-->

Cara Menciptakan Kolak Durian Ketan

Cara Menciptakan Kolak Durian Ketan
Cara Menciptakan Kolak Durian Ketan
Resep Kolak Durian Ketan Santan Sederhana Spesial Asli Enak. Makanan kolak biasanya menggunakan materi baku pisang, labu kuning, singkong, candil, biji salak, kacang hijau/kacang ijo, dan ubi ternyata sanggup juga menggunakan materi ketan putih/ketan hitam dan durian dari buah duren. Rasanya anggun dan pastinya ingin nambah lagi. Hidangan kolak durian ini cocok juga sebagai sajian buka puasa pada bulan pahala ramadhan nanti.

 Resep Kolak Durian Ketan Santan Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KOLAK DURIAN KETAN
Gambar Kolak Durian Ketan Putih Santan

Apalagi kini sedang isu terkini duren yang harganya relatif murah mulai harga 10.000 per buah di Bandung kita sudah sanggup buah durian yang anggun dan legit yang baunya harum semerbak. Buah durian selain sanggup eksklusif dinikmati sanggup juga diolah menjadi jajanan atau adonan makanan bahkan minuman. Bagi pecinta durian niscaya suka. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi kolak durian santan sajian sedap lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan aneka kolak durian campur.

RESEP KOLAK DURIAN KETAN


BAHAN 1 :
  • 150 gram beras ketan, basuh dan rendam kurang lebih 3 jam, tiriksan (boleh pake ketan putih atau ketan hitam untuk resep kolak durian ketan hitam)
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml santan encer
BAHAN 2 :
  • 200 gram durian matang (boleh gunakan durian montong, durian Medan untuk resep kolak durian khas Medan, durian Bangkok, durian Bengkulu, durian Kalimantan, durian Padang, durian Palembang, dsb)
  • 500 ml santan kental
  • 100 gram gula merah
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT KOLAK DURIAN KETAN :
  1. Kukus ketan yang sudah direndam, selama 20 menit (1/2 matang), angkat. Tuang ke baskom, tuangi santan encer, garam, dan daun pandan. Kukus kembali sampai matang, angkat dan tiriskan.
  2. Masak santan, gula merah, dan garam sampai mendidih sambil diaduk-aduk semoga santan tidak pecah.
  3. Masukkan durian, kecilkan api, masak sampai santan mendidih kembali.
  4. Siapkan mangkuk saji, beri ketan kukus secukupnya (1/5 bagian) siram dengan kolak durian.
  5. Sajikan.
Advertisement