-->

Cara Mengobati Indera Pendengaran Gatal 10 Tips Dan Obat

Cara Mengobati Indera Pendengaran Gatal 10 Tips Dan Obat
Cara Mengobati Indera Pendengaran Gatal 10 Tips Dan Obat
Memiliki rasa gatal yang tak henti-hentinya di indera pendengaran sehingga membuat tabrakan yang tidak sanggup hilang . Itu membuat Anda tidak berkonsentrasi pada hal lain,dan membuat Anda ingin merobek indera pendengaran Anda.

Telinga potongan dalam insan sangat sensitif, dan karenanya perubahan mendadak pun sanggup menimbulkan timbulnya indera pendengaran yang gatal. Saluran indera pendengaran dipersarafi dengan serabut saraf yang sensitif, yang membuat indera pendengaran sama responsif dan cenderung gatal menyerupai potongan badan insan lainnya. Fakta bahwa kita tidak sanggup melihat rongga indera pendengaran kita bertindak sebagai iritasi tambahan dan sanggup mendorong kita untuk menyelidiki indera pendengaran secara sembrono dan terlalu invasif untuk kebaikan kita sendiri

Meskipun merupakan gangguan yang sering dilaporkan, kebanyakan orang yang menderita gangguan ini menemukan diri mereka sendiri pada dikala kehabisan logika ketika menghadapi duduk kasus yang menyusahkan ini. Lebih sering daripada tidak, mereka karenanya memperparah duduk kasus dengan memakai benda-benda yang tidak steril dan tajam menyerupai jepit rambut, tusuk gigi, dan gantungan baju untuk menghilangkan rasa gatal mereka. Penyisipan berpengaruh alat abrasif tersebut ke area sensitif menyerupai akses indera pendengaran sanggup membuat Anda tergores dan pecah kulit. Ini, pada gilirannya, akan memperlihatkan masuk bebas basil serta partikel asing lainnya dan puing-puing untuk masuk lebih dalam ke kulit, membuka jalan bagi infeksi yang jauh lebih serius.

Penyebab Telinga Gatal
Beberapa penyebab paling umum adalah:
  • Reaksi alergi
  • Infeksi telinga
  • Telinga kering lantaran tidak cukup atau tidak ada sekresi kotoran telinga
  • Pembersihan indera pendengaran yang kompulsif dan intrusif yang membuat rongga lilin alami dan penumpukan kulit kering di dalam indera pendengaran berikutnya
  • Akumulasi kotoran telinga, lantaran lilin cenderung terdorong dan menumpuk lebih jauh ke dalam rongga oleh investigasi konstan dengan alat pembersih
  • Air terperangkap di dalam telinga
  • Iritasi yang disebabkan alat bantu dengar atau headphone
  • Dermatitis akses telinga
  • Gigitan serangga
  • Kadang-kadang, bahkan psoriasis, eksim, atau jerawat di indera pendengaran potongan dalam sanggup memicu rasa gatal.
Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam BMC Ear, Nose and Throat Disorders melaporkan bahwa gangguan sendi temporomandibular (TMD) mempunyai banyak tanda-tanda dan salah satunya ialah indera pendengaran gatal.
Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Otolaryngology Online melaporkan bahwa tidak perlu ada infeksi basil atau jamur yang mendasari untuk menimbulkan rasa gatal yang dibuktikan dengan kondisi yang disebut asteatosis. Studi ini menekankan fakta bahwa penting untuk mempertimbangkan asteatosis sebagai salah satu diagnosis diferensial untuk gatal kronis dan persisten ketika semua penyebab lain telah dikesampingkan.

Gejala Telinga Gatal Selain terang (gatal), indera pendengaran yang gatal juga sanggup mempunyai tanda-tanda seperti:  Kemerahan di luar Debit atau jenis drainase yang berasal dari indera pendengaran Anda Rasa sakit dan kawasan yang terkena mungkin terasa sangat lembut dikala disentuh. Demam Pembengkakan Pencegahan Karena indera pendengaran sebagian besar dianggap membersihkan sendiri, Anda harus menahan diri untuk tidak membersihkan indera pendengaran tanpa alasan.
Semua benda berikut yang biasanya dipakai untuk menjaga kebersihan indera pendengaran sanggup terbukti merusak integritas gendang indera pendengaran Anda: Bola kapas Penyeka kapas Klip kertas jepitan kecil Cara pencegahan lain untuk mencegah iritasi indera pendengaran dan gatal-gatal termasuk yang berikut: Berhati-hatilah dikala menentukan pemanis telinga, dan hindari pemanis yang terbuat dari logam yang sanggup menimbulkan reaksi alergi yang menimbulkan gatal. Jika Anda seorang perenang yang sering, gunakan solusi untuk membersihkan indera pendengaran dari air berlebih . Kelola produksi berlebih dari kotoran indera pendengaran dengan memakai pendekatan yang disetujui dokter, menyerupai tetes indera pendengaran atau tabung suntik.

