-->

Cara Menciptakan Pudak Gresik

Cara Menciptakan Pudak Gresik
Cara Menciptakan Pudak Gresik
Resep Pudak Gresik Lengkap Sederhana Spesial Asli Enak. Jajanan masakan ringan anggun atau masakan khas Gresik, Jawa Timur ini dikemas dengan memakai OPE atau kulit dari pohon lontar semakin nikmat rasanya dan aroma yang khas Pudak Gresik. Pada awalnya terdapat 3 macam pudak antara lain; pudak putih (berbahan gula pasir), pudak merah (berbahan gula merah), dan pudak sagu (berbahan sagu).

 Resep Pudak Gresik Lengkap Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT PUDAK GRESIK
Gambar Pudak Gresik Putih

Kemasan masakan ringan anggun pudak ini mempunyai bentuk yang khas alasannya yaitu materi pembungkusnya yang mulai sulit didapatkan dan proses pembuatan pun tidak sederhana. Sebelumnya digunakan, pangkal daun pinang harus disamak terlebih dahulu untuk memisahkan kulit dalam dan kulit luar. Untuk membungkus pudak, hanya kulit bab dalam yang dipakai alasannya yaitu lebih tebal dan halus sedangkan kulit bab luar dibuang.

Menurut situs Wikipedia. Pudak yaitu masakan atau masakan ringan anggun Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Makanan ini terbuat dari materi tepung beras, gula pasir/gula jawa dan santan kelapa yang dimasukkan kemasan yang disebut "Ope" yaitu pelepah daun pinang.

Pudak juga ada yang berbahan sagu dan disebut Pudak Sagu. Pada perkembangannya, ragam pudak tidak terbatas 3 rasa macam saja ibarat sebelumnya: pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu malah kini ada pudak jagung dari materi jagung. Oleh kreatifitas pembuat masakan ringan anggun pudak untuk merebut pasar, maka ragam dan rasa pudak pun bertambah, diantaranya pudak pandan yang berwarna hijau dan harum alasannya yaitu adonan sari daun pandan.

Disamping rasa yang khas, bentuk kemasan pudak tidak ada yang menyamai di antara jajanan manapun. Dari materi yang sudah mulai langka, pembuatannya pun tidak sederhana. Pangkal pelepah daun pinang harus disamak lebih dahulu untuk memisahkan kulit luar dan kulit dalam. Kulit bab dalam inilah yang dimanfaatkan. Setelah dibersihkan dan dipotong-potong sesuai ukuran, kemudian dilipat dan dijahit dengan alur ibarat abjad L tanpa sudut, sehingga sisi dan dasarnya tertutup dan membentuk ruang ibarat gelas. Setelah adonan dituangkan, ujung kemasan yang terbuka dikuncupkan dan diikat. Baru dikukus. Berikut kumpulan belakang layar aneka kreasi dan variasi olahan resepi pudak menu sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka pudak buah tangan khas Gresik.

RESEP PUDAK GRESIK


BAHAN :
  • 500 gram tepung beras selep (beras direndam semalaman tiriskan dan jadikan tepung)
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gram sari daun pandan suji
  • 1400 gram santan kelapa dari 2 butir kelapa
CARA MEMBUAT PUDAK GRESIK :
  1. Didihkan santan 1000 gram, sisihkan.
  2. Campur tepung beras,gula,garam,air daun pandan suji.
  3. Siram dengan santan panas aduk sampai rata lumer halus tidak bergerindil sesudah rata masukkan santan hirau taacuh dan vanili.
  4. Masukkan/Cetak dalam OPE kukus sampai 1 jam.
  5. Biarkan dingin, ikat kemudian gantung pudak.
  6. Sajikan.
Advertisement