-->

2 Resep Cara Menciptakan Tempe Bacem

2 Resep Cara Menciptakan Tempe Bacem
2 Resep Cara Menciptakan Tempe Bacem
Resep Tempe Bacem Manis Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Bosen dengan variasi masakan olahan tempe yang itu-itu saja setiap hari makan tempe goreng dengan goreng tempe biasa dengan bumbu tempe goreng biasa, mungkin Anda sesekali cobain masakan tempe bacem dengan bumbu bacem tempe yang juga digunakan di bumbu bacem tahu tempe. Rata-rata tempe bacem rasanya anggun namun Anda sanggup juga menciptakan tempe bacem pedas anggun yang cocok untuk vegetarian.

 Resep Tempe Bacem Manis Pedas Sederhana Spesial Asli Enak 2 RESEP CARA MEMBUAT TEMPE BACEM
Gambar Tempe Bacem Goreng Sambal Pedas

Menurut situs Wikipedia. Bacem atau baceman yaitu sajian panganan dari kawasan Semarang, Jawa Tengah dengan resep tempe bacem Jawa, juga khas Yogyakarta penggalan timur (Mataraman). Orang Yogyakarta menyukai bacem yang bercitarasa anggun pada resep tempe bacem Jogja, yaitu dengan bumbu khas gula merah. Sebetulnya bacem merupakan cara pengolahan kuliner untuk mengawetkan produk yang sering juga disebut baceman, biasanya yaitu tempe dan tahu dan istilah ini juga dipake di bumbu menyerupai bacem bawang putih, bacem bawang merah, dan bacem cabai atau cabai, kemudian berkembang juga ke bahan-bahan lain, menyerupai pada bacem telur puyuh dan bacem telur ayam, bacem ceker, dll. Dibacem artinya direndam dalam air gula atau garam supaya materi kuliner menjadi awet. Selain kota tadi di Sunda Jawa Barat juga terdapat resep tempe bacem Sunda khas Sunda, Bandung.

Oh ya, tahukah Anda sejarah atau Asal Usul mula Tempe Bacem? menyerupai dikutip dari Metrotvnews mengenai perihal sejarah dibalik hidangan bacem. Tempe bacem, sajian tradisional khas nusantara ini memadukan rasa anggun dan gurih yang dihasilkan dari tempe yang direbus ke dalam air biasa atau air kelapa yang sudah dicampur kecap dan bumbu. Merebusnya pun tak sembarangan, tempe direbus hingga benar-benar kering sehingga meresap secara sempurna. Gula merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, daun salam dan lengkuas merupakan diam-diam di balik bumbu bacem. Odilia Wineke, seorang pengamat masakan yang ditemui di Kawasan Karet, Kamis (11/12/2014) menyampaikan bahwa gula merah digunakan lantaran rasa manisnya, dimana masakan Jawa identik dengan rasa tersebut. Adapun secara historis Odelia menjelaskan pada kala 19 terjadi tanam paksa tebu di Indonesia. Masyarakat Jawa pun mencari bumbu yang murah dan gampang didapat. Maka dipilihlah gula tebu lantaran dikala itu harganya yang sangat terjangkau jawaban tanam paksa.

Bacem tempe dan tahu bacem biasa dimakan hangat-hangat dengan nasi putih yang dilengkapi dengan ayam goreng/bakar, angsa goreng/bakar atau ikan goreng/bakar komplit sambal terasi atau sambal pedas dan lalapan mentah segar atau lalapan rebus dan sanggup juga dipadu dengan serundeng kelapa renyah crispy sehingga masakan bertambah enak dan makan bertambah lahap dan perut kenyang banget. Di kawasan Kaliurang, Yogyakarta dikenal jadah bacem, yaitu jadah/uli yang disajikan bantu-membantu dengan tempe dan tahu bacem. Namanya Jadah Tempe atau Jadah Bacem. Tempe bacem juga sanggup dinikmati tanpa digoreng pada resep tempe bacem tanpa digoreng, sanggup dikukus, sanggup dimasak dengan kuah menyerupai pada resep tempe bacem kuah.

Cara menciptakan tempe bacem atau baceman ini gampang dan praktis. Sebagai langkah awal materi dasar bacem yaitu tempe atau tahu untuk tahu bacem, yang telah dipotong-potong sesuai keinginan. Sebagai bumbunya yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan garam dapur, yang diulek atau dihaluskan bersama. Bumbu halus ini dicampurkan ke potongan-potongan tempe atau tahu, untuk kemudian direbus dengan air secukupnya. Di samping itu dimasukkan pula beberapa helai daun salam, kepingan lengkuas yang telah dimemarkan, dan irisan gula merah.

Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak hingga air rebusannya susut atau hampir habis. Setelah itu, tempe atau tahu yang telah dibacem tadi sanggup digoreng sebelum dihidangkan. Setelah digoreng namanya bermetamorfosis tahu tempe goreng bumbu bacem yang lezat.

Sebagai variasi dalam pembuatan bacem, sanggup ditambahkan sedikit asam jawa ketika perebusan; atau mengganti air biasa dengan air kelapa untuk merebusnya. Ya itu tipsnya untuk resep tempe bacem tanpa air kelapa.

Tempe mungkin bukan kuliner glamor tapi mengandung banyak protein, zat besi dan banyak lagi nutrisi penting bagi tubuh. Selain digoreng, tempe juga nikmat dibacem atau tanpa digoreng. Tempe Bacem ini yaitu salah satu sajian kesukaan keluarga Indonesia. Pada resep ini, memakai air kelapa dan Kecap Manis Bango dari resep bacem ala bango sebagai andalan orang Indonesia, sehingga rasa tempe bacem kecap Bango lebih gurih sanggup meresap hingga ke dalam tempe. Penasaran? Silahkan coba. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi tempe bacem sajian sedap ncc dan istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah tanpa ribet dan tanpa gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis rumah makan atau warteg dan warnas.





RESEP TEMPE BACEM BANGO


BAHAN :
  • 2 potong tempe
  • 3 gelas air kelapa
BAHAN BUMBU :
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdt ketumbar
  • Serai, daun salam dan garam
  • 5 sdm Kecap Manis Bango
  • 2 cm lengkuas
CARA MEMASAK TEMPE BACEM :
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar.
  2. Memarkan lengkuas dan serai.
  3. Tumis semua bumbu tempe bacem bango, masukkan tempe dan air kelapa ungkep hingga air habis memakai api kecil biar bumbu bacem benar benar meresap ke dalam tempe.
  4. Setelah matang goreng sebentar.
  5. Siap di hidangkan.

TIPS & TRICKS :

Tips meminimalisir busuk langu pada tempe bacem :
  • Terkadang tempe bacem juga ada yang rasanya tidak gurih dan berbau langu. Hal ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, menyerupai kualitas tempe yang kurang baik. Tempe merupakan kuliner olahan berbahan dasar kedelai yang difermentasikan dengan ragi. Kualitas ragi inilah yang akan menghipnotis kualitas dari tempe. Sebaiknya Baca Juga : Cara Membuat Tempe.
  • Untuk meminimalisir busuk tempe yang kurang sedap, kuncinya ada pada awal pengolahan tempe. Ketika menyiapkan air rebusan, masukkan tempe dengan daun salam semoga supaya tempe harum wangi dan garam terlebih dahulu sebelum memasukkan bumbu-bumbu lainnya. Selanjutnya, untuk mendapat cita rasa yang lebih gurih dan nikmat Anda sanggup memakai air kelapa untuk merebus tempe dan bumbu-bumbu lainnya. Penggunaan air kelapa juga akan melembutkan tekstur tempe, sehingga pada dikala disantap tempe tidak akan terasa keras.

RESEP TEMPE BACEM TANPA AIR KELAPA


BAHAN :
  • 1 papan tempe, potong 12 bagian
  • 2 keping gula jawa
  • 3 buah bawang putih ukuran besar
  • 300 ml air
  • 1 btg sereh, geprek
  • 1 lbr daun jeruk, sobek
  • 1 lbr daun salam
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • Penyedap rasa secukupnya (optional)
  • Minyak untuk menggoreng tempe
CARA MEMASAK TEMPE BACEM TANPA AIR KELAPA :
  1. Haluskan bawang putih dengan garam (boleh sekalian masukkan ketumbar bubuk dan bumbu penyedap).
  2. Potong-potong gula jawanya semoga lebih cepat larut.
  3. Siapkan panci, masukkan tempe dan semua bumbu/bahan, juga air.
  4. Masak hingga mendidih dengan api besar kemudian kecilkan apinya, aduk sebentar.
  5. Masak hingga air menyusut dengan sesekali diaduk-aduk.
  6. Setelah selesai, sanggup pribadi digoreng atau taruh dalam wadah plastik kemudian simpan dikulkas untuk stok.
  7. Saat digoreng tidak perlu lama, sebentar saja.
  8. Sajikan.
Advertisement