-->

Leeds United Biarkan Aston Villa Cetak Gol, Marcelo Bielsa Tuai Pujian

Leeds United Biarkan Aston Villa Cetak Gol, Marcelo Bielsa Tuai Pujian
Leeds United Biarkan Aston Villa Cetak Gol, Marcelo Bielsa Tuai Pujian

Aksi sportif manajer Leeds United, Marcelo Bielsa ketika menginstruksikan timnya untuk membiarkan Aston Villa mencetak gol mendapat banyak pujian.

Pemandangan unik itu terjadi di Elland Road, Minggu (28/4) kemarin, dengan Leeds pada jadinya harus rela membuatkan skor 1-1 dengan Villa dalam lanjutan fase final Divisi Championship atau kasta kedua Inggris.

Leeds bantu-membantu unggul terlebih dahulu pada menit ke-72 melalui Mateuzs Klich. Namun proses gol itu memancing reaksi dari kubu Villa sebab merasa para penggawa Leeds tidak sportif ketika salah satu pemain Villa, Jonathan Kodjia tergeletak di lapangan sebab cedera.

Kejadian tersebut semakin menciptakan Villa meradang sebab sebelumnya sempat membiarkan bola keluar dan mengabaikan kans mereka menang ketika pemain Leeds, Adam Forshaw juga mengalami cedera ringan. Pertandingan sempat terhenti sekitar lima menit akhir keributan yang menciptakan winger Villa, Anwar El Ghazi mendapatkan kartu merah.

Di tengah insiden, Bielsa muncul sebagai peredam emosi. Sang manajer Leeds meminta biar anak asuhnya menyerah dan membiarkan lawan mencetak gol. Setelah memulai sabung kembali, Albert Adomah berlari dari tengah dan mencetak gol jawaban pada menit ke-77, meski sempat coba diganggu oleh bek Leeds, Pontus Jansson yang tak setuju dengan arahan Bielsa.

Sportivitas yang ditunjukkan Bielsa mendapat apresiasi dari banyak kalangan termasuk eks manajer Arsenal, Arsene Wenger. Bagaimana tidak, hasil imbang itu justru membantu Sheffield United meraih tiket promosi otomatis ke Liga Primer isu terkini depan, padahal bantu-membantu Leeds punya peluang mengejar sampai pekan terakhir.

"Mereka [Leeds] bermain untuk lolos ke Liga Primer dan ada sesuatu yang dipertaruhkan," ujar Wenger. "Aksi itu benar-benar luar biasa dan seluruh dunia harus menontonnya."

"Aturan menyampaikan para pemain tidak harus berhenti bila tidak ada cedera pada bab kepala yang dialami oleh seorang pemain. Hanya wasit yang mampu menghentikan pertandingan."

"Aston Villa seharusnya tidak menghentikan permainan. Leeds mengambil laba akan hal tersebut dan itulah mengapa mereka mirip merasa bersalah."

"Ini semacam perilaku sportif yang biasanya ada di lapangan sepakbola. Hanya wasit yang mampu menghentikan pertandingan, tapi memang ada perilaku yang luar biasa dari Marcelo Bielsa."

Leeds kini harus berjuang melalui jalur play-off untuk mampu promosi ke Liga Primer isu terkini depan, memperebutkan satu daerah sehabis dua tiket otomatis diraih Norwich City dan Sheffield United.
Advertisement