-->

Tips Semoga Badan Tetap Prima Ketika Puasa

Tips Semoga Badan Tetap Prima Ketika Puasa
Tips Semoga Badan Tetap Prima Ketika Puasa
Sahabat Semangat Inspirasi, Kali ini saya akan mempostng mengenai "Tips Agar Tubuh Tetap Prima Saat Puasa". Puasa itu memang menahan lapar dan haus. Namun bukan berarti harus loyo kan? Agar kondisi badan tetap prima tips berikut bisa Anda terapkan.
Rosihan Anwar Sgz, mahir gizi dari Poltekes Banjarmasin menganjurkan kaum muslimin yang berpuasa jangan lupa selalu mengkonsumsi masakan bergizi baik pada ketika sahur atau berbuka puasa. "Walau hidangan sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap menyerupai protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral," tulis Rosihan di grup facebook Gerakam Sadar Gizi.
Upayakan untuk mencegah kehilangan cairan tubuh badan dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, alasannya ialah pada siang hari acara kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di ruangan terbuka atau ber-AC.
Pada ketika berbuka, awali buka puasa Anda dengan masakan atau minuman hangat dan elok menyerupai kolak, setup, ataupun minuman elok lainnya. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, alasannya ialah sanggup menjadikan akhir jelek bagi perut Anda.
Jangan eksklusif minum air hambar atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila Anda eksklusif berbuka puasa dengan air dingin, alasannya ialah asam lambung dalam badan kita akan terbentuk semakin banyak.
Kemudian beristirahatlah kurang lebih satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka yang telah dihidangkan. Tujuannya untuk memperlihatkan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Ingat, jangan mengkonsumsi masakan berlebihan dan masakan asinan.
Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara sedikit demi sedikit dan tidak terburu-buru biar lambung tidak "kaget". Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah masakan dengan baik.
Agar Anda bisa menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis masakan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih usang untuk mencerna masakan yang banyak mengandung serat.
Selain memperbanyak masakan berserat dan masakan yang mengandung protein, sebaiknya Anda juga menyediakan jenis masakan yang mengandung vitamin dan mineral serta masakan perhiasan biar badan tetap segar bugar sepanjang hari.
Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari ialah vitamin A, B, dan C. Tapi jikalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.
Bagi penderita sakit lambung masakan yang sebaiknya dihindari ialah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis masakan tersebut bisa menjadikan gas yang besar lengan berkuasa meningkatkan produksi asam lambung.
Advertisement