Untuk menyelamatkan rongga indera pendengaran dari kelembaban yang berlebihan, kenakan topi mandi dikala mandi. Gunakan sampo ringan dan gel mandi yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Jika Anda memakai alat bantu dengar atau memakai penyumbat indera pendengaran secara teratur, pastikan untuk mensterilkannya dari waktu ke waktu dan memasukkannya dengan lembut biar tidak mengiritasi telinga. Selalu jaga kebersihan ponsel dan earphone Anda, lantaran sanggup berkontribusi pada infeksi telinga.

Hindari menyentuh indera pendengaran Anda dengan jari-jari kotor. Kapan Mengunjungi Dokter Telinga yang gatal yang tidak berakar pada infeksi atau penyakit yang mendasarinya jarang menjadi perhatian dan cenderung hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, jikalau Anda mengalami duduk kasus menyerupai pendarahan andal atau drainase dari indera pendengaran Anda atau tiba-tiba kehilangan pendengaran, jatuhkan semuanya dan kunjungi dokter Anda sekaligus. Juga, jikalau gatal gagal mereda dalam waktu seminggu meskipun perawatan di rumah yang tepat, dukungan medis akan diharapkan untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya dan mengatasi gejalanya.

Memahami penyebab di balik indera pendengaran yang gatal ialah kunci keberhasilan rencana perawatan. Gatal ringan terkait dengan indera pendengaran kering, terlalu banyak kotoran telinga, atau infeksi ringan sanggup berhasil diatasi di rumah dengan dukungan beberapa pengobatan sederhana dan efektif.

Berikut ialah 10 solusi rumah terbaik untuk mengobati indera pendengaran yang gatal.

