-->

9 Cara Mencegah Stretch Marks ( Parut Pada Tempat Kulit )

9 Cara Mencegah Stretch Marks ( Parut Pada Tempat Kulit )
9 Cara Mencegah Stretch Marks ( Parut Pada Tempat Kulit )
 ialah suatu kondisi medis yang ditandai dengan munculnya lesi linear yang ibarat jar 9 Cara Mencegah Stretch Marks ( Parut pada kawasan kulit )
Apakah Stretch Mark?
Stretch Mark, juga dikenal sebagai striae, ialah suatu kondisi medis yang ditandai dengan munculnya lesi linear yang ibarat jaringan parut pada kawasan kulit yang mengalami peregangan yang berkepanjangan dan berulang-ulang; lesi-lesi ini kadang kala terasa gatal. Setelah awal kemunculannya, gejala ini akan bertambah besar dan berubah warna menjadi merah dengan lebarnya berkisar antara 1-10 milimeter dan hingga beberapa sentimeter.

"Stretch mark tidak sanggup dihilangkan, namun sanggup disamarkan. Stretch mark itu terjadi akhir peregangan kulit secara cepat atau terjadinya trauma pada kulit,"

Kondisi ini lebih sering muncul pada perempuan yang sedang hamil, obesitas, binaragawan atau dewasa yang mengalami pertumbuhan yang pesat. Penyebab pastinya belum diketahui, tetapi kadang kala kondisi ini muncul lantaran pemakaian kortikosteroid yang terus menerus atau mereka yang menderita sindroma Cushing.

Sebagian besar merupakan problem kosmetik dan tidak berbahaya; namun, komplikasi mirip pecahnya stretch mark mungkin terjadi. Prognosisnya baik lantaran kondisi ini sanggup disembuhkan dan bahkan, sanggup hilang tanpa intervensi seiring dengan perjalanan waktu. Individu dengan problem mirip ini harus mencari seorang dokter ahli.

Stretch mark ialah bekas luka yang muncul pada kulit Anda lantaran perubahan mendadak dalam ukuran tubuh. Hal ini biasanya terjadi selama kehamilan, kenaikan berat tubuh yang cepat atau rugi, dan pubertas.

Namun, stretch mark tidak hanya disebabkan oleh peregangan berlebihan pada kulit. Faktor-faktor tertentu, mirip predisposisi genetik, sanggup meningkatkan kemungkinan Anda berbagi stretch mark.

Stretch mark tidak sanggup di hilangkan, tetapi sanggup dicegah dikala masih berwarna kemerahan (masih tahap awal). Pencegahannya sanggup dengan memberi pelembab yang akan menunjukkan rasa hangat, hal ini untuk menciptakan peredaraan darah lebih lancar sehingga memberi nutrisi pada kulit. Stretch mark yang dipengaruhi oleh faktor keturunan lebih sulit untuk disembuhkan.

Namun demikian, Anda sanggup mengambil beberapa langkah pencegahan untuk mencoba untuk menghindari problem ini. Tindakan terbaik ialah untuk menjaga kulit Anda sehat dan terhidrasi untuk meningkatkan elastisitas. Ada banyak langkah-langkah tambahan yang sanggup Anda ambil untuk meminimalkan kemungkinan merek tersebut muncul.

Berikut ialah 10 tips untuk membantu mencegah stretch mark.

1. Oleskan minyak kelapa
Menggunakan minyak kelapa mungkin ialah cara alami terbaik untuk menjaga kelembaban kulit Anda
  • Gosokkan minyak kelapa pada cuilan kulit perut atau kawasan paha dan selangkangan.
  • Pijat kawasan untuk membantu perembesan ke dalam kulit.
  • Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu, selama masa kehamilan
  • Jika Anda tidak mempunyai minyak kelapa, Anda sanggup memakai minyak zaitun, cocoa butter, shea butter, minyak alpukat, minyak emu, atau hanya beberapa baby oil.

2. Gunakan minyak jarak kemasan
Ibu hamil sering disarankan untuk memakai minyak jarak untuk mencegah stretch mark. Orang telah memakai minyak jarak untuk mencegah dan mengurangi garis-garis, winkles, bintik-bintik, noda, dan lainnya baik problem kulit untuk usia. Ia bekerja sebagai humektan, membantu kulit Anda mempertahankan kelembaban.
  • Oleskan minyak jarak pada kulit Anda.
  • Lapisi atau bungkus kawasan yang tadi dilapisi minyak jarak 
  • Terapkan setidaknya selama 45 menit.
  • Buka plastik pembungkus kemudian bersihkan sisa minyak yang ada
  • Ulangi setiap 2 kali seminggu.

