-->

Ringkasan Bahan Administrasi Keuangan

Ringkasan Bahan Administrasi Keuangan
Ringkasan Bahan Administrasi Keuangan
Ringkasan Materi Manajemen Keuangan - Pengelolaan keuangan perusahaan merupakan fungsi yang vital dalam sebuah perusahaan. Dalam aktifitasnya, fungsi keuangan tidak lepas dari aktivitas manajemen yang meliputi pencatatan dan pelaporan keuangan. Karenanya pengelolaannya membutuhkan karyawan yang kompeten dan sanggup dipercaya. Pengelolaan fungsi keuangan yang jelek seringkali menciptakan perusahaan tidak mempunyai dana saat dibutuhkan. Sehingga perusahaan harus harus mencari pertolongan jangka pendek ke Bank dengan tingkat interest yang tinggi. Ini justru menambah biaya bagi perusahaan. Training ini dimaksudkan untuk membekali karyawan perihal pemahaman pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai standard yang berlaku umum, mengelola proses administasi keluar masuk dana serta perencanan, pengendalian dan pelaporannya.
TUJUAN
Setelah mengikuti training ini, para penerima diperlukan mendapat pengetahuan perihal pengelolaan keuangan perusahaan atau organisasi sehingga sanggup merencanakan dan mengendalikan keuangan perusahaan atau organisasi.
MATERI
MODUL  I :  FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN DAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • Pengertian dan fungsi manajemen keuangan dalam perusahaan.
  • Pemahaman fatwa uang dalam perusahaan.
  • Pengertian biaya, sehingga sanggup membedakan biaya dan bukan biaya.
  • Pemahaman terhadap Neraca dan pos-pos neraca.
  • Pemahaman terhadap laporan Laba Rugi beserta komponennya.
  • Memahami pembuatan laporan Laba Rugi.
  • Memahami apakah secara operasional perusahaan keuntungan atau rugi.
  • Memahami arti dan tujuan menciptakan analisis laporan keuangan.
  • Memahami dan sanggup memakai analisis horizontal, vertikal dan analisis rasio.
  • Mengetahui cara menyusun laporan perubahan modal kerja, analisis sumber dan penggunaan dana modal kerja, analisis sumber dan penggunaan dana kas.
Modul  II :  MANAJEMEN MODAL KERJA
  • Memahami dasar-dasar manajemen kas yang meliputi manajemen dan anggaran kas
  • Memahami dasar-dasar manajemen piutang yang meliputi menilai calon debitur, manajemen piutang, analisis umur piutang, relasi antara umur piutang dengan profitabilitas.
  • Memahami faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memanajemeni persediaan.
  • Mengetahui dasar-dasar perhitungan persediaan optimal dan persediaan pengaman.
  • Memahami arti investasi, arus kas, Nilai Bersih Sekarang, Biaya modal.
  • Memahami teknik menilai investasi dari segi keuangan
Modul  III :  PERENCANAAN LABA DAN PENGANGGARAN
  • Pemahaman arti titik impas serta cara menghitung nilai titik impas (Break Even Point)
  • Pemahaman terhadap fungsi anggaran dalam perusahaan.
  • Cara menyusun anggaran perusahaan.
  • Teknik pengendalian pelaksanaan anggaran.
  • Teknik penyusunan laporan realisasi anggaran.
Advertisement