  1. Gravitasi Jika Anda merasa menyerupai air masuk ke indera pendengaran Anda dikala berenang atau dikala mandi atau mandi dan ini ialah alasan di balik rasa gatal di indera pendengaran Anda, biarkan gravitasi mengambil arahnya dan lakukan keajaibannya. Gravitasi akan membantu menghilangkan semua penumpukan cairan di indera pendengaran yang terkena. Miringkan sisi kepala Anda dengan indera pendengaran yang terpengaruh sejajar dengan tanah. Letakkan jari yang higienis di indera pendengaran Anda. Sekarang, cobalah untuk membuat ruang hampa untuk membantu mengeluarkan cairan. Gunakan cotton bud atau handuk untuk membersihkan kotoran. Anda juga sanggup berbaring dengan handuk di bawah telinga. Obat ini juga sanggup membantu mengatasi masalah indera pendengaran perenang .
  2. Air hangat Membilas indera pendengaran dengan air hangat ialah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kotoran indera pendengaran yang berlebihan yang sanggup menimbulkan rasa gatal di telinga. Kekuatan lembut dari air akan mengeluarkan lilin, sehingga lebih gampang untuk dikeluarkan dari telinga. Pastikan hanya memakai air suling. Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Laryngology & Otology menegaskan bahwa hanya air suling yang harus dipakai untuk melunakkan kotoran telinga. Studi ini menemukan air suling secara komparatif jauh lebih efektif daripada air yang dicampur dengan natrium bikarbonat atau larutan berbasis minyak untuk tujuan menghilangkan kotoran telinga. [5] Isi spuit karet dengan air suling yang sedikit hangat. Miringkan kepala Anda tegak dan tarik indera pendengaran luar untuk meluruskan akses telinga. Gunakan jarum suntik untuk memasukkan sedikit air ke akses telinga. Biarkan sebentar, kemudian tiriskan dengan memiringkan kepala ke sisi yang berlawanan. Bersihkan air dan kotoran indera pendengaran dengan kain bersih. Ulangi proses ini di indera pendengaran yang lain.
  3. Manuver Valsava Untuk menghilangkan air yang tersumbat dari indera pendengaran tengah, teknik pemerataan tekanan sederhana yang dikenal sebagai manuver Valsalva sanggup sangat membantu. Ini membantu meringankan rasa tersumbat dan sakit di indera pendengaran dan mengurangi rasa gatal. Ini selanjutnya dikuatkan oleh studi 2011 yang menemukan manuver Valsava sama efektifnya dengan manuver Toynbee dan Ear Popper dalam menyamakan tekanan indera pendengaran tengah.Tutup verbal Anda dan cubit lubang hidung Anda dengan jari Anda, kemudian tarik napas panjang. Tiup udara dari hidung Anda untuk mengatur tekanan udara. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan mendengar suara letupan kecil, yang pertanda pembukaan kembali tabung Eustachius. Catatan: Jangan meniup hidung Anda terlalu keras lantaran sanggup menimbulkan kerusakan pada gendang telinga. Juga, jikalau Anda mempunyai kondisi jantung, terutama irama jantung abnormal, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba pengobatan rumah ini.
  4. Minyak Zaitun Salah satu pengobatan rumahan yang paling populer untuk meredakan gatal di indera pendengaran ialah minyak zaitun. Minyak zaitun membantu menghilangkan kotoran indera pendengaran berlebih dan membuat akses indera pendengaran Anda terlumasi dengan baik. Ini sanggup melunakkan kotoran indera pendengaran yang kaku, sehingga memudahkan pengeluarannya dari telinga. Juga, sifat antiseptiknya mengurangi risiko infeksi telinga. Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Praktik Keperawatan melaporkan bahwa pelumasan minyak zaitun secara teratur meningkatkan isi akses telinga. Namun, minyak zaitun disemprotkan ke indera pendengaran segera sebelum mengeluarkan lilin memungkinkan abolisi lilin total. Namun, penelitian lebih lanjut diharapkan untuk memperlihatkan bukti yang lebih baik untuk perawatan telinga.  Studi 2003 lainnya yang diterbitkan dalam Pediatrics menemukan bahwa tetes indera pendengaran herbal yang mengandung minyak zaitun membantu mengurangi rasa sakit akhir infeksi indera pendengaran pada anak-anak. [8] Berbaringlah miring dengan indera pendengaran yang sakit menghadap ke atas. Tarik perlahan potongan luar indera pendengaran Anda. Masukkan dua atau tiga tetes minyak zaitun suam-suam kuku ke lubang indera pendengaran Anda memakai pipet. Pijat dengan lembut kulit di potongan depan indera pendengaran untuk membantu minyak bekerja. Tetap di sisi Anda selama 5 hingga 10 menit. Bersihkan minyak tambahan yang menetes dari indera pendengaran Anda dikala Anda duduk. Ulangi di indera pendengaran yang lain jikalau perlu.
  5. Hidrogen Peroksida Untuk mengatasi rasa gatal di indera pendengaran akhir penumpukan lilin, hidrogen peroksida sangat efektif. Bahkan, banyak tetes indera pendengaran komersial mengandung hidrogen peroksida sebagai salah satu materi utama.
    Hidrogen peroksida membantu melarutkan konsistensi lilin dan menyebabkannya menggelembung dan keluar dari telinga. Campur potongan hidrogen peroksida yang sama (3%) dan air. Isi penyumbat indera pendengaran dengan solusi ini. Miringkan kepala Anda ke samping dan masukkan beberapa tetes larutan ini ke telinga. Pertahankan posisi ini selama beberapa waktu. Kemudian, miringkan kepala Anda ke sisi yang berlawanan untuk mengeringkan solusinya. Seka kotoran indera pendengaran memakai kain bersih. Ulangi proses ini untuk indera pendengaran Anda yang lain.
