ مِنْ يَوْمِهِ ، قَبْلَ أَنْ يُمْسِىَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ ، وَهُوَ مُوقِنٌ بِهَا ، فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ
artinya
“barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) disiang hari dalam kondisi percaya dengannya sehabis itu ia mati pada hari itu dikala sebelum petang hari, hingga ia tercantum penduduk syurga dan juga siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam kondisi ia percaya dengannya, sehabis itu ia mati dikala sebelum shubuh hingga ia tercantum penduduk syurga. ” (hr. al – bukhari)
sehabis melaksanakan sholat taubat, hingga dianjurkan buat diiringi dengan melaksanakan bermacam amal kebaikan, dan juga wujud amal kebaikan yang amat utama merupakan sedekah. kenapa demikian? karna sedekah menggambarkan sebab terbanyak terhapusnya dosa – dosa seorang. sebagaimana firman allah swt berikut :
وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآَمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدَى
artinya
“dan bahwasanya saya maha pengampun untuk orang yang bertaubat, beriman, berinfak saleh, sehabis itu senantiasa di jalur yang benar. ” (qs thaha ayat 82)
إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ
artinya
“jika kalian menampakkan sedekah (mu) , hingga itu merupakan baik sekali. dan juga bila kalian menyembunyikannya dan juga kalian bagikan kepada orang – orang fakir, hingga menyembunyikan itu lebih baik bagimu. dan juga allah hendak menghapuskan dari kalian sebagian kesalahan – kesalahanmu; dan juga allah mengenali apa yang kalian kerjakan. ” (qs. al – baqarah ayat 271)
rosulullah sholallhu alaihi wassalam sempat bersabda :
ثَلاَثٌأَقْسِمُعَلَيْهِنَّ : مَانَقَصَمَالٌمِنْصَدَقَةٍوَمَازَادَاللهُعَبْدًابِعَفْوٍإِلاَّعِزًاوَمَنْتَوَاضَعَلِلهِرَفَعَهُاللهُ
artinya
“ada 3 problem yang saya berani bersumpah atasnya. yakni : ”tidak hendak menurun harta dengan sebab sedekah, dan juga bukanlah allah subhanahu wa ta’ala meningkatkan kepada hamba dengan sebab ia pemaaf melainkan kemulian dan juga barangsiapa yang berlagak tawadhu karna allah subhanahu wa ta’ala, hingga allah subhanahu wa ta’ala hendak mengangkut dan juga meninggikan (derajat kemuliaan – nya). ”



Sumber :
wajibbaca .com
Advertisement