3. Tetap terhidrasi
Minum banyak air sepanjang hari akan membantu menjaga kulit Anda terhidrasi. Hal ini menciptakan kulit Anda kenyal dan membantu menjaga elastisitas, Untuk hasil terbaik, minum setidaknya dua liter air setiap hari.

4. Nikmati makanan bergizi
Makan diet seimbang dan bergizi yang kaya akan vitamin C dan E, seng, silika, dan nutrisi lain untuk menyehatkan kulit Anda. Vitamin C, khususnya, ialah penting untuk regenerasi jaringan ikat.

Mineral mirip seng dan silika juga bermanfaat, mirip zinc membantu dalam sintesis kolagen dan silika membantu memproduksi kolagen. Jadi, termasuk banyak sekali makanan mirip stroberi, blueberry, bayam, wortel, kacang hijau, collard hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian dalam diet Anda.

5. Vitamin E
Vitamin E ialah antioksidan berpengaruh yang melindungi serat kolagen di kulit Anda dari kerusakan akhir radikal bebas. Hal ini menciptakan serat kolagen berpengaruh dan mempromosikan elastisitas kulit .

Untuk mendapat manfaat maksimal, makan makanan tinggi vitamin E (almond, buah zaitun, biji bunga matahari, bayam, alpukat, labu, dll) dan pijat kulit Anda dengan vitamin E minyak atau krim beberapa kali sehari. Anda sanggup mengambil vitamin E komplemen oral juga.

6. Melembabkan dengan adonan minyak
Anda sanggup menciptakan beberapa adonan minyak yang menarik dengan menggabungkan minyak esensial dan dasar yang berbeda dan memakai mereka untuk melembabkan kulit Anda.

  • Campurkan satu cangkir  minyak zaitun dan minyak kelapa. Tambahkan empat sendok makan minyak vitamin E dan isi kapsul enam vitamin A. Secara teratur memijat kulit Anda dengan adonan tersebut.
  • Campur sedikit minyak kelapa, cocoa butter, dan shea butter. Cairkan adonan dalam microwave atau double boiler. Lalu tambahkan sedikit minyak vitamin E dan menerapkannya pada kulit Anda. Ini ialah buatan sendiri  untuk mencegah  stretch mark.
  • Anda juga sanggup menambahkan beberapa tetes minyak jeruk dalam minyak vitamin E dan kemudian menerapkannya pada kulit Anda.

7. Jangan Menurunkan berat tubuh dengan cepat
Jika Anda bekerja keras untuk menurunkan berat tubuh secara ekstra, yang terbaik ialah tidak kehilangan lebih dari satu pon seminggu penurunan berat tubuh yang cepat sanggup meninggalkan stretch mark jelek. Demikian pula, kenaikan berat tubuh yang cepat juga sanggup menjadikan stretch mark.

Misalnya, mereka sanggup muncul selama kehamilan atau intens latihan untuk membangun otot-otot dalam waktu singkat. Itu ialah normal untuk mendapat sekitar 22-28 pon selama kehamilan, tetapi perempuan harus berhati-hati "eating for two" semoga tidak mendapat lebih berat daripada yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan bayi.

Seperti untuk membangun otot, stretch mark lebih mungkin muncul dikala Anda mengangkat beban berat dengan repetisi rendah massal cepat. Jadi, untuk mencegah stretch mark, membangun massa otot dengan memakai bobot cukup berat dan meningkatkan repetisi.

8. Berolahraga secara teratur
Teratur, olahraga ringan meningkatkan sirkulasi, yang pada gilirannya memelihara sel-sel kulit. Selain itu, nada otot dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selanjutnya, olahraga teratur membantu mengatur hormon dan menginduksi keringat untuk menghilangkan racun dari tubuh. Wanita hamil sanggup melaksanakan latihan ringan atau latihan yang dirancang untuk perempuan hamil dalam rutinitas mereka sesudah berkonsultasi dengan dokter mereka.

9. Hindari kortikosteroid
Sering memakai secara berkepanjangan kortikosteroid topikal, mirip salep dan krim, dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena stretch mark permanen. Penggunaan tersebut sanggup menjadikan atrofi kulit (penipisan kulit). Jadi, lebih baik untuk memakai obat-obat ini sebentar-sebentar atau tidak menggunakannya sama sekali.
Advertisement