  6. Cuka Putih Cuka putih ialah materi lain yang efektif untuk menghilangkan indera pendengaran yang gatal. Namun, ini bekerja paling baik bila dikombinasikan dengan alkohol gosok. Sementara cuka membantu melarutkan kotoran telinga, alkohol gosok berfungsi sebagai biro pengeringan dan membantu menguapkan cairan residu dari telinga.
    Selain itu, cuka juga mencegah indera pendengaran dari infeksi apa pun. Campur potongan cuka putih yang sama dan gosok alkohol dalam mangkuk. Rendam bola kapas dalam larutan. Miringkan indera pendengaran yang terpengaruh ke arah langit kemudian peras 2 atau 3 tetes larutan ini ke dalam telinga. Tunggu selama 5 menit, dan miringkan kepala Anda ke arah yang berlawanan sehingga gravitasi sanggup mengerahkan aksinya dan dorong larutan dan lilin keluar dari rongga telinga. Lepaskan kotoran indera pendengaran dari indera pendengaran luar dengan earbud.
  7. Kompres Hangat Jika penyebab gatal di indera pendengaran ialah jerawat, maka kompres hangat sanggup sangat mempunyai kegunaan untuk mengeringkan jerawat . Setelah jerawat sembuh, rasa gatal akan hilang.
    Panas dari kompres hangat membantu mengurangi peradangan dan iritasi, yang pada gilirannya sanggup melembutkan jerawat untuk membawa nanah ke permukaan. Plus, kehangatan membantu mengurangi rasa sakit. Rendam handuk dalam air hangat dan peras kelebihannya. Oleskan kompres hangat di indera pendengaran selama 5 menit. Gunakan pembersih lembut untuk mencuci telinga. Gunakan obat ini dua kali sehari selama beberapa hari.
  8. Blow Dryer Untuk membantu menguapkan cairan yang terperangkap dan kelembapan indera pendengaran potongan dalam yang mungkin menjadi alasan di balik rasa gatal, blow dryer sanggup berguna. Udara yang hangat dan kering akan mengubah air menjadi uap dan karenanya membantunya keluar dari telinga. Tarik daun indera pendengaran Anda menjauh dari badan Anda. Pegang pengering rambut sekitar 10 hingga 12 inci dari indera pendengaran Anda. Atur panas pengering ke hangat dan fatwa udara ke rendah. Nyalakan pengering dan arahkan eksklusif ke akses telinga. Tahan posisi pengering selama sekitar 30 detik. Jika perlu, ulangi lagi. Catatan: Jangan hingga indera pendengaran Anda terkena panas pengering selama lebih dari beberapa menit secara teratur.
  9. Jaga Telinga Anda Kering Baik itu keluarnya kotoran indera pendengaran atau infeksi parah yang mungkin menimbulkan rasa gatal di telinga, menjaga indera pendengaran Anda tetap kering sebanyak mungkin akan banyak membantu. Setiap kelembaban di indera pendengaran sanggup menimbulkan infeksi. Keringkan telingamu hingga higienis sesudah terkena uap air lantaran berenang atau mandi. Keringkan hanya indera pendengaran potongan luar, usap perlahan dan lembut dengan handuk atau kain lembut. Miringkan kepala Anda ke samping untuk membantu air mengalir dari akses indera pendengaran Anda. Untuk mencegah air masuk ke akses indera pendengaran dikala mandi, lapisi 2 bola kapas dengan petroleum jelly dan masukkan 1 di setiap indera pendengaran potongan luar.
  10. Menjaga Kesehatan Telinga Yang Baik Untuk mencegah segala jenis duduk kasus telinga, termasuk gatal di telinga, menjaga kesehatan indera pendengaran yang baik ialah sangat penting .Jangan gunakan penyeka kapas untuk membersihkan potongan dalam akses indera pendengaran Anda. Itu pada karenanya sanggup menimbulkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan. Bersihkan potongan luar indera pendengaran Anda secara teratur memakai bola kapas, air hangat, dan sabun lembut. Menjaga potongan luar tetap higienis akan membantu menjaga puing-puing dan alergen keluar dari akses indera pendengaran Anda. Selalu gunakan epilog kuping dikala berenang untuk menjaga air dan kotoran keluar dari indera pendengaran Anda dan mencegah infeksi terjadi. Selain itu, kenakan penyumbat indera pendengaran dikala menghadiri konser keras atau program bising lainnya.

Tips tambahan
Gerakan menguap atau mengunyah juga sanggup membantu mengeluarkan air dari akses indera pendengaran dengan membuat tekanan di indera pendengaran tengah dan meregangkan akses telinga.
Bersihkan indera pendengaran luar Anda secara teratur untuk mencegah minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya masuk ke dalam rongga dan menumpuk di dalamnya. Hindari meletakkan benda asing di indera pendengaran Anda. Lindungi indera pendengaran Anda dari iritasi dengan meletakkan bola kapas di indera pendengaran Anda dikala menerapkan produk menyerupai semprotan rambut dan pewarna rambut. Pastikan untuk tidak memasukkannya terlalu dalam. Gunakan pelembab untuk menambah kelembapan pada lingkungan rumah Anda jikalau Anda menderita indera pendengaran kering.

Sumber:
Otorhinolaryngology - Bedah Kepala & Leher. Otorhinolaryngology - Bedah Kepala & Leher. https://med.uth.edu/orl/online-ear-disease-photo-book/chapter-15-miscellaneous/itchy-ears/.
Advertisement