-->

Tak Hanya Bangkit Masjid Kubah Emas, Semasa Hidupnya Dian Al-Mahri Sudah Umrohkan Ribuan Orang

Tak Hanya Bangkit Masjid Kubah Emas, Semasa Hidupnya Dian Al-Mahri Sudah Umrohkan Ribuan Orang
Tak Hanya Bangkit Masjid Kubah Emas, Semasa Hidupnya Dian Al-Mahri Sudah Umrohkan Ribuan Orang
innalillahi wa inna ilaihi rajiuun. pendiri masjid kubah emas di depok, hajjah dian Al mahri, menghembuskan nafas terakhir pada jumat (29/3/2019) dini hari, bersahabat jam 02. 15 waktu indonesia barat (WIB).
dian Al mahri wafat dunia di umur 70 tahun diakibatkan oleh penyakit pneumonia ataupun sesak napas.
semasa hidupnya, dian Al mahri diketahui bagaikan wujud yang mempunyai tabiat penyayang dan juga dermawan.
dian Al mahri terkenal karana dia sukses membangun masjid berkubah emas yang megah di depok.
anak kedelapan dian Al mahri, ratu ayu novianti, berkata si ibunda pernah drop dan juga sesudah itu wafat dalam kondisi yang tenang.
“sempat (drop) tetapi tidak sangat lama, terus dia meninggalkan kita, ” kata ratu ayu novianti serupa dikutip tribunbatam. id dari grid. id, jumat (29/3/2019) siang.
dian Al mahri di lepas oleh segala keluarga besarnya, tercantum suami, anak, cucu dan juga para menantunya.
atmosfer pemakaman almarhumah dian Al mahri
“meninggal ditemani oleh segala dengan suami, anak, cucu, menantu berkumpul seluruhnya di rumah sakit sembari kita mengucapkan ‘laa ilaaha illaha bersama – sama, ” cerah ratu ayu.
dian Al mahri yang berjulukan orisinil dian djuriah maimun Al rasyid ini mempunyai 14 anak dan juga 36 cucu.
ratu ayu pula menguak jika keluarga tidak menemukan firasat tertentu wacana kepergian dian Al mahri.
keluarga sudah memandang seorang diri keadaan dian Al mahri yang terus menjadi hari terus menjadi menyusut.
“kalo firasat gak terdapat sih, biasa saja, tetapi memandang keadaan dia yang sudah usang terus melemah, ya, kami mulai terasa serupa itu, ” katanya.
masjid kubah emas
dian Al mahri amat diketahui karna membangun masjid dian Al mahri ataupun diketahui masjid kubah emas.
dian Al mahri benar mempunyai cita – cita besar buat mendirikan masjid dengan konstruksi yang sama serupa masjid nabawi.
perihal tersebut terungkap dari seseorang saudara mendiang dian Al mahri yang tidak ingin disebutkan namanya.
di masjid menyerupai itu hajjah dian Al mahri disemayamkan dan juga disalatkan buat terakhir kalinya, ketika sebelum diantarkan ribuan jamaah ke pemakaman usai salat jumat.
banyak masyarakat yang mengaku haru karna dian Al mahri wafat di hari jumat, hari yang dirindukan seluruh umat islam menghadap yang maha kuasa.
masjid dian Al mahri dibuat di tepi jalur raya meruyung, limo, depok di kecamatan limo, depok.
masjid ini, tidak hanya bagaikan jadi tempat ibadah salat untuk umat muslim tiap hari, lingkungan masjid ini pula jadi wilayah wisata keluarga dan juga menarik atensi banyak orang karna kubah – kubahnya yang berlapis emas murni.
tidak hanya itu, areal masjid ini pula amat luas dan juga simpel diakses hingga – hingga tempat ini kerap jadi tujuan wisata religi ataupun semata – mata diperuntukan tempat istirahat ataupun liburan keluarga.
hj dian djuriah maimun Al rasyid, pengusaha asal banten ini membeli tanah masjid ini sejak tahun 1996.
masjid ini mulai dibuat sejak tahun 2001 dan juga tuntas bersahabat simpulan tahun 2006.
masjid ini dibuka buat universal pada bertepatan pada 31 desember 2006, berbarengan dengan idul adha yang kedua kalinya pada tahun 2006.
dengan luas wilayah 50 hektare, bangunan masjid ini menempati luas zona sebesar 60 x 120 m ataupun bersahabat 8000 m persegi.
masjid ini bisa menampung bersahabat 20. 000 jemaah hingga – hingga kerap diucap bagaikan wilayah masjid termegah di asia tenggara.
arsitektur serba – serbi emas
masjid dian Al mahri mempunyai 5 kubah, satu kubah utama dan juga 4 kubah kecil. uniknya, segala kubah dilapisi emas setebal 2 hingga 3 mm dan juga mozaik kristal.
wujud kubah utama menyamai kubah taj mahal. kubah tersebut mempunyai diameter dasar 16 m, diameter tengah 20 m, dan juga besar 25 m.
sedangkan 4 kubah kecil mempunyai diameter dasar 6 m, tengah 7 m, dan juga besar 8 m.
