-->

Cara Menciptakan Camilan Bagus Marie Wijen

Cara Menciptakan Camilan Bagus Marie Wijen
Cara Menciptakan Camilan Bagus Marie Wijen
Resep Kue Mari Wijen Sederhana Spesial Asli Enak. Nama lain dari camilan bagus lapis wijen ini ialah biskuit marie wijen atau biskuit karamel lapis wijen atau biskuit mari tabur wijen yang masih termasuk cemilan jadul (jaman dulu) bukan jaman now kekinian. Kue marie wijen ini telah menjadi buah tangan khas Malang, Jawa Timur yang populer dengan nama camilan bagus marie wijen Malang sebut saja mari wijen brand Rose Java produksi Batu Malang dengan rasa dan kualitas materi bermutu tinggi sehingga laku dipasaran, namun banyak yang telah menentukan camilan bagus renyah ini dijadikan bisnis rumah tangga.

 Resep Kue Mari Wijen Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE MARIE WIJEN
Gambar Kue Mari Wijen Karamel

Menurut situs Wikipedia. Wijen (Sesamum indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) ialah semak semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaceae. Tanaman ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen, yang diperoleh dari ekstraksi bijinya. Afrika tropik diduga merupakan daerah asalnya, yang kemudian tersebar ke timur hingga ke India dan Tiongkok. Di Afrika Barat ditemukan pula kerabatnya, S. ratiatum Schumach. dan S. alabum Thom., yang di sana dimanfaatkan daunnya sebagai lalap. S. ratiatum juga mengandung minyak, tetapi mengandung rasa pahit alasannya ialah tercampur dengan saponin yang juga beracun.

Saat ini, wijen ditanam terutama di India, Tiongkok, Mesir, Turki, Sudan, serta Meksiko dan Venezuela.

Kegunaan wijen. Wijen sudah semenjak usang ditanam insan untuk dimanfaatkan bijinya, bahkan termasuk tanaman minyak yang paling bau tanah dikenal peradaban. Kegunaan utama ialah sebagai sumber minyak wijen. Bijinya yang berwarna putih dipakai sebagai penghias pada penganan, contohnya onde-onde, dengan menaburkannya di permukaan penganan tersebut. Biji wijen sanggup dibentuk pasta. Berbagai tradisi memasak yang memanfaatkan kedelai tersebar mulai dari daerah Laut Tengah, menyerupai Yunani dan Turki, hingga Jepang dan semenanjung Korea.

Makanan ini termasuk macam-macam jenis aneka camilan bagus memakai wijen yang mungkin jajanan favorite Anda atau bawah umur Anda di rumah dan juga sangat diminati Ibu-ibu untuk sajian lebaran Idul Fitri. Pada resep camilan bagus atau biscuit ini pake wijen putih kalau Anda ingin memakai wijen hitam boleh saja. Sedangkan untuk biskuit sanggup pakai biscuit marie susu brand regal atau biscuit marie kiloan yang dibeli di toko-toko camilan bagus di pasar-pasar tradisional. Untuk biji wijen sebaiknya gunakan wijen lokal alasannya ialah wijen lokal lebih gurih dari wijen import dan aroma wijen lokal lebih khas. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih marie wijen sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka camilan bagus jadul dijual atau dititip di warung-warung.

RESEP KUE MARI WIJEN


BAHAN :
  • 1 bungkus biskuit marie susu brand apa saja
  • 6 sdm gula pasir untuk karamel sebagai perekat wijen di biskuit
  • 1 sdm butter/margarin
  • 20 ml air
  • 100-150 gram wijen putih atau wijen hitam (boleh pakai biji wijen lokal atau wijen import)
CARA MEMBUAT KUE MARI WIJEN :
  1. Cara Sangrai Wijen : Sangrai wijen kurleb 5-7 menit (boleh hingga berubah agak kecokelatan diadaptasi dengan selera Anda).
  2. Angkat dan tuang wijen dalam baskom. Sisihkan.
  3. Masak gula pasir hingga larut. Gunakan api kecil biar tidak gosong dan sebaiknya pakai wajan anti lengket/teflon. Ini gula sehabis larut dan menjadi karamel. Aduk terus hingga gula larut seluruhnya. Tambahkan butter/margarin aduk rata
  4. Masukkan air aduk ulang hingga rata dan gunakan api lilin dikala memasukkan air. Hati-hati percikannya. (saya tidak mematikan kompor tapi saya gunakan api sangat-sangat kecil/hampir mati tujuannya biar gula tidak cepat mengeras atau gosong).
  5. Ambil 2 rangkap biskuit marie kemudian celupkan di larutan gula/karamel bolak balik (gunakan alat penjepit dikala mencelupkan biskuit ke dalam larutan gula).
  6. Guling-guling kan dalam wijen yang telah di sangrai hingga biskuit terbaluri tepat hingga merata menutupi seluruh bab biskuit. Lakukan hingga biskuit marie susu habis.
  7. Setelah akibat semua masukkan dalam kulkas 10menit biar gula cepat set.
  8. Sajikan.
Advertisement