-->

[Info] Peluang Berwirausaha Cerdas Dan Kreatif Bersama Gerakan Ampuh Dan Kemenkop Ukm

[Info] Peluang Berwirausaha Cerdas Dan Kreatif Bersama  Gerakan Ampuh Dan Kemenkop Ukm
[Info] Peluang Berwirausaha Cerdas Dan Kreatif Bersama  Gerakan Ampuh Dan Kemenkop Ukm



Tingkat pengganguran di Indonesia meningkat 320 ribu jiwa semenjak Agustus 2015 dari tahun 2014 kemudian menurut data Badan Pusat Statistik. Untuk itu salah satu langkah untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia yaitu dengan menumbuhkan perjuangan mikro, kecil dan menengah (UMKM). Di kurun MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) kita harus bisa memanfaatkan internet dan dunia digital dalam berwirausaha dan bersaing cerdas dan kreatif dengan wirausaha lainnya.

Dimas Oky N. - doc.RGP

Dimas Oky Nugroho salah seorang pengagas Gerakan AMPUH (Anak Muda Punya Usaha) menyatakan sudah saatnya Indonesia memperlihatkan perhatian yang super serius dengan kebangkitan kaum muda kreatif untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. “Hanya anak muda yang berjiwa entrepreuner yang bisa membawa perubahan dan membawa bangsa ini kompetitif di kurun globalisasi khususnya MEA. Dengan berwirausaha disitulah bekerjsama nasionalisme belum dewasa muda berwujud”, ujar Dimas pada Forum Berbagi Info yang diadakan oleh Gerakan AMPUH yang mengusung tema “Anak Muda Kreatif dan UMKM Digital” bersama Indoblognet pada pekan kemudian di Bakoel Koffie Cikini.

Diakui Dimas, belum dewasa muda Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan belum dewasa muda negara maju sekalipun dalam hal industri kreatif.” Kunci bagi kebangkitan Indonesia ke depan yaitu anak muda, wirausaha dan (ber) komunitas. Jiwa entrepreuner ini selaras dengan semangat sejati para pendiri republik yang ingin melihat Indonesia lebih merdeka, adil dan sejahtera”, ujar Dimas.

Aku langsung setuju dengan anutan Dimas, kita yang muda dihentikan kalah bersaing di kurun serba digital dan internet ini. Berkat internet, siapapun dan di negara manapun seseorang itu berada, info bisa bisa diakses dengan mudah.  Itu kenapa saya berterimakasih kepada Indoblognet sudah mengundangku dalam lembaga tersebut untuk menyerap banyak info yang bermanfaat bagi calon wirausaha sepertiku ini.

Kementerian Koperasi dan UKM berharap pada Gerakan AMPUH
Hadir dalam lembaga untuk membagikan informasinya yaitu Braman Setyo dari Kementerian Koperasi dan UKM. Braman Setyo selama ini concern di UKM yang akan membantu calon wirausaha dan berharap dengan adanya gerakan AMPUH bisa menjadi ruang mediasi antara wirausaha dengan pemerintah. Braman memberikan bahwa Presiden Joko Widodo menginginkan 1 juta UKM di bidang wirausaha digital sedangkan Pemerintah menghadapi hambatan dalam mengembangkan dan membangun UKM di Indonesia, hambatan pertama yaitu sumber daya insan yang kurang. “Jika banyak yang ingin berwirausaha tetapi merasa tidak memiliki kemampuan berdagang, Kemenkop UKM akan bahagia hati memperlihatkan training UKM. Kemenkop mengajak gerakan AMPUH semoga bisa mengirimkan surat ke Kemenkop UKM untuk mendapat training wacana UKM bagi teman-teman yang tergabung dalam gerakan AMPUH,” ujar Braman antusias.

Peluang Baik Bagi Calon Wirausaha di Tahun 2017 dari Kemenkop UKM
Braman Setyo (kanan) - doc.RGP
Kemenkop UKM akan memfasilitasi sekitar 400 wirausaha di tahun 2016 dan sasaran 6.200 pelaku perjuangan untuk tahun 2017 mendatang. Hal ini dikarenakan pada tahun 2017 segmen wirausaha pemula kreatif menjadi salah satu sasaran utama Kemenkop UKM. Sadar akan hambatan kedua dalam pengembangan UKM yaitu Modal maka Kemenkop UKM mempersiapkan hal berikut yang bisa mempermudah calon wirausaha (UMKM) memulai usahanya di tahun 2017:
1.      Maksimal startup capital yang akan diterima pelaku perjuangan yaitu sebesar Rp. 20 juta per orangnya.
2.      Mekanisme tawaran dan persyaratan melalui sistem e-proposal
3.      Mekanisme penyaluran pembiayaan melalui seleksi sistem online