tidak hanya itu di dalam masjid ini ada lampu gantung yang dihadirkan pribadi dari italia seberat 8 ton.
tidak hanya itu, relief hiasan di atas tempat imam pula dibuat dari emas 18 karat. begitu pula pagar di lantai 2 dan juga hiasan kaligrafi di langit – langit masjid.
sebaliknya mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis olahan prado ataupun sisa emas.
secara universal, arsitektur masjid menjajaki tipologi arsitektur masjid di timur tengah dengan karakteristik kubah, minaret (tower) , taman dalam (plaza) , dan juga pemakaian perinci ataupun hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan juga obelisk, buat menguatkan karakteristik keislaman para arsitekturnya.
karakteristik yang lain merupakan gerbang masuk berbentuk portal dan juga hiasan geometris dan obelisk bagaikan ornamen.
taman dalam berdimensi 45 x 57 m dan juga mampu menampung 8. 000 jemaah.
6 tower (minaret) berupa segi 6 ataupun heksagonal, yang melambangkan rukun iman, menjulang setinggi 40 m.
keenam tower itu dibalut kerikil granit debu – debu yang diimpor dari italia dengan ornamen melingkar. pada puncaknya ada kubah berlapis mozaik emas 24 karat.
sebaliknya kubahnya mengacu pada wujud kubah yang banyak digunakan masjid – masjid di persia dan juga india.
5 kubah melambangkan rukun islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat yang materialnya diimpor dari italia.
pada kepingan bidang dalamnya, masjid ini memperkenalkan pilar – pilar berpengaruh yang menjulang besar guna menghasilkan skala ruang yang agung.
ruang masjid didominasi corak monokrom dengan faktor utama corak krem, buat berikan kepribadian ruang yang hening dan juga hangat.
materialnya dibuat dari olahan marmer yang diimpor dari turki dan juga italia.
di tengah ruang, bergantung lampu yang dibuat dari kuningan berlapis emas seberat 2, 7 ton, yang pengerjaannya digarap pakar dari italia.
umrahkan ribuan jemaah
tidak cuma membangun masjid yang kluar biasa megah, kebaikan dian Al mahri pantas membikin kita takjub dan juga “cemburu”.
gimana tidak, ribuan jamaahnya sudah diberangkatkan oleh mendiang dian Al mahri ke mekkah, paling utama sekali ibadah umrah dan juga sebaguan haji.
“beliau sudah memberangkatkan jamaah ke tanah suci, banyak sekali jamaah yang diberangkatkan, ” kata saudara yang tidak ingin diucap namanya itu.
“jamaahnya terdapat yang dari petukangan, kubah emas, tangerang, bogor, dari mana – mana dia mempunyai jamaah. dia pula orangnya sosial sekali, ” sambungnya.
bukan cuma itu, dia pula berkata banyak mengasuh anak yatim dari banyak tempat di indonesia.
di keluarga juga mendiang diketahui bagaikan wujud yang penyayang.
“beliau mencermati segala keluarga besarnya. dia power no satu, keluarga besar kita. dia orang yang baik sekali, ” kenang kerabatnya.
undangan terakhir
anak kedelapan dian Al mahri, ratu ayu novianti, berkata si ibunda pernah mengantarkan undangan terakhir ketika sebelum wafat dunia.
ratu ayu novianti
kepada grid. id usai pemakaman, ratu ayu novianti berkata keluarga sudah nrimo dengan kepergian si ibunda.
“kami wajib nrimo karna seluruh punyanya allah, kami wajib nrimo dan juga berguru tabah insyaallah itu karna senantiasa pula dianjurkan pada kami oleh bunda, ” kata ratu ayu.
ketika sebelum wafat dunia, dian Al mahri juga pernah mengantarkan undangan terakhir di sela – sela percakapan santai berbarengan anak – anaknya.
“beliau mau dibangunkan majelis taklim yang berposisi di tanah wakaf dia yang lebih bagus. di wilayah tangerang, insya allah, ” tutur ratu ayu.
tidak cuma mau berulang membangun masjid, dian Al mahri juga berharap segala anggota keluarganya bisa menunaikan ibadah haji.
“ingin seluruh anak cucu, mantunya seluruhnya berangkat ke tanah suci buat melaksanakan ibadah haji, ” lanjutya.


karenanya, pihak keluarga juga hendak bersama – sama buat mewujudkan undangan dian Al mahri.
“insya allah, dia senantiasa mengarahkan kami wacana kebaikan, jadi insya allah kami seluruh hendak bersama – sama menjajaki apa yang dia yang mau, ” katanya.
( sumber: tribunnews. com )
Advertisement