-->

7 Tips Ampuh Menjaga Indera Pendengaran Tetap Sehat

7 Tips Ampuh Menjaga Indera Pendengaran Tetap Sehat
7 Tips Ampuh Menjaga Indera Pendengaran Tetap Sehat
   Telinga menjadi salah satu indera yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia. Tanpa keberadaan indera tersebut, maka secara otomatis menjadikan seseorang menjadi bisu. Dikarenakan tidak ada bunyi yang mereka tangkap atau dengar. Seperti yang sudah kita ketahui, pendengaran mempunyai banyak sekali susunan yang mana mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Seperti daun pendengaran yang mempunyai fungsi mengarahkan bunyi ke lubang pendengaran yang akan diteruskan ke bab dalam pendengaran yang akan dikirimkan ke ota. Sehingga otak sanggup menerjemahkan banyak sekali bunyi tersebut. Untuk itulah, penting kiranya tips untuk menjaga pendengaran tetap sehat. Lalu, apa saja tips menjaga pendengaran tetap sehat.....???.

   Sahabat, tips kesehatan. Tak adil rasanya, kita mengabaikan kesehatan indera pendengaran tersebut. Padahal indera pendengaran menjadi bab yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tanpa anda sadari, kebiasaan dan acara sehari-hari justru menciptakan berkurangnya kemampuan menangkap banyak sekali bunyi yang masuk ke indera pendengaran. Berikut tips menjaga pendengaran tetap sehat : 
  1. Usahakan untuk menghindari banyak sekali bunyi yang mempunyai tingkat kebisingan yang terlalu tinggi. Suara-suara yang terlampau tinggi tersebut menyerupai bunyi gergaji mesin, bunyi musik yang terlalu keras dan lain-lain.
  2. Usahakan untuk merubah banyak sekali kebiasaan yang sanggup mengurangi kemampuan mendengar anda. Seperti suka mendengarkan musik dengan headset atau mengeraskan volume bunyi musik ke level maksimal.
  3. Usahakan untuk tidak berlama-lama berada di sebuah kawasan yang mempunyai tingkat kebisingan yang terlampau tinggi. Dalam hal ini, segeralah berpindah dari tempat-tempat yang memekakkan pendengaran anda tersebut.
  4. Jika anda harus berada di suatu kawasan yang mempunyai tingkat kebisingan yang tinggi, maka ada baiknya memakai penyumbat pendengaran yang sanggup mengurangi kerasnya bunyi yang masuk ke lubang telinga.
  5. Ada fakta unik ialah terdapat korelasi antara kebiasaan merokok dengan penurunan daya dengar seseorang. Dalam hal ini, jikalau seseorang mempunyai kebiasaan merokok, maka indera pendengarannya akan mengalami penurunan pula dari waktu ke waktu.
  6. Mulai sekarang, jangan membersihkan bab dalam pendengaran dengan kapas. Ini dikarenakan, akan malah mendorong lapisan lilin yang berada di lubang telinga, masuk lebih dalam dan menyumbat lubang pendengaran anda. Sehingga mempengaruhi kemampuan mendengar seseorang.
Artikel Kesehatan Lainnya....
   Demikianlah tips kesehatan yang mengulas beberapa tips ampuh menjaga pendengaran tetap sehat. Semoga sanggup bermanfaat dan mempunyai kegunaan bagi pembaca blog ini. Sumber : webmd. Image courtesy of marin at FreeDigitalPhotos.net
Advertisement