Ketiga hal tersebut untuk mejangkau dan mempermudah UKM yang ada di tempat dan menarik ketertarikan pemerintah tempat untuk menambah anggaran wilayahnya untuk UKM dan koperasi. Selain itu juga, Kemenkop UKM akan memperlihatkan pendampingan kepada 10 ribu UMKM yang sudah merupakan kewajiban pemerintah dalam programnya untuk mengembangkan UKM di masyarakat Indonesia. Menurut data Kemenkop UKM sudah 168 ribu ijin perjuangan kecil yang dikeluarkan selama ini dan dibutuhkan akan terus bertambah. “Untuk yang tinggal di Jabodetabek, pelaku wirausaha bisa tiba ke Galeri Indonesia Wow di Smesco Gatot Subroto, alasannya yaitu itu yaitu milik masyarakat dan bisa dimanfaatkan untuk belajar. Banyak-banyaklah bertanya kepada yang sudah berpengalaman berwirausaha,” ujar Braman.

Sharing Experience oleh Mirwan Suwarso
Mirwan Suwarso juga hadir dalam lembaga sebagai pembicara dan mengembangkan pengalamannya dalam mengembangkan dan mengelola aplikasi Supersoccer TV  dan keberhasilannya membeli lisensi Manchester United TV (MUTV) dan sejumlah aktivitas tayangan Liga Italia dan Liga Spanyol. Bagi Mirwan hasrat dan kecintaan generasi muda dalam dunia bola ada baiknya juga bisa disalurkan juga menjadi sebuah inspirasi bisnis atau usaha.
 
Mirwan Suwarso - doc.RGP
"SuperSoccerTV memperlihatkan kesempatan bagi belum dewasa muda dan supporter sepak bola untuk mendapat laba menarik. Anda bisa lihat informasinya di website. Namun yang terpenting yaitu sejauhmana dengan inisiatif kewirausahaan dan berkomunitas maka kesempatan anak muda berwirausaha lebih terbuka," terang Mirwan. Selain itu Mirwan juga menciptakan Supersoccer market place tercipta berkat gagasan anggota suppersoccer di Malang dan akan menjadi wadah wirausaha muda untuk berbisnis dengan inspirasi bola sebagai produknya.   


Harapan Mirwan yaitu pembangunan insan Indonesia melalui generasi muda yang berwirausaha. Dengan membantu salesmanship untuk orang yang belum pernah berjualan dengan barang elok semoga kepercayaan dirinya dalam berwirausaha tidak hancur. Beberapa tips berwirausaha yang sudah dipraktekkan oleh Mirwan yang sempat saya catat alasannya yaitu menarik dan seringkali terlupakan:
  • Indonesia yaitu tempat yang sempurna untuk mengetes suatu produk dagang.
  • Kita harus berani menjual suatu produk dagang yang gres di Indonesia alasannya yaitu Indonesia tempat yang sempurna untuk mengetes daya minat dan daya beli masyarakat terhadap produk baru.
  •  Carilah investor yang memiliki pengalaman dan mengerti di bidangnya sehingga bisa kita gunakan sebagai advisory board dan tempat untuk berdiskusi.
  • Kita harus bisa memperlihatkan sosial economic values kepada investor.
  • Berbagi laba hasil perjuangan dengan sistem bagi hasil bukan share komisi.

Forum mengembangkan info ini dipandu oleh Restu Utami yang mengemukakan tujuan Gerakan AMPUH itu sendiri yaitu menggiatkan minat berwirausaha belum dewasa muda serta membangun jembatan sinergis bagi pemerintah, swasta dan pelaku wirausaha digital kreatif. Gerakan AMPUH kedepannya juga akan melaksanakan sosialisasi ke banyak sekali basis komunitas anak muda termasuk kampus di seluruh Indonesia. 

Peserta Forum Berbagi Info - doc.fb

Berbekal info dan tips tersebut tidak ada salahnya untuk mempersiapkan tawaran perjuangan yang detail dan matang semoga bisa mendapat proteksi dari pemerintah dan Gerakan AMPUH untuk berwirausaha mendatang. Marilah kita jadi generasi cerdas dan kreatif untuk memajukan negeri ini dengan UKM.-RGP-


Advertisement